Sunday, October 1, 2017

[Definisi dan Rumus] Belajar 16 Jenis Tenses Dalam Grammar Bahasa Inggris

Definisi Rumus 16 Jenis Tenses

Halo teman-teman! Setelah beberapa postingan, akhirnya kali ini kita akan membahas sesuatu yang penting dalam menguasai grammar. Apa itu? tentu saja Tenses!


jeng..jeng..jeng...

definisi tenses, pengertian tenses, bentuk tenses, jenis tenses, rumus tenses,


Tenses dalam bahasa Inggris merupakan pola kalimat dan menunjukan bagaimana sebuah kalimat disusun dalam bahasa Inggris.

Tenses dikelompokan kedalam 4 macam tenses (Present, Past, Future, dan Past Future). Dan setiap macam tenses punya 4 bentuk tenses.

Jadi, ada total 16 tenses yang harus teman-teman pelajari.

16 tenses?! Banyak banget!
Iya banyak, kalau langsung ngebut dipelajari semuanya sekaligus.

Makanya yuk pelajari satu demi satu Tenses nya!

Oh iya, teman-teman harus tahu bahwa halaman ini adalah halaman induk dari 16 halaman series tentang setiap tenses yang akan kita bahas. Untuk itu, silahkan teman-teman klik tiap tenses yang ingin diketahui secara mendalam ya!



Present Tense


1. Simple Present Tense

Simple Present Tense adalah tense yang secara luas digunakan unntuk menjelaskan sesuatu yang merupakan fakta atau kebiasaan, serta kondisi yang terjadi. Walaupun kondisi tersebut tidak harus terjadi saat ini juga.
Subjek + Verb atau To be (am,is,are) + Objek / Adverb

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Simple present tense.



2. Present Continuous Tense

Tense ini disebut juga sebagai Present Progressive Tense. Tense ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau pekerjaan yang saat ini sedang berlangsung. tenses ini dibentuk dengan bantuan to be (am, is, are) dan verb yang ditambah imbuhan -ing dibelakang nya.
Subjek + To Be (am, is, are) + Verb + Objek / Adverb

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Present Continuos Tense.



3. Present Perfect Tense

Tense ini digunakan untuk menyatakan kondisi atau perbuatan yang sudah dilakukan di masa lalu tapi masih ada hubungan nya dengan saat ini. Selain itu tenses ini juga digunakan untuk menyatakan sesuatu baru saja selesai dilakukan.

Tenses ini dibentuk dengan bantuan Have atau Has (tergantung Subjek) dan verb bentuk ke tiga (Verb 3).
Subjek + Have / Has + Verb 3

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Present Perfect Tense.



4. Present Perfect Continuous Tense

Tenses ini merupakan bentuk akhir dari present tense, dimana tense ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau perbuatan yang dimulai pada masa lalu dan sampai sekarang masih berlangsung.

Kata "just" biasanya ditambahkan pada penggunaan tenses ini. Karena tenses ini juga bisa digunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau perbuatan yang baru saja selesai di masa lalu. Misalnya, baru saja selesai 5 menit lalu atau sejam yang lalu.

Tense ini di bentuk dengan Have atau Has (tergantung subjek) ditambah kata "BEEN". Kemudian setelah itu ditambahkan Verb + ing.

Subjek + Have / Has + Been + Verb ing

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Present Perfect Continuous Tense.



Past Tenses

 

5. Simple Past Tense

Tense ini menyatakan bahwa sebuah kondisi atau pekerjaan dimulai pada masa lalu dan juga berakhir di masa lalu. Tense ini dibentuk dengan menggunakan verb 2 (kata kerja bentuk lampau) atau to be bentuk lampau (was, were). 

Subjek + verb 2 / to be (was, were)

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Simple Past Tense.




6. Past Continuous Tense

Seperti Continuous Tense lainnya, Tense ini juga biasanya disebut sebagai Past Progressive Tense. Pada Tense ini, suatu kondisi atau kegiatan di nyatakan telah, sedang, dan berakhir di masa lalu. Intinya, sebuah kondisi atau kegiatan dimulai, dijalankan, dan di selesaikan di masa lalu.

Tense ini dibentuk dengan cara yang sama dengan present continuous tense. Hanya saja to be yang digunakan bukan am, is, atau are; melainkan dengan to be bentuk lampau yaitu was dan were. Kemudian verb + ing ditambahkan setelah to be tersebut. 


Subjek + to be lampau (was, were) + Verb ing

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Past Continuous Tense.




7. Past Perfect Tense

Tense ini di gunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau kegiatan telah selesai dilakukan di masa lalu. Selain itu, tense ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu telah selesai dilakukan sebelum suatu hal terjadi.

Pola kalimat pada tense ini juga mirip dengan present continuous tense pada poin 3 di atas. Hanya saja yang membedakan adalah penggunaan had yang menggantikan penggunaan have atau has.


Subjek + Had + Verb 3

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Past Perfect Tense.



8. Past Perfect Continuous Tense

Tenses ini merupakan bentuk akhir dari past tense, dimana tense ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau perbuatan yang dimulai pada masa lalu, berkelanjutan, dan juga telah berakhir di masa lalu.

Tense ini di bentuk dengan Had yang ditambah dengan kata "Been". Kemudian setelah itu ditambahkan Verb + ing. Pola kalimat nya sama dengan poin 4 diatas. Yang membedakan hanya penggunaan had untuk menggantikan have atau has.
 

Subjek + Had + Been + Verb ing

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Past Perfect Continuous Tense.





Future Tenses

9. Simple Future Tense

Tense ini digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kondisi akan terjadi pada masa depan atau suatu pekerjaan akan di lakukan pada masa depan.

Pada Future Tense, modals (will / shall) digunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan dilakukan atau terjadi di masa depan. Setelah itu, verb bentuk pertama (verb 1) ditambahkan setelah modals tersebut.

Subjek + Will / Shall + Verb 1

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Past Perfect Continuous Tense.



10. Future Continuous Tense

Seperti Continuous Tense lainnya, Tense ini juga biasanya disebut sebagai Future Progressive Tense. Pada Tense ini, suatu kondisi atau kegiatan di nyatakan akan berlangsung di masa depan. Intinya, sebuah kondisi atau kegiatan akan dimulai dan terus berlangsung di masa depan.

Tense ini dibentuk dengan menggunakan modals will atau shall. Setelah itu kata "be" ditambahkan setelah modals tersebut. Kemudian verb + ing ditambahkan di belakng "be" tersebut.

Subjek + will / shall + be + Verb ing

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Future Continuous Tense.



11. Future Perfect Tense

Tense ini di gunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau kegiatan telah dimulai pada masa lalu dan akan segera selesai di masa depan.

Tense ini dibentuk dengan modals will atau shall ditambah kata "Have". Kemudian di ikuti dengan "Been" atau kata kerja bentuk ketiga (verb 3).


Subjek + Will / Shall + Have + Been / Verb 3

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Future Perfect Tense.



12. Future Perfect Continuous Tense

Tense ini merupakan bentuk akhir dari future tense dan di gunakan untuk menyatakan bahwa suatu kondisi atau kegiatan telah berlangsung selama beberapa waktu dan memiliki kemungkinan untuk terus berlangsung di masa depan.

Tense ini memiliki bentuk yang sama dengan point 4 dan 8 diatas. Hanya saja Subjek akan di ikuti oleh modals will atau shall. Selain itu penggunaan have, been, dan verb ing relatif sama dengan kedua point yang tadi disebutkan.

Subjek + Will / Shall + Have + Been + Verb Ing

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Future Perfect Continuous Tense.




Past Future Tenses

13. Past Future Tense

Tense ini merupakan kebalikan dari future tense, dimana suatu kondisi atau kegiatan dinyatakan untuk di lakukan di masa lalu. Karena merupakan kebalikan dari future tense, modals yang digunakan juga merupakan modals berbentuk lampau, yaitu would dan should.

Tense ini juga memiliki bentuk yang sama dengan future tense, dimana modals shall dan will diganti dengan should dan would. Setelah  itu verb 1 mengikuti modals tersebut.


Subjek + Would / Should + Verb 1

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Past Future Tense.




14. Past Future Continuous Tense

Seperti Continuous Tense lainnya, Tense ini juga biasanya disebut sebagai Past Future Progressive Tense. Pada Tense ini, suatu kondisi atau kegiatan seharusnya berlangsung di masa lalu. Intinya, sebuah kondisi atau kegiatan akan dimulai dan terus berlangsung di masa lalu.

Tense ini dibentuk dengan menggunakan modals would atau should. Setelah itu kata "be" ditambahkan setelah modals tersebut. Kemudian verb + ing ditambahkan di belakang "be" tersebut.

Subjek + would / should + be + Verb ing

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Past Future Continuous Tense.




15. Past Future Perfect Tense

Tense ini di gunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau kondisi tidak mungkin terjadi lagi karena sudah terlewat di masa lalu. Tense ini digunakan untuk menyatakan sebuah pengandaian.

Untuk pola kalimatnya mirip dengan future perfect tense, hanya saja modals yang digunakan diganti dengan shall atau would.

Subjek + Would / Should + Have + Been / Verb 3

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Past Future Perfect Tense.




16. Past Future Perfect Continuous Tense

Tense ini merupakan bentuk terakhir dari past future tense dan di gunakan untuk menyatakan bahwa suatu kondisi atau kegiatan telah berlangsung selama beberapa waktu dan memiliki telah berlangsung sampai suatu poin di masa lalu.

Tense ini memiliki bentuk yang sama dengan point 4, 8, dan 12 diatas. Hanya saja Subjek akan di ikuti oleh modals would atau should. Selain itu penggunaan have, been, dan verb ing sama persis dengan ketiga point yang tadi disebutkan.

Subjek + Would / Should + Have + Been + Verb Ing

Untuk materi lebih lengkap, silahkan teman-teman baca di halaman khusus tentang Past Future Perfect Continuous Tense.



Tips Menghafalkan 16 Jenis Tenses

Sebelum membaca tips dibawah, saya menyarankan teman-teman untuk mencatat tips berikut pada selembar kertas atau buku. Karena say amengerti, kadang kita merasa malas untuk membuka file hanya untuk membaca sesuatu. Akan lebih baik kalau tips berikut teman-teman catat karena akan lebih mudah dibaca dan di mengerti kapan pun teman-teman membutuhkannya.

Okeh, ayo kita mulai.

Dengan 4 Macam jenis tenses dan 16 bentuk tenses, jelas terasa sulit untuk menghafal pola-pola kalimat nya. Tapi bila teman-teman jeli dengan berbagai macam tenses tadi, seharusnya teman-teman tahu bahwa semua tenses tadi memiliki bentuk yang mirip satu dengan yang lainnya.

Pola kalimat dalam bahasa Inggris merupakan pola kalimat yang berorientasi dengan waktu. Artinya, waktu merupakan dasar dari penggunaan sebuah tenses.

Di dalam pola kalimat bahasa Inggris terdapat 4 perubahan waktu; Present (masa kini), Past (masa lalu), Future (masa depan), dan Past Future (masa lalu yang berkelanjutan).

Kemudian, pada setiap macam perubahan waktu tadi terdapat 4 perubahan tenses; simple, continuous, perfect, dan perfect continuous.

Sampai sini berhenti dulu! Sebaiknya teman-teman pahami dulu secara perlahan kalimat-kalimat diatas!

Sudah?

Ayo lanjut!

Di dalam bahasa Inggris, perubahan waktu yang paling sering digunakan adalah Present, Past, dan Future. Sedangkan Past Future jarang digunakan karena lebih banyak digunakan saat menyatakan sebuah pengandaian, sesuatu yang tidak mungkin di lakukan atau terjadi lagi. Jadi teman-teman untuk saat ini abaikan saja Past Future tersebut.

Pada Setiap Perubahan Tenses Yang Berubah Hanyalah Kata Setelah Subjek.

Coba teman-teman bandingkan ketiga macam simple tenses, baik simple present tense, simple past tense, dan simple future tense. Apa yang berbeda dari ketiga tenses tersebut?

Ya. Yang berbeda adalah kata yang mengikuti subjek.

Sedangkan kata yang lainnya sama saja dan tidak ada perubahannya.

Nah, kunci untuk mudah menghafal tenses tidak di tentukan dengan menghafal seluruh baris dari suatu tenses, melainkan dengan menghafal setiap perubahan kata yang mengikuti sebuah subjek.

Ini artinya, teman-teman hanya perlu menghafal satu macam perubahan waktu (misalnya; present tense) dan sisanya cukup ganti kata yang mengikuti subjek.

Contoh nya seperti ini:

Subjek + Verb 1 atau to be (am, is, are) + Objek

Bila teman-teman ingin mengganti simple present tense diatas menjadi simple past tense, cukup dengan mengganti kata yang mengikuti subjek dengan bentuk lampau menjadi seperti ini;

Subjek + Verb 2 atau to be (was, were) + Objek

Intinya adalah, kalau ingin menggunakan present tenses, gunakan verb 1 dan to be bentuk present (am, is, are).


Kemudian kalau ingin menggunakan past tenses, gunakan verb 2 dan to be bentuk lampau (was, were).

Mudah kan?

Nah, akan tetapi untuk future dan past future agak sedikit berbeda. Pada kedua macam perubahan waktu tersebut, kata yang mengikuti subjek bukan lah verb atau to be, melainkan modals.

Baca tentang modals di sini.

Nah kalau sudah baca artikel tentang modals tadi, pasti teman-teman jadi tahu bahwa modals itu selalu di ikuti oleh verb dengan bentuk awal nya (Verb 1).


Verb selalu mengikuti modals, baik modals yang berbentuk present (will, shall) atau modals yang berbentuk past (should, would).


Intinya setiap perubahan waktu tergantung pada kata yang mengikuti sebuah subjek. Sebuah tenses dikatakan sebagai present, past, atau future berdasarkan kata apa yang mengikuti sebuah subjek.




Daftar Pembahasan Mendalam Setiap Tenses

Pembahasan mendalam tentang setiap tenses, bisa teman-teman lihat pada daftar berikut:

Present Tense
1. Simple Present Tense
2. Present Continuous Tense
3. Present Perfect Tense
4. Present Perfect Continuous Tense

Past Tense
5. Simple Past Tense
6. Past Continuous Tense
7. Past Perfect Tense
8. Past Perfect Continuous Tense

Future Tense
9. Simple Future Tense
10. Future Continuous Tense
11. Future Perfect Tense
12. Future Perfect Continuous Tense

Past Future Tense
13. Past Future Tense
14. Past Future Continuous Tense
15. Past Future Perfect Tense
16. Past Future Perfect Continuous Tense



Penutup Pembahasan Belajar 16 Jenis Tense

Nah, semoga pembahasan mengenai 16 tenses tadi jadi membuat teman-teman lebih paham setiap tenses (pola kalimat) ya. Perubahan waktu memang kadang membingungkan. 

Tapi saran saya sih mending pahami dengan benar dulu salah satu bentuk perubahan waktu; bisa present, past, future, atau past future. Supaya enak buat ngembangin pemahaman untuk bentuk perubahan waktu lainnya.

Demikian postingan kali ini. Mohon maaf bila ada yang kurang ya teman-teman.

Ingat, belajar bahasa Inggris lebih baik one thing at the time dan countinuously; berkesinambungan.



Refrensi

16 Bentuk Waktu. Karangan Sam.S.Warib. Terbitan Apollo Surabaya.

http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/index.htm

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon