Posisi Baku Sudut


Sudut dikatakan berada pada posisi baku atau posisi standar (standard position) jika titik sudut terletak pada titik asal (origin) dan salah satu kaki sudut berhimpit dengan sumbu x positif.

Kaki sudut yang berhimpit dengan sumbu x positif disebut sisi awal atau initial side, sedangkan kaki sudut lainnya disebut sisi terminal atau terminal side.

Posisi Baku Sudut
Posisi Baku Sudut

Perhatikan gambar diatas. Dalam posisi baku, sisi awal selalu berada pada sumbu x positif, sedangkan sisi terminal dapat berada di kuadran manapun dan keduanya bertemu di titik asal, yaitu O.

Sisi terminal sudut θ dapat digunakan untuk mengidentifikasi di kuadran mana sudut θ berada. Jika sisi terminal sudut θ berada di kuadran I, maka θ adalah sudut kuadran I. Jika sisi terminal sudut θ berada di kuadran II, maka θ adalah sudut kuadran II dan begitu seterusnya untuk kuadran III dan IV.

Sisi terminal dapat kita pandang sebagai hasil rotasi sisi awal dengan pusat putaran O sejauh θ. Para matematikawan sepakat bahwa sudut bernilai positif jika arah putaran berlawanan arah jarum jam (counterclockwise) dan bernilai negatif jika arah putaran searah jarum jam (clockwise).

Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut. Gunakan slider untuk mengubah ukuran sudut secara manual dan gunakan tombol CCW atau CW untuk mengubah arah putaran.



Kesimpulan : Suatu sudut dikatakan berada pada posisi baku jika titik sudut berada pada titik asal (origin) dan salah satu kaki sudut atau sinar (ray) berada pada sumbu x positif. Sudut bernilai positif jika arah putaran berlawanan arah jarum jam dan bernilai negatif jika arah putaran  searah jarum jam.

0 Response to "Posisi Baku Sudut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel