Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dalam pelajaran matematika mengenai Koefisien, Variabel, Konstanta dan Suku, Di kelas VII kalian telah mempelajari mengenai bentukbentuk aljabar. Coba kalian ingat kembali materi tersebut, agar kalian dapat memahami bab ini dengan baik. Selain itu, kalian juga harus menguasai materi tentang KPK dari dua bilangan atau lebih dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat. Perhatikan uraian berikut.

Bonar dan Cut Mimi membeli alat-alat tulis di koperasi sekolah. Mereka membeli 5 buku tulis, 2 pensil, dan 3 bolpoin. Jika buku tulis dinyatakan dengan x, pensil dengan y, dan bolpoin dengan z maka Bonar dan Cut Mimi membeli 5x + 2y + 3z. Selanjutnya, bentuk-bentuk 5x + 2y + 3z, 2x Penyelesaian: a. Misalkan bilangan tersebut x dan x + 2, berarti x + x + 2 = 20. b. Misalkan bilangan tersebut x, berarti 5x – 3 = 12. Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 2 , 4xy – 1, dan (x – 1) (x + 3) disebut bentuk-bentuk aljabar. Sebelum mempelajari faktorisasi suku aljabar, marilah kita ingat kembali istilah-istilah yang terdapat pada bentuk aljabar.

Untuk lebih lengkap dan Jelasnya anda bisa melihat daftar isi yang menjadi pokok bahasan kali ini yaitu :
  1. Pengertian Variabel
  2. Pengertian Koefisien
  3. Pengertian Konstanta
  4. Pengertian Suku
Ada 4 Bahsan dalam postingan kali ini, yuk langsung saja mari kita bahas satu persatu;Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya

Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya


1. Variabel

Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil a, b, c, ... z.

Contoh :
  • Tulislah setiap kalimat berikut dengan menggunakan variabel sebagai pengganti bilangan yang belum diketahui nilainya. a. Jumlah dua bilangan ganjil berurutan adalah 20. b. Suatu bilangan jika dikalikan 5 kemudian dikurangi 3, hasilnya adalah 12.
Penyelesaian:
  • Misalkan bilangan tersebut x dan x + 2, berarti x + x + 2 = 20.
  • Misalkan bilangan tersebut x, berarti 5x – 3 = 12.

2. Konstanta

Suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel disebut konstanta.

Contoh :

Tentukan konstanta pada bentuk aljabar berikut.
  • 2x2( kuadrat) + 3xy + 7x - y - 8
  • 3 - 4x2 ( kuadrat) - x
Penyelesaian :
  • konstanta adalah suku yang tidak memuat variabel, sehingga konstanta dari 2x2( kuadrat) + 3xy + 7x - y - 8 adalah -8
  • Kontanta dari 3 - 4x2 ( kuadrat) - x adalah 3

3. Koefisien

Koefisien pada bentuk aljabar adalah faktor konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar.

Contoh Koefisien:

Tentukan koefisien x pada bentuk aljabar berikut.
  • 5x2y( 5x kuadrat y ) + 3x
  • 2x2( Dua x Kuadrat )  + 6x – 3
penyelesaian :
  • Koefisien x dari 5x2y( 5x kuadrat y ) + 3x adalah 3
  • Koefisien x dari 2x2( Dua x Kuadrat )  + 6x – 3 adalah 6

4. Suku

Suku adalah variabel beserta koefisiennya atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.
  1. Suku satu adalah bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih. Contoh: 3x, 4a , –2ab, ... 
  2. Suku dua adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu 2 operasi jumlah atau selisih. Contoh: a 2 + 2, x + 2y, 3x – 5x, ... 
  3. Suku tiga adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih. Contoh:  3x22 + 4x – 5, 2x + 2y – xy, ... 
 Bentuk aljabar yang mempunyai lebih dari dua suku disebut suku banyak atau polinom. Nanti, di tingkat yang lebih lanjut kalian akan mempelajari mengenai suku banyak atau polinom.

Nah saya rasa kalian sudah jelas bukan, untuk materi selanjutnya akan saya bahas di kesempatan mendatang, ok cukup sekian dulu ulasan dari materi sekolah mengenai Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semuanya, terimakasih

0 Response to "Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel