Soal dan jawaban Bilogi SMA Kelas XII

Rangkuman materi pelajaran Biologi kelas 12 SMA yang ditulis pada halaman ini berdasarkan materi pada buku paket pelajaran Biologi untuk kelas 12 SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. berikut rangkuman materi pelajaran Biologi kelas 12 SMA secara lengkap.

 

Rangkuman Materi Pelajaran Biologi Kelas 12 SMA

Bab 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan

  1. Pertumbuhan adalah suatu proses pertumbuhan ukuran dan volume serta jumlah secara irreversibel, yaitu tidak dapat kembali ke bentuk semula. Adapun perkembangan merupakan suatu proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif.
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan adalah sebagai berikut.
    1. Faktor eksternal atau lingkungan yang berpengaruh adalah faktor iklim, tanah dan biologis.
    2. Faktor internal (dalam) terdiri atas faktor intrasel yaitu sifat dari induknya, dan faktor intersel yaitu macam-macam hormon antara lain auksin, giberelin, sitokinin, asam absisat, etilen, asam traumalin, dan kalin.
  3. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, tumbuhan akan mengalami beberapa periode yaitu periode lamban, periode eksponen, dan periode perlambatan.
  4. Pertumbuhan pada tumbuhan ada dua macam, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.
  5. Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi pada jaringan meristematik dari hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Pertumbuhan primer terjadi pada embrio, ujung akar, dan ujung batang.
  6. Proses pertumbuhan dan perkembangan embrio disebut sebagai perkecambahan. Ada dua macam perkecambahan yaitu perkecambahan hipogeal dan epigeal.
  7. Ada tiga macam bagian penyusun embrio pada proses perkecambahan yaitu tunas embrionik dan kotiledon.
  8. Pada ujung akar terdapat tiga macam daerah titik tumbuh yaitu darah pembelahan, daerah pemanjangan, dan daerah diferensiasi.
  9. Pada ujung batang, titik tumbuhnya dilindungi oleh balutan bakal daunnya.
  10. Teori titik tumbuh ada dua, yaitu  teori Histogen dari Hanstein, serta teori Tunika dan Korpus dari Schmith.
  11. Pertumbuhan sekunder merupakan kelanjutan dari pertumbuhan primer sebagai aktivitas jaringan meristem sekunder yaitu bertambah besarnya organ tubuh tumbuhan.

Bab 2 Metabolisme

  1. Metabolisme merupakan reaksi biokimia yang terjadi dalam sel hidup, meliputi katabolisme (reaksi penyusunan energi) dan anabolisme (reaksi pelepasan energi).
  2. Pada reaksi metabolisme, terdapat komponen-komponen yang berperan penting sebagai penunjang terjadinya proses metabolisme, meliputi enzim, ATP, dan reaksi oksidasi  atau reaksi redoks.
  3. Katabolisme merupakan reaksi pemecahan atau penguraian senyawa ikatan kimia kompleks menjadi senyawa lebih sederhana yang secara umum dikenal dengan respirasi.
  4. Respirasi merupakan proses pembebasan energi kimia melalui reaksi oksidasi pada molekul organik.
  5. Jika respirasi terjadi dalam sel, maka ada tiga tahap yang harus dilalui, yaitu glikolisis, siklus Krebs, dan transpor elektron.
  6. Apabila proses respirasi terjadi dalam lingkungan yang cukup oksigen disebut respirasi aerob, tetapi apabila respirasi terjadi tanpa oksigen disebut respirasi anaerob.
  7. Anabolisme merupakan reaksi penyusunan senyawa kompleks dari senyawa sederhana yang berlangsung dalam sel. Energi yang digunakan dalam proses penyusunan itu berasal dari matahari, sering kita kenal dengan fotosintesis, sedangkan yang berasal dari energi kimia disebut kemosintesis.
  8. Metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak saling berkaitan satu sama lain. Metabolisme lemak menghasilkan energi yang lebih besar dibandingkan karbohidrat dan protein.
  9. Teknologi yang berkaitan dengan metabolisme makanan yaitu pola makanan yang berkadar gula rendah, teknologi pengawetan makanan dapat dilakukan secara fisika, kimia, biologi, pengalengan dan secara radiasi.

Bab 3 Materi Genetika

  1. Susunan DNA sangat kompleks dengan rantai nukleotida yang panjang.
  2. Setiap nukleotida tersusun dari senyawa fosfat, gula pentosa, dan basa nitrogen.
  3. Basa nitrogen terdiri atas purin yang tersusun dari Adenin, Guanin dan Pirimidin yang tersusun dari Timin dan Sitosin.
  4. Struktur DNA berupa double helix atau pita spiral ganda, sedangkan RNA berupa pita tunggal.
  5. Macam-macam RNA antara lain RNA duta (mRNA), RNA ribosom (rRNA), dan RNA transfer (tRNA).
  6. Gen merupakan subtansi hereditas yang berfungsi untuk mewariskan sifat kepada keturunannya.
  7. Kromosom terdiri atas sentromer, yaitu bagian kepala yang merupakan pusat kromosom dan bagian lengan yang mengandung kromosom dan gen.
  8. Sintesis protein dilakukan oleh DNA dan RNA melalui tahapan transkripsi dan translasi.

Bab 4 Pembelahan Sel

  1. Pembelahan sel pada organisme eukariotik meliputi pembagian inti sel (kariokinesis) dan pembagian sitoplasma sel (sitokinesis).
  2. Tahap-tahap pembelahan sel meliputi tahap mitosis dan meiosis.
  3. Pembelahan mitosis meliputi tahap-tahap, antara lain interfase, profase, metafase, anafase, dan telofase.
  4. Pembelahan meiosis I meliputi tahap-tahap, antara lain profase I, metafase I, anafase I, dan telofase I. Sedangkan pembelahan meiosis II meliputi tahap-tahap, antara lain profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II.
  5. Spermatogenesis adalah proses pembentukan sel spermatozoa yang terjadi di dalam testis.
  6. Oogenesis adalah proses pembentukan ovum yang terjadi di  dalam ovarium.
  7. Pembelahan meiosis bertujuan untuk mempertahankan agar sifat kromosom keturunan sama dengan induknya.
  8. Pembelahan mitosis bertujuan untuk memperbanyak sel, regenerasi, dan pertumbuhan.

Bab 5 Pewarisan Sifat

  1. Gregor Johann Mendel disebut sebagai Bapak Genetika karena dialah orang yang pertama kali meneliti pewarisan sifat melalui penyilangan.
  2. Genotipe adalah sifat yang ditentukan oleh gen, sebagai faktor bakat/pembawaan. Genotipe bersifat menurun dan diwariskan kepada keturunannya.
  3. Gen merupakan sepenggal DNA yang berguna untuk mengendalikan sintesa protein. Apabila gen berubah, maka sifat makhluk hidup juga berubah.
  4. Fenotipe merupakan sifat yang tampak dari luar sebagai akibat interaksi antara faktor genotipe dengan lingkungannya.
  5. Hukum I Mendel dikenal sebagai Hukum Segregasi yaitu perkawinan organisme dengan hanya memperhatikan satu sifat beda yang akan menghasilkan perbandingan 3 : 1.
  6. Hukum II Mendel atau Hukum Pengelompokan Gen Secara Bebas merupakan persilangan dihibrid yaitu perkawinan individu dengan memperhatikan dua sifat beda akan menghasilkan perbandingan 9 : 3 : 3 : 1.
  7. Backcross dan testcross digunakan untuk mengetahui genotipe induknya.
  8. Penyimpangan semu hukum Mendel merupakan penyilangan dihibrid yang hasil perbandingannya tidak sesuai dengan Hukum Mendel misalnya peristiwa epistasis-hipostasis, kriptomeri, polimeri, pindah silang, tautan, gagal berpisah, dan pautan seks.
  9. Hemofili, buta warna, dan albino, merupakan penyakit yang diturunkan dan tidak dapat disembuhkan.
  10. Gen letal merupakan gen yang dapat menyebabkan kematian.
  11. Golongan darah manusia berdasarkan ada tidaknya antigen antibodi dibedakan menjadi ABO, MN, dan Rhesus.
  12. Ilmu genetika dapat dimanfaatkan di bidang pertanian, peternakan, dan kesehatan.

Bab 6 Mutasi

  1. Peristiwa mutasi adalah terjadinya perubahan materi genetik yang akan diwariskan kepada keturunannya.
  2. Individu yang mengalami mutasi disebut mutan, sedangkan faktorfaktor yang menyebabkan terjadinya mutasi disebut mutagen.
  3. Peristiwa mutasi dapat terjadi pada tingkat gen dan kromosom.
  4. Mutasi gen dapat terjadi karena pergantian pasangan basa nitrogen dan penyisipan basa nitrogen.
  5. Peristiwa pergantian basa nitrogen antara lain tranversi dan transisi, sedangkan penyisipan basa nitrogen terlihat pada peristiwa insersi dan delesi.
  6. Mutasi kromosom dapat terjadi karena perubahan jumlah kromosom yang meliputi euploidi dan aneuploidi, dapat disebabkan pula karena perubahan struktur kromosom yang meliputi inversi, translokasi, duplikasi, delesi, isokromosom, dan katenasi.
  7. Berdasarkan sel yang mengalaminya, mutasi dapat dibedakan menjadi mutasi somatik dan germinal.
  8. Mutasi berdasarkan kejadiannya meliputi mutasi alam dan buatan.
  9. Mutagen biologi meliputi bakteri dan virus.
  10. Mutagen kimia antara lain kolkisin, antibiotik, alkohol, asam nitrit, aminopurin, dan alkilase.
  11. Mutagen fisika meliputi radiasi peng-ion dan radiasi bukan pengion.

Bab 7 Evolusi

  1. Teori evolusi menjelaskan perkembangan makhluk hidup secara bertahap dalam jangka waktu lama.
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya evolusi adalah mutasi, seleksi alam, perkawinan tak acak, aliran gen, dan genetik drift.
  3. Evolusi berdasarkan arahnya dibedakan menjadi evolusi progresif dan evolusi regresif. Evolusi progresif terjadi apabila individu dapat bertahan hidup, sedangkan evolusi regresif terjadi apabila individu mengalami kepunahan.
  4. Evolusi berdasarkan skala perubahan evolusi dapat dibedakan menjadi makroevolusi dan mikroevolusi.
  5. Makroevolusi terjadi bila perubahannya besar, sedangkan mikroevolusi terjadi bila perubahannya kecil.
  6. Evolusi berdasarkan hasil akhir dibedakan menjadi evolusi divergen dan konvergen. Evolusi divergen adalah apabila perubahannya berasal dari satu spesies menjadi banyak spesies baru, sedangkan evolusi konvergen apabila perubahannya didasarkan pada adanya kesamaan struktur antara dua organ pada garis sama dari nenek moyang yang sama.
  7. Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu, berupa tulang, cangkang, gigi, maupun jejak kaki yang dapat digunakan sebagai bukti terjadinya proses evolusi.
  8. Palaentologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fosil.
  9. Teori asal-usul makhluk hidup terdiri atas teori Abiogenesis dan teori Biogenesis.
  10. Teori abiogenesis menyebutkan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati, sedangkan teori biogenesis menyebutkan makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya.

Bab 8 Bioteknologi

  1. Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dengan menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk untuk kepentingan manusia.
  2. Bioteknologi dibedakan menjadi dua yaitu secara tradisional atau konvensional dan secara modern.
  3. Bioteknologi tradisional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroba, proses kimia, dan proses genetik secara alami. Dilakukannya berdasarkan pengalaman yang sebenarnya sudah mengandung prinsip-prinsip ilmiah.  Produk tersebut dilakukan berdasarkan pengalaman dan diwariskan secara turun temurun, tanpa memahami organisme yang berproses dan reaksinya yang timbul. Bioteknologi tradisional ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan umumnya belum dapat diproduksi secara massal.
  4. Pelaksanaan bioteknologi secara modern. Bioteknologi modern ditandai dengan ditemukannya struktur DNA. Bioteknologi modern adalah bioteknologi berdasarkan manipulasi atau rekayasa DNA, yang dilakukan dengan memodifikasi gen-gen spesifik dan memindahkan pada organik yang berbeda seperti bakteri, tumbuhan, dan hewan. Bioteknologi modern ini tidak bisa lepas dari ilmu lain misalnya ilmu biokimia, genetika, biologi molekuler, fisika, mikrobiologi, dan biologi sel.
  5. Pada dasarnya bioteknologi mempunyai komponen-komponen yaitu adanya bahan yang akan diproses, organisme yang melakukan proses, prinsip-prinsip ilmiah dalam proses, dan hasilnya berupa produk.
  6. Beberapa contoh dari bioteknologi tradisional, yaitu pembuatan tempe, tape, kecap, yoghurt, dan antibiotik penicilin.
  7. Beberapa contoh dari bioteknologi modern adalah rekombinasi DNA, fusi sel, teknik hibridoma, transfer inti, kloning, bayi tabung, inseminasi buatan, kultur jaringan, seleksi fenotipe, hidroponik, penghasil asam amino, penghasil alkohol, pemisah logam dari bijihnya, gas bio, pencerna limbah, pemisah logam berat, dan penggunaan teknologi nuklir.
  8. Perkembangan bioteknologi memberikan dampak positif dan negatif.

Kami harap dengan adanya rangkuman materi pelajaran Biologi kelas 12 SMA seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari materi Biologi di kelas 12 SMA.

SOAL BIOLOGI KELAS XII IPA LENGKAP

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

1.Makhluk hidup menunjukkan proses pertumbuhan pada peristiwa perubahan biologis, kecuali ….
a. pertambahan volume sel
b. pertambahan jumlah sel
c. bersifat reversible
d. pertambahan ukuran sel
e. bersifat irreversible

2.Yang merupakan proses perkembangan adalah….
a. betambah panjangnya batang
b. munculnya cabang akar
c. bertambah besarnya sel
d. bertambahnya volume sel
e. meristem mengalami diferensiasi

3.Perhatikan gambar ini
Kita dapat mengatahui umur suatu tumbuhan dengan memperhatikan ….gambar diatas 
a. Irisan melintang batang
b. diameter batang
c. penutupan kanopi
d. lingkaran tahun
e. irisan membujur akar

4. Ujung batang tanaman dapat membengkok ke arah datangnya cahaya matahari terlihat pada gambar


bisa demikian karena pengaruh hormon ….
a. gas etilen
b. giberelin
c. auksin
d. sitokinin
e. asam absisat

5. Buah semangka tanpa biji dapat kamu peroleh dengan memberikan hormon….
a. sitokinin
b. auksin
c. giberelin
d. etilen
e. asam absisat

6. Unsur makro yang berperan sebagai kofaktor enzim tumbuhan adalah ….
a. C, H, dan O
b. N, C, dan O
c. O, P, dan H
d. K, Ca, dan N
e. K, Ca, dan Mg

7. Hormon yang berperan mempercepat proses pemasakan buah adalah hormon 
a. gas etilen
b. giberelin
c. asam absisat
d. sitokinin
e. auksin

8. Hormon yang dapat digunakan untuk menghilangkan sifat kerdil pada tanaman adalah…
a. gas etilen
b. giberelin
c. auksin
d. sitokinin
e. asam absisat

9. Yang termasuk pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan pada bagian-bagian ….
a. xilem sekunder dan floem sekunder
b. ujung akar dan xilem sekunder
c. xilem primer dan floem primer
d. ujung akar dan ujung batang
e. ujung akar saja

10. Unsur yang diambil dari udara untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan hijau adalah ….
a. Nitrogen
b. Hidrogen
c. Oksigen
d. Natrium
e. Karbon

11.Fungsi fosfor bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah….
a. membentuk protein
b. membentuk asam nukleat
c. membentuk dinding sel
d. mengatur keseimbangan ion
e. mengatur pengangkutan air

12. Peluruhan daun pada musim kering disebabkan oleh hormon ….
a. auksin
b. giberelin
c. asam absisat
d. gas etilen
e. sitokinin

13.Contoh hormon sitokinin adalah ….
a. asam indolasetat
b. zeatin
c. asam fenil asetat
d. etepon
e. uilen

14.Untuk menghilangkan sifat kerdil secara genetik pada tumbuhan, dibutuhkan hormon ….
a. auksin
b. giberelin
c. sitokinin
d. traumalin
e. kaukalin

15. Untuk memacu terbentuknya akar pada kultur jaringan dibutuhkan penambahan konsentrasi hormon….
a. auksin
b. giberelin
c. sitokinim
d. asam absisat
e. zeatin

16.Unsur yang diperlukan oleh tumbuhan untuk bahan fotosintesis dan diperoleh dari tanah adalah ….
a. fosfor
b. oksigen
c. nitrogen
d. karbon
e. fosfat

17. Pernyataan mengenai cahaya di bawah ini benar, kecuali ….
a. cahaya diperlukan untuk proses fotosintesis
b. cahaya mempercepat pertumbuhan
c. tanpa cahaya terjadi etiolasi
d. cahaya inframerah berperan untuk menentukan suhu lingkungan.
e. cahaya merah, dan nila diperlukan untuk fotosintesis

18.Tumbuhan hari pendek adalah tumbuhan yang akan berbunga apabila….
a. dalam sehari matahari bersinar antara 8 hingga 12 jam
b. dalam sehari matahari bersinar lebih dari 8 jam
c. dalam sehari matahari bersinar kurang dari 8 jam
d. dalam sehari matahari bersinar lebih dari 12 jam
e. dalam sehari matahari bersinar kurang dari 12 jam

19. Akar dapat terus tumbuh ke bawah karena pengaruh hormon ….
a. auksin
b. giberelin
c. sitokinin
d. traumalin
e. kaukalin

20. Kultur tanaman dengan menggunakan larutan nutrisi yang disemprotkan pada akar tanaman adalah….
a. hidroponik
b. aeroponik
c. kultur jaringan
d. mengenten
e. sonic bloom

METABOLISME SEL

1.    Proses pengubahan molekul kompleks menjadi molekul sederhana dan melepaskan energi dalam bentuk ATP disebut….
a. Anabolisme
b. Katabolisme
c. Metabolisme
d. Fotosintesis
e. Fotosistem

2. Proses respirasi aerob 1 molekul glukosa menghasilkan ATP sebanyak….
a. 24
b. 38
c. 39
d. 28
e. 48

3. Hasil akhir proses glikolisis 1 molekul glukosa adalah…
a. 2 asam piruvat, 2 NADH, 2 ATP
b. 2 asam piruvat, 1 NADH, 4 ATP
c. 1 asam piruvat, 2 NADH, 2 ATP
d. 1 asam piruvat, 2 NADH, 4 ATP
e. 2 asam piruvat, 4 NADH, 4 ATP

4. Karbon dioksida dalam respirasi aerob dihasilkan dalam proses….
a. Glikolisis dan dekarboksilasi oksidatif
b. Siklus krebs dan transfer elektron
c. Dekarboksilasi oksidatif dan siklus krebs
d. Glikolisis dan transfer elektron
e. Dekarboksilasi oksidatif dan transfer elektron

5. Hasil dari dekarboksilasi oksidatif yang masuk siklus krebs adalah molekul….
a. Piruvat
b. Gliseraldehida 3 fosfat
c. Malat
d. Asetil co-A
e. Oksaloasetat

6. Jumlah NADH yang dihasilkan dalam sekali proses dekarboksilasi oksidatif adalah….
a. 8
b. 7
c. 4
d. 2
e. 1

7. Hasil dari sekali siklus krebs adalah….
a. 3 NADH, 1 FADH2, 1 ATP
b. 1 NADH, 1 FADH2, 3 ATP
c. 2 NADH, 2 FADH2, 3 ATP
d. 2 NADH, 2 FADH2, 2 ATP
e. 1 NADH, 1 FADH2, 1 ATP

8. FADH2 dalam proses transfer elektron akan diubah menjadi….ATP
a.  1
b.  2
c.  3
d.  4
e.  5

9.  Oksigen akan masuk dalam proses respirasi aerob dalam tahap….
a.  Glikolisis
b.  Dekarboksilasi oksidatif
c.  Siklus TCA
d.  Siklus krebs
e.  Transfer elektron

10.Respirasi anaerob akan menghasilkan ATP sebanyak….
a.  1
b.  2
c.  3
d.  4
e.  5

11.Respirasi anaerob yang dilakukan oleh manusia akan menghasilkan molekul….
a.  Alcohol
b.  Etanol
c.  Asam laktat
d.  Asam stearat
e.  Oksaloasetat

12.Respirasi anaerob banyak dimanfaatkan dalam industri….
a.  Alcohol
b.  Plastik
c.  Kertas
d.  Vitamin
e.  Enzim

13. Salah satu tahapan yang terjadi dalam fermentasi homolaktat dan fermentasi alcohol adalah….
a.  Glikolisis
b.  Dekarboksilasi oksidatif
c.  Siklus krebs
d.  Transport elektron
e.  Reaksi elektron siklik

14.Pusat reaksi dalam fotosistem I sangat sensitive terhadap cahaya dengan panjang gelombang….
a.  680 nm
b.  860 nm
c.  700 nm
d.  780 nm
e.  760 nm

15.Reaksi terang dalam fotosintesis terjadi dalam….
a.  Stroma
b.  Grana
c.  Lentisel
d.  Sitoplasma
e.  Mitokondria

16.Fiksasi karbon dalam reaksi fotosintesis terjadi dalam tahapan….
a.  Reaksi gelap
b.  Reaksi terang
c.  Aliran elektron siklik
d.  Aliran elektron non siklik
e.  Fotolisis air

17.Reaksi terang dalam fotosintesis akan menghasilkan….
a.  ATP dan NADH
b.  ATP dan FADH2
c.  ATP dan GTP
d.  ATP dan NADPH
e.  NADH dan NADPH

18.Hasil akhir dari reaksi gelap fotosintesis yang siap digunakan untuk cadangan makanan tumbuhan adalah….
a.  Molekul berkarbon 6
b.  Molekul berkarbon 5
c.  Molekul berkarbon 4
d.  Molekul berkarbon 3
e.  Molekul berkarbon 2

19.Yang termasuk dalam tumbuhan C4 adalah….
a.  Padi
b.  Jagung
c.  Mangga
d.  Tebu
e.  Nanas

20.Tumbuhan CAM akan memfiksasi karbon dioksida dan mengubahnya menjadi….
a.  Molekul berkarbon 6
b.  Molekul berkarbon 5
c.  Molekul berkarbon 4
d.  Molekul berkarbon 3
e.  Molekul berkarbon 2


SUBSTANSI GENETIK
1.         Basa nitrogen yang termasuk kelompok purin adalah….
a.         Adenin dan guanin
b.        Adenin dan sitosin
c.         Guanin dan sitosin
d.        Timin dan gunin
e.        Timin dan sitosin

2.         Satu molekul nukleotida tersusun atas….
a.         Gula, fosfat
b.        Gula, fosfat, purin
c.         Gula, fosfat, purin, pirimidin
d.        Gula, fosfat, purin, pirimidin, fosfat
e.        Gula, fosfat, purin, pirimidin, fosfat, gula

3.         Perhatikan keterangan berikut ini
1.         Merupakan molekul ganda
2.         Merupakan molekul tunggal
3.         Gula penyusunnya deoksiribosa
4.         Gula penyusunnya ribose
5.         Hanya terdapat di inti sel
Yang merupakan ciri dari DNA adalah….
a.         1 dan 5
b.        3 dan 4
c.         1 dan 3
d.        2 dan 4
e.        2 dan 5

4.         Kromosom yang memiliki 2 lengan yang sama panjang disebut dengan….
a.         Akrosentrik
b.        Telosentrik
c.         Submetasentrik
d.        Monosentrik
e.        Metasentrik

5.         Bagian pusat kromosom yang mengikat kedua lengan disebut….
a.         Satelit
b.        Telomer
c.         Kromonema
d.        Kromomer
e.        Sentromer

6.         Pasangan gen yang terdapat pada lokus yang sama pada kromosom homolognya adalah….
a.         Gen
b.        Alel
c.         Materi genetic
d.        Genom
e.        Histon

7.         Yang dimaksud dengan gonosom adalah….
a.         Seluruh materi genetic pada sel makhluk hidup
b.        Kromosom yang mengandung gen pengatur tubuh
c.         Kromosom yang mengandung gen pengatur sifat kelamin
d.        Kromosom pada gemet manusia
e.        Jumlah kromosom pada sel manusia

8.         Manusia normal akan memiliki kromosom sebanyak….
a.         46 buah
b.        46 pasang
c.         36 buah
d.        22 pasang
e.        23 buah

9.         Di bawah ini yang merupakan kode kromosom seorang laki-laki adalah….
a.         44 A + XX
b.        44 A + XY
c.         22 A + XX
d.        22 A + XY
e.        46 A + XY

10.     Yang disebut sebagai transkripsi adalah….
a.         Penggandaan molekul DNA
b.        Penerjemahan molekul DNA untuk menghasilkan RNA
c.         Penerjemahan RNA untuk menghasilkan protein
d.        Penerjemahan DNA untuk menghasilkan protein
e.        Penggandaan RNA dalam sintesis protein

11.     Proses translasi terjadi pada….
a.         Nucleus
b.        Membran plasma
c.         Sitoplasma
d.        Kompleks golgi
e.        Nucleolus

12.     Rantai DNA yang berperan sebagai cetakan untuk RNA adalah….
a.         Sense
b.        Antisense
c.         Kodon
d.        Antikodon
e.        Kodogen

13.     RNA yang berperan membawa asam amino dalam sintesis protein adalah….
a.         RNAm
b.        RNAr
c.         RNAd
d.        RNAsn
e.        RNAt

14.     Triplet basa nitrogen yang terdapat pada RNA duta disebut….
a.         Kodon
b.        Antikodon
c.         Kodogen
d.        Sende
e.        Antisense

15.     Yang merupakan kodon start adalah….
a.         AUG
b.        UGA
c.         AUG
d.        GUA
e.        GAU

REPRODUKSI SEL


1.       Hasil dari pembelahan mitosis adalah….
a.       2 sel anak dengan jumlah kromosom sama dengan sel induk
b.      2 sel anak dengan jumlah kromosom setengah dari sel induk
c.       2 sel anak dengan sifat sama persis dengan induk
d.      4 sel anak dengan jumlah kromosom sama dengan sel induk
e.      4 sel anak dengan jumlah kromosom setengah dari sel induk

2.       Salah satu organ tubuh yang menjadi tempat berlangsungnya pembelahan meiosis adalah….
a.       Hati
b.      Ginjal
c.       Otak
d.      Ovarium
e.      Penis

3.       Dalam siklus hidup sel terdapat fase-fase G1-S-G2-M
Fase yang memiliki waktu paling singkat adalah….
a.       G1
b.      G2
c.       M
d.      S
e.      G

4.       Fase dalam mitosis dimana benang-benang kromatin memadat menjadi kromosom dan membran nukleus menghilang adalah….
a.       Interfase
b.      Profase
c.       Metafase
d.      Anafase
e.      Telofase

5.       Yang BUKAN tujuan dari pembelahan mitosis adalah….
a.       Memperbaiki jaringan yang telah rusak
b.      Menambah jumlah sel untuk menunjang pertumbuhan
c.       Mengganti sel-sel yang mati akibat penuaan
d.      Membentuk sel-sel baru yang lebih muda
e.      Meneruskan informasi genetik kepada keturunan

6.       Fase anafase dari mitosis ditandai dengan….
a.       Mulai terjadi kariokinesis di bidang ekuator
b.      Karioteka dan anak inti menghilang
c.       Kromosom mulai ditarik ke kutub berlawanan
d.      Kromosom sejajar di bidang ekuator
e.      Terjadi sintesis materi genetik dan protein

7.       Tahapan dalam profase meiosis 1 dimana kromosom mulai berpasangan dengan homolognya adalah….
a.       Leptoten
b.      Zigoten
c.       Pakiten
d.      Diploten
e.      Diakinesis

8.       Crossing over kromosom terjadi pada fase….
a.       Profase meiosis 1
b.      Profase meiosis 2
c.       Metaphase meiosis 1
d.      Metaphase meiosis 2
e.      Anafase meiosis 1

9.       Meiosis terjadi sebagai upaya tubuh untuk membentuk….
a.       Sel tubuh baru
b.      Sel organ kelamin
c.       Sel gamet
d.      Sel-sel muda
e.      Sel meristematik

10.   Hasil dari meiosis 1 adalah sel dengan jumlah dan sifat…..
a.       Berjumlah 4 sel anak dengan sifat haploid
b.      Berjumlah 4 sel anak dengan sifat diploid
c.       Berjumlah 2 sel anak dengan sifat haploid
d.      Berjumlah 2 sel anak dengan sifat diploid
e.      Berjumlah 2 sel anak dengan sifat sama

11.   Hasil dari meiosis 1 sel induk spermatozoa adalah….
a.       Spermatosit primer
b.      Spermatosit sekunder
c.       Spermatid
d.      Spermatogonium
e.      Spermatozoa

12.   Spermatogenesis terjadi pada organ….
a.       Testis
b.      Penis
c.       Skrotum
d.      Epididimis
e.      Vas deferens

13.   Hasil dari oogenesis adalah…..
a.       4 sel ovum
b.      2 sel ovum
c.       3 sel ovum dan 1 badan polar
d.      1 sel ovum dan 3 badan polar
e.      4 badan polar

14.   Sel ootid dari proses oogenesis manusia memiliki jumlah kromosom…..
a.       23
b.      46
c.       23 pasang
d.      46 pasang
e.      32

15.   Yang TIDAK tepat tentang peristiwa oogenesis adalah…..
a.       Oogenesis terjadi pada perkembangan janin
b.      Oogenesis menghasilkan ovum dengan sifat haploid
c.       Oogenesis terjadi pada ovarium
d.      Oogenesis menghasilkan 3 badan polar

e.      Oogenesis terjadi pada orang dewasa
ASAL USUL MAKHLUK HIDUP


1. Paham Abiogenesis menyatakan bahwa ….
a. makhluk hidup berasal dari benda mati
b. makhluk hidup berasal dari telur
c. setiap telur berasal dari makhluk hidup
d. setiap makhluk hidup akan berkembang biak
e. makhluk hidup berasal dari makhluk hidup
2. Abiogenesis sama artinya dengan ….
a. Omne vivum ex vivo
b. Generatio spontanea
c. Omnis cellula e cellula
d. Omne ovum ex ovo
e. Biogenesis
3. Semboyan paham biogenesis, antara lain omne vivum ex vivo, artinya ....
a. semua kehidupan berasal dari benda mati
b. semua telur akan berkembang menjadi makhluk hidup
c. semua kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya
d. semua makhluk hidup berasal dari telur
e. terjadinya makhluk hidup dari telur secara spontan
4. Teori abiogenesis mulai runtuh setelah ditemukannya mikroskop. Tokoh yang pertamakali menemukan mikroskop adalah….
a. Robert Hooke
b. Antonie Van Leuwenhoek
c. Louis Pasteur
d. Erasmus Darwin
e. Francesco Redi
5. Perhatikan tokoh-tokoh berikut:
(1) Louis Pasteur
(2) Aristoteles
(3) Stanley Miller
(4) Francesco Redi
(5) Lazzaro Spallanzani
(6) John Needham
Tokoh-tokoh tersebut yang mendukung paham biogenesis adalah ….
a. (1), (3), (6)
b. (2), (4), (5)
c. (1), (4), (5)
d. (3), (5), (6)
e. (2), (3), (6)
6.Perhatikan tokoh-tokoh berikut:
(1) Louis Pasteur
(2) Aristoteles
(3) Stanley Miller
(4) Francesco Redi
(5) Lazzaro Spallanzani
(6) John Needham
Tokoh yang mendukung paham abiogenesis adalah ….
a. (1), (3)
b. (2), (4)
c. (1), (5)
d. (3), (6)
e. (2), (6)
7. Percobaan menggunakan toples berisi daging yang ditutup dengan kain kasa untuk membuktikan kebenaran teori biogenesis dilakukan oleh….
a. Francesco Redi
b. John Needham
c. Harold Urey
d. Lazzaro Spallanzani
e. Louis Pasteur
8. Persamaan percobaan Louis Pasteur dengan Spallanzani adalah bahwa keduanya ….
a. Menggunakan alat yang sama
b. Menggunakan metode yang sama
c. Menggunakan bahan yang sama
d. Menggunakan prinsip kerja yang sama
e. Memerlukan waktu yang sama
9. Tokoh yang menyatakan bahwa di atmosferlah pertama kali terjadi pembentukan material organik adalah ….
a. Stanley Miller
b. Aristoteles
c. Harold Urey
d. Lazzaro Spallanzani
e. Louis Pasteur
10. Tokoh yang melakukan percobaan pembentukan material organik dari reaksi kimia, antara metana, ammonia, hydrogen, dan air adalah ….
a. Harold Urey
b. Louis Pasteur
c. Francesco Redi
d. Stanley Miller
e. Lazzaro Spallanzani
11. Gas yang tidak terdapat pada atmosfer awal bumi purba adalah….
a. hidrogen
b. nitrogen
c. oksigen
d. karbondioksida
e. helium
12. Tokoh berikut yang tidak dikenal sebagai ilmuwan dalam evolusi biokimia adalah….
a. A. I Oparin
b. Stanley Miller
c. Louis Pasteur
d. Harold Urey
e. Melvin Calvin
13. Menurut Harold Urey, terbentuknya makhluk hidup melalui proses-proses berikut, kecuali ….
a. Tersedianya molekul CH4, uap air, NH3, dan hydrogen di atmosfer
b. Dalam jangka waktu yang lama, zat hidup berkembang menjadi sejenis makhluk hidup
c. Terbentuknya zat hidup sederhana yang strukturnya menyerupai virus
d. Terbentuknya zat hidup berupa virus yang dapat berkembang menjadi makhluk lebih kompleks
e. Adanya bantuan energi aliran listrik halilintar dan radiasi sinar kosmis
14. Pendapat Cuvier tentang teori kataklisma menyatakan tentang….
a. Kehidupan di bumi berasal dari spora yang berasal dari alam semesta
b. Kehidupan yang ada diciptakan oleh zat supranatural
c. Spesies baru muncul setelah spesies lama punah akibat bencana
d. Makhluk hidup berasal dari reaksi fisika-kimia di bumi
e. Makhluk hidup berasal dari benda mati
15. Teori tentang asal-usul kehidupan yang menyatakan bahwa kehidupan di planet bumi datang dari alam semesta, disebut ….
a. Teori Kosmozoan
b. Teori Generatio Spontanea
c. Teori Kreasi Khas
d. Teori Abiogenesis
e. Teori Kataklisma
16. Munculnya tumbuhan pertama kali dalam evolusi biologi ditandai dengan….
a. Munculnya organel bermembran
b. Munculnya organel kloroplas
c. Munculnya dinding sel
d. Berkembangnya nukleus
e. Berkembangnya proses fotosintesis
17. Sel yang pertamakali muncul dalam evolusi makhluk hidup adalah….
a. Protozoa
b. Kapang
c. Mitokondria
d. Virus
e. Bakteri
18. Munculnya membran selubung nukleus pada sel eukariotik disebabkan oleh….
a. Membran sitoplasma yang melekuk ke dalam
b. Munculnya membran baru hasil sintesis sel
c. Simbiosis dengan organisme lain
d. Hasil mitosis yang tak sempurna dari sel induk
e. Pengaruh lingkungan yang tidak menguntungkan
19. Munculnya mitokondria pada sel eukariotik disebabkan oleh….
a. Perkembangan dari membran sel
b. Endosimbiosis dua organisme
c. Kadar CO2 yang tinggi di lingkungan
d. Sintesis oleh energi petir
e. Hasil pembelahan inti sel
20. Akibat dari munculnya organisme berkloroplas pada masa bumi purba adalah….
a. Suhu lebih dingin
b. Suhu lebih hangat
c. Kadar CO2 meningkat
d. Kadar NH3 menurun
e. Kadar O2 meningkat

EVOLUSI

1.  Adaptasi merupakan salah satu mekanisme terjadinya evolusi. Berikut ini yang merupakan peristiwa adaptasi adalah….
a.       Anggur memiliki buah yang kecil dan berkelompok
b.      Penguin memiliki lapisan kulit tebal di bawah kulitnya
c.       Akar kaktus tebal dan pendek
d.      Unta memiliki jari kaki genap
e.      Laba-laba memakan capung yang berukuran besar

2. Penyebab banyaknya kupu-kupu Biston betularia bersayap gelap pada waktu revolusi industri di Inggris adalah….
a.       Di inggris banyak dipenuhi bangunan bercat gelap
b.      Banyak terdapat asap pabrik yang berwarna terang
c.       Warna tubuh gelap mudah membaur dengan lingkungan
d.      Banyak cerobong asap didaerah pantai
e.      Orang inggris suka menangkap kupu-kupu

3. Banyaknya Biston betularia berwarna gelap merupakan contoh terjadinya peristiwa….
a.       Adaptasi morfologi
b.      Seleksi buatan
c.       Adaptasi fisiologi
d.      Seleksi alam
e.      Adaptasi tingkah laku

4. Darwin mengemukakan teori evolusi setelah melakukan perjalanan ke kepulauan Galapagos dan melakukan penelitian terhadap burung finch. Di sana Darwin menemukan terjadinya adapasi dan seleksi alam terhadap….
a.       Paruh burung finch
b.      Sayap burung finch
c.       Kaki burung finch
d.      Badan burung finch
e.      Warna burung finch

5.  Teori yang menyatakan bahwa jerapah memanjangkan lehernya untuk dapat menjangkau daun di dahan yang tinggi dikemukakan oleh….
a.       Weismann
b.      Darwin
c.       Linnaeus
d.      Aristoteles
e.      Lamarck

6. Di bawah ini yang BUKAN merupakan petunjuk terjadinya evolusi adalah….
a.       Adanya variasi individu dalam satu keturunan
b.      Adanya peristiwa kembar identik
c.       Adanya fosil di berbagai lapisan bumi
d.      Adanya embriologi perbandingan
e.      Adanya perbandingan fisiologi

7. Fosil yang kerap digunakan untuk contoh terjadinya evolusi adalah….
a.       Fosil kerbau
b.      Fosil burung finch
c.       Fosil kuda
d.      Fosil dinosaurus
e.      Fosil kelelawar

8. Berikut ini yang merupakan homologi alat-alat tubuh adalah….
a.       Sayap serangga dengan sayap burung
b.      Kaki ayam dengan kaki kuda
c.       Sayap kupu-kupu dengan sayap kelelawar
d.      Kaki belakang kuda dengan sayap burung
e.      Sirip depan paus dengan sayap kelelawar

9.       Salah satu bukti evolusi adalah adanya sisa alat tubuh pada manusia dari nenek moyangnya. Yang BUKAN merupakan sisa alat tubuh adalah….
a.       Telinga berbentuk elips
b.      Umbai cacing atau appendiks
c.       Tulang ekor
d.      Gigi taring yang runcing
e.      Rambut pada dada

10.   Mutasi merupakan mekanisme evolusi yang penting. Yang dimaksud dengan mutasi adalah….
a.       Penyesuaikan diri terhadap cekaman lingkungan
b.      Perubahan pada materi genetik
c.       Perbaikan pada kerusakan DNA
d.      Perubahan bentuk secara singkat
e.      Perubahan fisiologi tubuh

11.   Mutasi yang menyebabkan perubahan besar pada organisme adalah….
a.       Mutasi DNA
b.      Mutasi gen
c.       Mutasi kromosom
d.      Mutasi genom
e.      Mutasi nukleotida

12.   Hukum Hardy-Weinberg menyatakan bahwa frekuensi alel pada suatu populasi selalu tetap dari generasi ke generasi berikutnya. Yang BUKAN syarat berlakunya hokum Hardy-Weinberg adalah….
a.       Ukuran populasi besar
b.      Terjadi perkawinan acak
c.       Tidak terjadi migrasi
d.      Terjadi mutasi
e.      Terjadi seleksi alam

13.   Frekuensi gen a dalam suatu populasi adalah 0,25. Frekuensi gen A dalam populasi tersebut adalah….
a.       0,75
b.      0,5
c.       0,25
d.      0
e.      1

14.   Diketahui frekuensi orang albino pada suatu masyarakat adalah 25 diantara 10.000 orang. Presentase orang pembawa sifat albino yang heterozigot adalah….
a.       4,75%
b.      3,75%
c.       4,5%
d.      5.5%
e.      4,25%

15.   Hewan yang merupakan hasil domestikasi adalah….
a.       Ular phiton
b.      Harimau Siberia
c.       Jalak bali
d.      Bebek peking
e.      Kerbau liar
Kunci Jawaban Soal Evolusi Kelas XII
  1.   B
  2.   C
  3.   D
  4.   A
  5.  E
  6.   B
  7.  C
  8.   E
  9.   A
  10.   B
  11.   C
  12.   E
  13.  A
  14.  A  
  15.   D

0 Response to "Soal dan jawaban Bilogi SMA Kelas XII"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel