Friday, September 15, 2017

Definisi Lengkap Adjective Clause (Relative Clause) Dengan 3 Pola Kalimatnya

Pengertian Dari Clause Bahasa Inggris


Selama belajar bahasa Inggris, pasti teman-teman sering mendengar kata "Clause". Clause itu apa sih sebenarnya? Bentuknya gimana? Penggunaan dalam bahasa Inggris gimana? Jenis-jenis clause apa saja?

sabar..sabar.. Kita bahas secara mendalam satu-satu ya.

Clause adalah sebuah gabungan dari beberapa kata yang berisi subjek dan verb. Bisa dibilang clause itu adalah bentuk awal dari sebuah kalimat, atau bahkan kalimat itu sendiri, walaupun bergantung pada jenis nya; apakah clause itu Independent atau Dependent.

adjective clause, pola kalimat clause, pengertian clause, pengertian relative clause

 

Membedakan Independent Clause dan Dependent Clause


Independent artinya mandiri, merdeka, atau bisa berdiri sendiri. Sedangkan Dependent artinya tidak merdeka, tidak bisa berdiri sendiri, atau bergantung pada suatu yang lain. Dari artinya saja kita sudah bisa tahu perbedaan dari kedua hal diatas. 

Independent clause merupakan kalimat dimana semua hal pendukungnya lengkap; seperti subjek, verb, to be, adjective, adverb, atau pronoun. Independent clause tidak memerlukan clause lain untuk membantu lawan bicara untuk mengerti apa maksud dari kalimat itu sendiri. Semuanya ada di dalam satu kalimat. Jelas. Lengkap.

Independent clause pada grammar bahasa Inggris disebut juga sebagai "main clause", klausa utama, kalimat utama.

Sedangkan Dependent clause memerlukan Independent clause untuk bisa menjadi lengkap. Clause ini butuh dihubungkan pada Independent clause agar maksud dari kalimat tersebut dimengerti oleh lawan bicara. Dependent clause bukan lah kalimat yang lengkap ataupun jelas. Bila dependent clause tidak dihubungkan pada Independent clause, maka clause ini akan membingungkan pembaca atau lawan bicara.


Pengertian dan Pembahasan Adjective Clause (Relative Clause)


Adjective clause adalah sebuah dependent clause yang memiliki fungsi sebagai pelangkap noun (kata benda/orang) di dalam suatu kalimat. Clause ini akan menggambarkan, mengenali, atau memberikan informasi lebih jauh tentang sebuah noun. Oleh sebab itu, adjective clause memiliki sebutan lain, yaitu "Relative Clause" yang berarti "anak kalimat". Sebutan ini cocok karena tugas utama dari clause ini merupakan pelengkap dari sebuah kalimat dan tidak bisa berdiri sendiri.


Pola Kalimat dari Adjective Clause (Relative Clause)


Pada penggunaan untuk bahasa sehari-hari terdapat terdapat beberapa bentuk pola kalimat dari adjective clause. Ada pola kalimat yang, walaupun benar secara grammar, namun jarang di gunakan terutama saat berbicara. Contohnya seperti kalimat dibawah.

 

Penggunaan "Who" dan "That"


I like the people who obey the traffic rule.

I like the people that obey the traffic rule.


Saya suka orang-orang yang menaati peraturan lalu lintas.


Kedua contoh kalimat diatas, memiliki arti yang sama seperti arti kalimat diatas, "Saya suka orang-orang yang menaati peraturan lalu lintas". 

Adjective clause pada kedua kalimat diatas juga sama "who obey the traffic rule" dan "that obey the traffic rule". Lalu apa yang membuat kedua kalimat diatas berbeda?

 
Ini karena, penggunaan "who" pada sebuah adjective clause lebih umum digunakan saat yang dijelaskan didalam kalimat tersebut adalah seseorang atau sekelompok orang; "the people".

Berbeda saat yang dijelaskan di dalam kalimat tersebut adalah sebuah benda atau seekor binatang. kalau seperti itu maka penggunaan "that" menjadi lebih tepat.

Walaupun begitu, penggunaan "who" atau pun "that" merupakan hal yang dianggap benar di dalam grammar. Keduanya bisa dipakai untuk menjelaskan apapun dalam sebuah kalimat adjective clause. Namun akan lebih baik bila saat menjelaskan tentang seseorang ataupun sekelompok orang kita menggunakan "who" di dalam kalimat.

adjective clause, pola kalimat clause, pengertian clause, pengertian relative clause, contoh kalimat adjective clause,
adjective clause, pola kalimat clause, pengertian clause, pengertian relative clause, contoh kalimat adjective clause, contoh kalimat relative clause,



Penggunaan "Which"

Teman-teman, sama seperti penggunaan antara "who" dan "that" tadi, penggunaan "which" juga memiliki aturannya sendiri. Berikut contohnya.



I like the flowers that have bright colors.

I like the flowers which have the bright colors.


Saya suka bunga yang punya warna-warna cerah.


Pada kedua contoh kalimat diatas, penggunaan "that" dan "which" sama-sama benar di dalam grammar. Namun, karena yang dijelaskan di dalam kalimat tadi adalah bunga yang merupakan benda/makhluk hidup selain manusia, maka penggunaan "that" menjadi lebih tepat dibanding menggunakan "which".


"That" bila dalam bahasa Indonesia berarti "Yang" dan lebih cocok digunakan pada kalimat diatas, dibanding menggunakan "which" yang berarti "Yang Mana". Which lebih cocok digunakan untuk menjelaskan arti dari suatu hal atau fungsi dari suatu benda. Sedangkan untuk menjelaskan sifat, kondisi, atau perilaku suatu benda, "that" lebih cocok digunakan.

adjective clause, pola kalimat clause, pengertian clause, pengertian relative clause, contoh kalimat adjective clause, contoh kalimat relative clause,
adjective clause, pola kalimat clause, pengertian clause, pengertian relative clause, contoh kalimat adjective clause, contoh kalimat relative clause,


Tidak Menggunakan Apapun

Teman-teman, terkadang penggunaan bahasa Inggris dalam bentuk tulisan berbeda dengan penggunaan saat berbicara. Saat berbicara, kadang ada peraturan-peraturan dalam grammar yang di abaikan oleh si pembicara. Bahkan ada daerah di Inggris Raya seperti Skotlandia atau Irlandia, yang tidak mematuhi grammar selama maksud dari si pembicara di mengerti oleh lawan bicara.

Saat berbicara, aturan dari Adjective clause bisa di abaikan sedemikian rupa dengan menghilangkan who, which, dan that. Jadi seakan-akan terdapat 2 kalimat di dalam satu kalimat. Berikut contohnya.



I read the book I bought yesterday.

Saya membeli buku yang saya baca kemarin.


I make the cake I think easy to make.

saya membuat kue yang saya pikir gampang dibuat.


Pada 2 contoh kalimat diatas, tidak terdapat penghubung (pronoun) who, which, ataupun that yang digunakan untuk menghubungkan clause pertama dan kedua.

 
Penghubung tersebut sengaja dihilangkan untuk menyingkat kalimat. Walaupun tidak digunakan, namun maksud dari kalimat tersebut mudah dipahami. Terutama bagi orang-orang native english, yaitu orang-orang yang sejak lahir sudah menggunakan bahasa Inggris.  

dialog adjective clause, pola kalimat clause, pengertian clause, pengertian relative clause, contoh kalimat adjective clause, contoh kalimat relative clause,


Kesimpulan dari Pembahasan Relative Clause

  • Clause adalah bentuk awal dari sebuah kalimat.
  • Independent clause merupakan kalimat dimana semua hal pendukungnya lengkap.
  • Dependent clause bukan lah kalimat yang lengkap ataupun jelas.
  • Dependent clause memerlukan Independent clause untuk bisa menjadi lengkap.
  • Adjective clause (Relative Clause) adalah dependent clause yang memiliki fungsi sebagai pelengkap noun.
  • Adjective clause pronouns "Relative Pronouns" adalah clause yang menggunakan pronouns untuk menghubungkan dirinya dengan independent clause.
  • Aturan dari Adjective clause bisa di abaikan sedemikian rupa dalam sebuah percakapan.


Penutup dari Pembahasan Adjective Clause (Relative Clause)


Sebuah Clause bisa dibilang adalah kalimat dalam bahasa Inggris dan tersusun dari subjek dan verb. Adjective clause merupakan clause yang berfungsi untuk memberikan informasi tambahan terkait clause utama (main clause/kalimat utama) dari sebuah kalimat. 

Informasi tambahan itu bisa berupa kondisi, sifat, atau perilaku dari orang, hewan benda ataupun keadaan yang di nyatakan pada kalimat utama nya.



Demikian pembahasan tentang Clause kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman ya!

Ingat, belajar sedikit tapi konsisten, lebih baik daripada belajar sebanyak-banyaknya namun berhenti di tengah jalan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon