Saturday, May 19, 2018

Contoh Teks Eksposisi Sederhana Singkat

Teks Eksposisi tentang lingkungan, pendidikan, berita, kesehatan, ekonomi dan poitik Beserta Strukturnya Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang contoh teks eksposisi singkat sederhana tentang lingkungan alam, pendidikan, berita, kesehatan, ekonomi dan politik beserta strukturmya. semoga dapat membantu

Contoh Teks Eksposisi

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang contoh teks eksposisi singkat sederhana tentang lingkungan alam, pendidikan, berita, kesehatan, ekonomi dan politik beserta strukturmya.

Berikut dibawah ini adalah kumpulan contoh contoh teks eksposisi bahasa indonesia tentang lingkungan alam, pendidikan, berita, kesehatan, ekonomi dan politik beserta strukturnya.

Contoh 1

Contoh teks eksposisi pendek tentang lingkungan alam yang berjudul "pentingnya menjaga lingkungan hidup"

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada disekitar makhluk hidup yang membentuk kesatuan ruang yang di dalamnya terdapat benda-benda, daya, keadaan, makhluk hidup, dan lainnya. Dalam cakupan ruang yang disebut lingkungan hidup tersebut, manusia dengan makhluk lainnya saling memiliki hubungan timbal balik yang berpengaruh pada kelangsungan hidup dan kesejahteraan makhluk hidup lain.

Begitu pentingnya lingkungan hidup bagi manusia dan makhluk hidup lain di dalamnya nampaknya tak cukup untuk menjadi alasan kuat guna membuat lingkungan menjadi lebih terjaga kelestariannya. Problematika mengenai masalah kerusakan lingkungan hidup, kini telah menjadi masalah global di tengah-tengah kehidupan kita. Tantu kita memahami bahwa kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab dari makhluk yang berada di dalamnya tak terkecuali manusia. Dengan demikian manusialah yang memiliki andil dan tanggung jawab besar terhadap pelestarian lingkungan.

Tanggung jawab terhadap lingkungan hidup yang dibebankan kepada manusia nampaknya tidak berbanding lurus dengan apa yang telah dilakukan sejauh ini. Banyak kerusakan alam juga yang disebabkan oleh manusia diantaranya adalah penebangan liar, perburuan liar, pembakaran hutan, dan lain sebagainya. Hal tersebut mengakibatkan rusaknya lingkungan alami hutan, rusaknya ekosistem, berkurangnya fungsi hutan sebagai paru-paru dunia, timbulnya tanah longsor, dan lain sebagainya. Aktivitas penebangan pohon dan pembangunan gedung di kota-kota juga turut menyumbang dampak negatif terhadap rusaknya lingkungan. Dampak yang ditimbulkannya adalah berkurangnya luas tanah untuk resapan air sehingga dapat berpotensi menimbulkan bencana banjir.

Sebagai satu-satunya makhluk yang berada pada cakupan lingkungan hidup yang memiliki akal dan pikiran, tentu menjadi kewajiban manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ia tinggali. Beberapa upaya yang dapat dilakukan diantaranya ialah dengan ikut serta dalam segala aktivitas pembenahan lingkungan yang rusak, aktif mengampanyekan pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan, serta menyosialisasikan dampak kerusakan lingkungan bagi makhluk hidup di dalamnya. Sementara langkah nyata yang dapat dilakukan misalnya dengan tidak membuang sampah semabarang, mengurangi aktivitas penggunaan bahan bakar fosil yang berpotensi menimbulkan pemanasan global, menanam pohon sebagai investasi kehidupan di masa mendatang, dan lain sebagainya. Apapun yang dapat dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan hidup kini menjadi agenda penting yang harus dilakukan demi hidup dan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Contoh 2

contoh ke 2 yaitu contoh teks eksposisi pendek singkat tentang pendidikan beserta strukturnya

Tesis
Pendidikan merupakan senjata ampuh untuk mengubah dunia. Karena pendidikan merupakan sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.

Argumentasi
Di Indonesia tingkat pendidikan tergolong lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit demi membangun gedung sekolah dan memberikan sekolah gratis.

Sekarang tinggal peserta didik yang harus mempunyai keinginan belajar dan berprestasi. Sehingga semangat akan terbentuk dan mereka harus memberikan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara karena pendidikan yang semakin mudah diberikan oleh pemerintah.

Penegasan Ulang
Ketika fasilitas dan peran aktif peserta didik sudah bersatu maka kemungkinan besar derajat Indonesia akan lebih diakui oleh dunia.

Tidak menutup kemungkinan juga akan banyak investor asing yang datang sehingga bisa meningkatkan perekonomian dalam negeri.

Guru yang berkualitas dan mempunyai kompetensi juga akan sangat membantu meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia.

Contoh 3

Contoh ke3 adalah contoh teks eksposisi tentang berita terkini mengenai bencana alam "jakarta tergolong wilayah rawan banjir"

Puncak musim hujan baru akan terjadi di bulan Februari 2016. Namun saat ini beberapa wilayah di Jakarta mulai tergenang banjir saat hujan deras melanda. Warga harus bersiap menghadapi kemungkinan genangan dan banjir yang akan terjadi. Hal tersebut harus diwaspadai oleh warga khususnya yang tinggal di bantaran sungai. Berdasarkan data dari Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, terdapat 134 LK / RW yang harus diwaspadai akan terjadi banjir. Seluruh wilayah tersebut tersebar di 34 Kelurahan di Jakarta. Paling banyak tersebar di Jakarta Timur dan Selatan, seperti Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Cawang, Kelurahan Pondok Labu, Kelurahan Srengseng Sawah, Kelurahan Rajawati dan Kelurahan Bukit Duri. Tercatat saat hujan deras pada Minggu 14 Februari 2016 wilayah ini terendam setinggi 10-50 cm.

Kondisi ini lalu direspon oleh jajaran Musyawarah Pimpinan Kota (Muspikot) Jakarta Timur. Apel siaga banjir Jakarta dilaksanakan di halaman parkir PGJ Jatinegara sebagai langkah antisipasi datangnya puncak musim hujan tahun ini. Muspikot juga engkerahkan sedikitnya 347 personel menghadapi banjir yang berasal dar jajaran Polrestro Jakarta Timur, Kodim 0505, Satpol PP Jakarta Timur dan BPDB DKI Jakarta hadir dalam acara apel tersebut. selain itu, sejumlah perlengkapan siaga banjir juga ditampilkan dalam apel siagar banjir ini. Diantaranya adalah 2 perahu karet. 2 kayak, 2 kano dan beberapa perahu rakitan yang terbuat dari jerigen dan peralatan pendukung lainnya.

Contoh 4

Contoh berikutnya yang ke 4 adalah contoh teks eksposisi singkat tentang analis kesehatan beserta struktur kebahasaannya

Tesis
Lidah buaya merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Tumbuhan yang berbentuk seperti lidah besar ini dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan rambut. Selain khasiat tersebut, lidah buaya ternyata juga mempunyai khasiat lain, yaitu sebagai penyembuh jerawat yang merdang di kulit.

Argumentasi
Menurut penelitian yang diambil dari berbagai sumber, lidah buaya mengandung hormon Gibberellin yang dapat membantu menyembuhkan jerawat yang meradang di kulit. Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalam hormon tersebutlah yang menyebabkan lidah buaya mempunyai khasiat tersebut. Selain itu, hormon Gibberellin juga mampu menumbuhkan sel kulit baru pada bekas jerawat, sehingga mengurangi bertumbuhnya jerawat yang baru.

Penegasan Ulang
Dengan demikian, lidah buaya mempunyai manfaat selain untuk kesehatan rambut, yaitu sebagai penyembuh jerawat yang meradang di kulit dan pembentuk sel-sel kulit yang baru. Hal itu disebabkan karena adanya hormon Gibberellin yang terkandung di dalam lidah buaya.

Contoh 5

Contoh ke5 yaitu teks eksposisi panjang tentang ekonomi dengan strukturnya

Tesis
Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

Argumentasi
Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”

“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

Penegasan Ulang
Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

Contoh 6

Contoh teks eksposisi terakhir adalah tentang politik "Jangan Pilih Anggota wakil rakyat pemalas"

Pemilu untuk memilih anggota dewan (legislatif) akan digelar pada 9 April 2014. Terkait dengan pemilu legislatif, seluruh elemen masyarakat diminta untuk berfikir bijak dan cerdas dalam memilih anggota dewan nanti. Masyarakat jangan lagi memilih anggota dewan pemalas yang maju kembali sebagai calon legislatif di Pemilu 2014. Hal ini penting sebagai hukuman buruknya kinerja anggota DPR periode 2009-2014.

Selasa pagi (18/2/2014) DPR RI menggelar Sidang Paripurna dengan agenda pengesahan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2014. Di antara 560 anggota dewan, tercatat hanya 278 anggota yang mengisi daftar hadir sampai Sidang Paripurna dibuka pada pukul 10.45 WIB. Sedangkan 282 anggota lainnya belum mengisi daftar hadir.

Tapi anehnya, meskipun anggota dewan yang hadir tidak kuorum, Sidang Paripurna tetap digelar. Padahal, batas kuorum kehadiran dalam Sidang Paripurna adalah setengah dari jumlah anggota ditambah satu orang atau 281.

Banyaknya kursi-kursi kosong dalam rapat paripurna DPR adalah pandangan yang lazim terjadi. Namun, rapat paripurna DPR kali ini bisa jadi yang terparah selama masa kerja DPR 2014-2019. Pasalnya, tingkat kehadiran anggota DPR merosot tajam, bahkan tak mampu mencukupi kuorum sebagai syarat dimulainya rapat.

Kurang disiplinnya anggota dewan dalam mengikuti rapat paripurna juga dikeluhkan oleh pimpinan DPR. Terlebih jelang Pemilu 2014, sebagian besar anggota dewan justru jarang hadir di DPR. Mereka lebih asyik di daerah pemilihannya masing-masing untuk mengamankan suaranya dalam pemilu 9 April nanti.

Segala cara sudah dilakukan pimpinan DPR untuk menertibkan anggota dewan yang tidak disiplin menjalankan tugasnya sebagai legislator. Salah satunya adalah dengan menggunakan finger print scanner. Namun ternyata, alat ini juga tidak efektif untuk mencegah kemalasan anggota dewan untuk menghadiri rapat paripurna.

Malasnya anggota dewan ikut rapat paripurna ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Hampir di setiap rapat atau acara yang menyangkut nasib rakyat tidak pernah 100 persen dihadiri anggota dewan. Dengan berbagai alasan para anggota dewan ini menghindar untuk ikut dalam berbagai rapat di DPR.
Makin malasnya anggota dewan mengikuti rapat-rapat di DPR bukan lagi sebagai penyakit laten lima tahunan menjelang Pemilu, tapi sudah menjadi kelakuan. Sudah berkali-kali dikritik, mereka malah makin rajin membolos. Anggota dewan yang sering membolos rapat-rapat komisi dan paripurna itu sudah tidak memiliki rasa tanggung jawab. Secara politik mereka juga tidak memiliki rasa malu.
Pemilu untuk memilih anggota dewan (legislatif) akan digelar pada 9 April 2014. Terkait dengan pemilu legislatif, seluruh elemen masyarakat diminta untuk berfikir bijak dan cerdas dalam memilih anggota dewan nanti. Masyarakat jangan lagi memilih anggota dewan pemalas yang maju kembali sebagai calon legislatif di Pemilu 2014. Hal ini penting sebagai hukuman buruknya kinerja anggota DPR periode 2009-2014.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon