Modals Grammar: Definisi dan Penggunaan Modals di Dalam Grammar

Definisi Modal di Dalam Grammar


Modals di dalam grammar biasanya digunakan untuk menyatakan sikap terhadap sesuatu. Sebagai contoh, modals bisa digunakan oleh seseorang untuk mengatakan bahwa sesuatu bisa, harus, mungkin, akan, atau bisa jadi dilakukan. 



Singkatnya, modals digunakan untuk menyatakan seberapa mungkin sesuatu akan dilakukan atau seberapa besar suatu hal akan terjadi. Modals adalah tentang probability (Kemungkinan).


Tidak seperti kata-kata di dalam bahasa Indonesia yang sedikit memiliki kata dengan banyak arti, bahasa Inggris punya banyak kata yang memiliki arti berbeda tergantung kalimat dan kondisi nya. Dengan kata lain, setiap kata yang termasuk ke dalam modals bisa memiliki satu atau lebih arti.

Modals, Modal, modal pada grammar, modal ought to, modal might, modal had better



Modal di dalam grammar bahasa Inggris dibagi menjadi 2 macam, Basic modals atau modal dasar dan Phrasal Modals yang berarti Modal berbentuk frasa kalimat. Keduanya cukup berbeda dari segi bentuk kata nya namun memiliki kesamaan pada arti nya. Berikut Pembahasannya.





Modals Dasar (Basic Modals)

Basic modal biasanya berupa satu atau dua kata dan bisa digunakan untuk menyatakan beberapa ekspresi. Berikut contoh kata yang termasuk basic modal.

Kata-Kata Yang Termasuk Ke Dalam Basic Modal antara lain:


Modal
Arti
Can
Bisa
Could
Bisa
Had better
Lebih Baik
May
Mungkin
Might
Mungkin
Must
Harus
Ought to
Harus
Shall
Akan/Harus
Should
Harus
Will
Akan
Would
Akan

Kata-Kata diatas termasuk ke dalam basic modal atau modal dasar.




Aturan Pada Saat menggunakan Modals


Seperti layaknya topik yang sudah-sudah, Modal memiliki aturan atau rule saat digunakan dalam sebuah kalimat. Basic Modals memiliki rule sebagai berikut.


Modals Bukan sebuah Verb

Modals sangat berbeda dengan kata kerja atau verb. Modals memang digunakan setelah subjek pada sebuah kalimat, namun memiliki aturan sendiri saat digunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh kalimat dibawah.


He can do it.


Dia (laki-laki) bisa melakukan itu.


Pada contoh kalimat diatas, kata modal "can" tidak ditambahkan imbuhan -s seperti yang biasa dilakukan pada saat kita menggunakan verb 1 dalam sebuah kalimat. Perhatikan pula bahwa setelah kata modal "can" dinyatakan, selalu ada verb 1 yang mengikuti modal tersebut.


Kalau teman-teman menggunakan imbuhan -s pada kalimat diatas, dan menyatakan kalimat menjadi He cans do it, maka itu secara grammar merupakan sebuah kesalahan.

Modals di Ikuti oleh Verb 1

Saat menggunakan modals, pastikan untuk selalu menaruh kata verb 1 setelah modals dinyatakan. Seperti contoh diatas dimana setelah modals "can", kita menaruh kata "do" yang merupakan bentuk kata kerja pertama.

modals pada grammar, belajar bahasa inggris, ought to, arti might, arti had better


belajar modals pada grammar bahasa inggris, belajar ought to might had better

             
              Perhatikan jawaban Linda, modals "will" diikuti oleh verb "go".



Modal Ought to di Ikuti Oleh Infinitive

Ought to merupakan bentuk modal yang memiliki pengecualian dan berbeda dengan bentuk modal yang lain. Ought to tidak di kuti oleh verb 1 melainkan diikuti oleh kata kerja bentuk infinitive (to + simple form of verb).

Baca Juga 3 Macam Bentuk Verb


Modal Berfrasa (Phrasal Modals)

Bentuk modals yang kedua disebut sebagai modals berfrasa, dimana beberapa frasa berikut ini memiliki arti yang sama dengan basic modals diatas. berikut contoh-contoh Phrasal Modals yang ada.

Modal
Arti
be able to
Bisa untuk
be going to
Akan pergi
be supposed to
Seharusnya
have to
Harus
have got to
Sebaiknya/Seharusnya
used to
Terbiasa



 


Walaupun memiliki arti atau ekspresi yag sama, Phrasal modals memiliki perbedaan dengan basic modals. Dimana setelah dinyatakan, phrasal modals diikuti oleh infinitive.

Selain itu, modals berfrasa juga digunakan pada 2 kalimat yang digabung menjadi satu. Contoh nya sebagai berikut.



I am going to be able to wake early tomorrow, so I can come to your house.


Aku bisa bangun cepat besok, jadi aku bisa datang ke rumah mu.


Pada Kalimat diatas, modals berfrasa digunakan pada kalimat pertama, dimana frasa "be able to" diikuti oleh infinitive "wake" (be able to wake").

Sementara pada kalimat kedua, verb "come" mengikuti basic modal "can".


Coba teman-teman perhatikan, kalimat diatas berupa kemungkinan tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan. Itulah kegunaan utama dari modals dalam bahasa Inggris.

Untuk menyatakan suatu hal yang mungkin terjadi.



Kadar Derajat Kemungkinan Pada Modals


Teman-teman, bila kita berbicara kemungkinan, pasti kita menyadari bahwa ada hal yang mungkin terjadi, ada hal yang kita tidak tau pasti apakah akan terjadi atau tidak, dan ada hal yang pasti dan kita sangat yakin akan terjadi.


Modals pada grammar juga memiliki tingkatan seperti itu. Saat kita menyatakan suatu hal mungkin terjadi, modals yang pas untuk kita gunakan adalah "Will". 

Contohnya:

                 I will wake up early tomorrow.
                 Saya akan bangun tidur cepat besok.

Contoh diatas mungkin terjadi, bila misalnya kita memasang alarm atau tidur lebih cepat saat malam hari nya. Kemungkinan yang memang mungkin terjadi akan tepat bila kita nyatakan dengan modals "Will".



Selanjutnya, bila kita tidak yakin akan suatu hal, apakah bisa terjadi atau  tidak, kita bisa menyatakan itu dengan menggunakan modals "May".


Contohnya:

                 The weather may be sunny tomorrow.
                 Cuaca mungkin cerah besok.

Kita tidak pernah tahu apakah besok akan cerah atau tidak. Memang ada ramalan cuaca namun hal itu tidak selamanya tepat. Oleh karena itu, saat kita menyatakan kemungkinan yang belum tentu akan terjadi, modals yang paling tepat digunakan adalah "May".



Kemudian, saat kita yakin suatu hal benar-benar akan terjadi, atau bahkan kita memaksa suatu hal harus terjadi, modals yang bisa digunakan adalah "Shall".



Contohnya:

                 I shall be successful person.
                 Saya harus menjadi orang yang sukses.


Teman-teman, siapa diantara kita yang tidak ingin sukses? pasti semuanya ingin kan?

Saat menyatakan suatu hal yang benar-benar kita yakini akan/mesti terjadi, atau sesuatu yang harus terjadi, kita bisa menggunakan modals "Shall".



Kesimpulan dari Modals di dalam Grammar

  • Modals digunakan untuk menyatakan seberapa mungkin sesuatu akan dilakukan atau seberapa besar suatu hal akan terjadi. 
  • Modals adalah tentang probability (Kemungkinan).
  • Modals berfrasa digunakan pada 2 kalimat yang digabung menjadi satu.
  • Ada 3 derajat kemungkinan yang bisa dinyatakan dengan modals, yaitu will, may, dan shall. 

Demikian pembahasan tentang modals kali ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman ya! 

Jangan lupa share postingan ini di sosmed mu!

0 Response to "Modals Grammar: Definisi dan Penggunaan Modals di Dalam Grammar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel