Pengertian, Rumus, Jenis, dan Contoh Getaran

Definisi Getaran

Getaran adalah gerak bolak balik suatu benda secara teratur melalui titik kesetimbangan. Jadi simplenya jika suatu benda bergerak bolak balik secara teratur melalui titik kesetimbangan itu disebut getaran. Bagaimana kita bisa bersuara ? Itu karena pita suara kita bergetar.




Perhatikan Gambar di atas. Ketika bandul ditarik ke arah titik A kemudian dilepaskan, bandul akan bergerak bolak balik secara teratur melalui titik kesetimbangan. Gerakan bandul A-B-C-B-A merupakan satu getaran penuh. Dan A-B-C adalah setengah getaran penuh.

Bandul yang bergetar memiliki simpangan. Simpangan adalah jarak terdekat yang ditempuh benda bergetar dari titik kesetimbangan. Simpangan terjauh ketika bandul bergetar dinamakan dengan amplitudo. Amplitudo disimbolkan A dengan satuan meter. Sebuah bandul juga memiliki periode dan frekuensi. Apa itu periode dan frekuensi ? Ayo kita bahas satu persatu


1. Periode Getaran (T)

Periode adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran.Periode disimbolkan dengan t besar atau T. Periode memiliki satuan sekon. Periode jika dituliskan dalam bentuk persamaan seperti berikut :

T = t/n

Keterangan :

T = Periode

t  = Waktu

n = Banyaknya Getaran

2. Frekuensi (f)

Frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon. Frekuensi disimbolkan dengan huruf f. Frekuensi memiliki satuan hertz (Hz). Makna dari herzt adalah getaran setiap sekon. Frekuensi jika dituliskan dalam bentuk persamaan seperti berikut :

f = n/t atau T = 1/f

Keterangan :

T = Periode

f = Frekuensi

Jenis Getaran

Jenis getaran ada dua yaitu :

  1. Getaran bebas terjadi bila ada sistem mekanis dimulai dengan gaya awal, lalu dibiarkan bergetar secara bebas. Contoh getaran seperti ini adalah memukul garpu tala dan membiarkannya bergetar, atau bandul yang ditarik dari keadaan setimbang lalu dilepaskan.
  2. Getaran paksa terjadi bila gaya bolak-balik atau gerakan diterapkan pada sistem mekanis. Contohnya adalah getaran gedung pada saat gempa bumi.


Contoh Getaran


  1. getaran pada bandul jam
  2. getaran handphone
  3. getaran senar gitar
  4. getaran ujung penggaris
  5. memukul garpu tala dan membiarkannya bergetar
  6. bandul yang ditarik dari keadaan setimbang lalu dilepaskan.
  7. pita suara yang bergetar

0 Response to "Pengertian, Rumus, Jenis, dan Contoh Getaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel