5 Contoh Gelombang Mekanik



Kali ini kita akan membahas yang berhubungan tentang gelombang lagi. Cek :
1. Pengertian dan jenis-jenis gelombang
2. Pengertian Getaran, Jenis Getaran, dan Ciri Ciri Getaran

Sekarang kita akan membahas tentang contoh-contoh gelombang mekanik. Gelombang Mekanik adalah Gelombang yang rambatannya membutuhkan sebuah medium. Gelombang mekanik maupun elektromagnetik sangat berguna bagi kehidupan manusia. Jika tidak ada kedua gelombang tersebut mungkin tidak ada namanya radia dan televisi. Jadi  sekarang kita akan membahas apa saja contoh gelombang mekanik.

Image result for maenan kalenggelombang

  1. Gelombang air, 
  2. Gelombang bunyi, 
  3. Gelombang tali,
  4. Gelombang Tegangan, dan
  5. Gelombang pada slinki.

Gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, gelombang tegangan, dan gelombang pada slinki merupakan contoh'' gelombang mekanik. Gelombang-gelombang ini memerlukan medium untuk dapat merambatkan gelombang. Air, udara, tali, slinki adalah medium yang digunakan untuk merambatkan gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki. Gelombang-gelombang ini ditimbulkan oleh adanya getaran mekanik.

Oleh sebab itu, gelombang-gelombang tersebut dikelompokkan ke dalam gelombang mekanik. Umumnya, gelombang mekanik seperti contoh tersebut dapat diamati dengan mata telanjang. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian gelombang mekanik adalah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium.

0 Response to "5 Contoh Gelombang Mekanik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel