Rangkuman Materi Senam Ketangkasan

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran penjaskes yaitu tentang senam ketangkasan, adapun kita akan merangkum/meringkas materi pengertian senam ketangkasan, manfaat senam ketangkasan, jenis jenis / macam macam senam ketangkasan dan cara melakukan senam ketangkasan dengan alat dan tanpa alat dan gambarnya. semoga dapat membantu

Senam Ketangkasan

Pengertian Senam Ketangkasan

Pengertian senam adalah bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan tujuan untuk mencapai daya tahan, kekuatan, kelentukan, koordinasi, membentuk prestasi, membentuk tubuh ideal, dan memelihara kesehatan.
Senam ketangkasan / senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan di atas lantai dengan beralaskan matras.

Manfaat Senam Lantai

Pada dasarnya semua jenis olahraga baik senam, senam lantai ataupun olahraga lainnya sangat bermanfaat, berikut ini adalah manfaat manfaat yang didapat dalam melakukan senam lantai :

1. Otot tubuh menjadi kencang,
Salah satu manfaat senam ketangkasan adalah untuk mengencangkan otot tubuh anda. Dengan melakukan senam ketangkasan secara rutin manfaatnya bagi otot dapat mengencangkan otot tubuh dan membentuk otot tubuh.

2. Kebugaran Tubuh.
Senam ketangkasan membuat tubuh bugar karena manfaatnya bagi tubuh. Tubuh yang bugar memungkinkan anda untuk tampil lebih cerah dan murah senyum saat berpapasan dengan rekan kerja di suatu tempat.

3. Mendapatkan Keindahan Tubuh.
Senam ketangkasan memperindah tubuh dengan gerakan – gerakan yang dilakukan pada senam ketangkasan. Senam ketangkasan memiliki banyak gerakan dan nanti akan dijelaskan. Anda dapat memilih senam ketangkasan dengan menggunakan bantuan alat atau senam ketangkasan tanpa bantuan alat.

4. Menyehatkan Fisik
Olahraga dengan senam ketangkasan salah satu manfaat membuat banyak orang beralih ke senam ketangkasan setelah tahu manfaatnya. Kesehatan fisik merupakan kesehatan yang harus di jaga dengan baik.  Senam ketangkasan ini pada awalnya  anda akan di dampingi oleh pelatih berpengalaman untuk menunjukkan posisi senam dengan benar sampai anda bisa melakukannya seorang diri.

5. Menghilangkan lemak dalam tubuh

Macam Macam Senam Ketangkasan

Jenis jenis atau macam macam senam ketangkasan secara umum terbagi menjadi dua yaitu senam ketangkasan menggunakan alat dan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat :

Senam Ketangkasan Menggunakan Alat

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan senam ketangkasan menggunakan alat. Alat yang digunakan, yaitu kuda-kuda lompat sebagai tumpuan. Adapun gerakan senam ketangkasan dengan alat ini adalah lompat kangkang dan lompat jongkok.

1. Lompat Kangkang / Kaki Terbuka
Lompat kangkang dilakukan dengan melayang di atas matras dan kedua kaki dibuka. Latihan lompatan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Melakukan pemanasan dengan lari beberap langkah ditempat.
  2. Larilah dengan awalan beberapa langkah.
  3. Kedua tangan bertumpu pada kuda-kuda.
  4. Pada saat melayang, pandangan tetap ke depan dan kaki dibuka dengan posisi tungkai berada di sisi kanan dan kiri atas kuda-kuda.
  5. Kedua kaki bersiap melakukan pendaratan dengan ujung kaki mengeper dan lengan direntangkan ke atas.
2. Lompat Jongkok
Cara melakukan lompat jongkok dengan tumpuan pada ujung kuda-kuda lompat yaitu sebagai berikut:
  1. Lari dengan cepat dan badan sedikit membungkuk ke depan.
  2. Tolakkan kedua kaki pada papan tolak dengan lengan diayunkan ke atas.
  3. Saat badan melayang ke atas depan, kedua lengan lurus dan pandangan fokus pada ujung kuda-kuda lompat.
  4. Tolakkan tangan sekuatnya saat tangan menyentuh bagian ujung kuda-kuda. Posisi badan membentuk sudut 30° dengan punggung kuda-kuda lompat.
  5. Saat mendarat, ujung kaki mengeper dan lengan direntangkan ke atas.

Senam Ketangkasan Tanpa Menggunakan Alat

Selain dapat menggunakan alat, senam lantai juga dapat dilakukan tanpa menggunakan alat. Adapun gerakan senam tanpa menggunakan alat, di antaranya guling lenting dan lompat harimau atau Tiger sprong
berikut cara melakukan senam ketangkasan tanpa menggunakan ala:

1. Guling Lenting
Guling lenting adalah suatu gerak senam lantai dengan melentingkan badan ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Gerakan ini dapat diawali dengan gerak guling depan atau gerak mengayun guling belakang sebelumnya. Gerak guling lenting dilakukan dengan cara berikut:
  1. Berdirilah dengan posisi tegak lurus kemudian letakkan satu kaki di depan boleh kaki kirin ataupun kaki kanan.
  2. Posisi kedua tangan diangkat keatas.
  3. jadikan tangan sebagai tumpuan untuk melakukan guling lenting ke arah depan.
  4. Selam guling kaki dalam posisi lurus dan rapat, siku di bengkokkan dan telapak tangan berada di samping telinga anda.
  5. Pendaratan dengan kaki rapat
2. Lompat Harimau / Tiger Sprong
Lompat harimau adalah gerakan yang menyerupai gerak guling depan, tetapi gerakannya dilakukan dengan awalan sebuah loncatan jauh ke depan. Cara melakukan lompat harimau sebagai berikut:
Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran penjaskes yaitu tentang senam ketangkasan, adapun kita akan merangkum/meringkas materi pengertian senam ketangkasan, manfaat senam ketangkasan, jenis jenis / macam macam senam ketangkasan dan cara melakukan senam ketangkasan dengan alat dan tanpa alat.

  1. Kedua kaki di dorong ke arah depan  dan badan terdorong kedepan.
  2. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokkan dan mendarat dengan posisi kepala menunduk dan punggung memudahkan untuk melakukan gulingan ke depan.
  3. Posisi tangan sesudah melakukan guling berada lurus di depan dan pandangan mata ke depan serta fokus.
3. Gerakan Sikap Kayang

0 Response to "Rangkuman Materi Senam Ketangkasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel