Tuesday, September 12, 2017

Cara Mudah Membedakan Infinitive Dengan Verb Yang Jarang Diketahui

Definisi Lengkap Tentang Infinitive

Kadang teman-teman suka bingung ga sih dengan Infinitive dan Verb? Sama-sama berbentuk verb dan sama-sama muncul di dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Wah kalo ga hati-hati bisa salah lho menggunakan nya.

Infinitive adalah sebuah topik dalam grammar bahasa Inggris, dimana sebuah verb (kata kerja) pada suatu kalimat di ikuti oleh verb lain.

Subjek + Verb , To + Verb 

Diatas adalah struktur umum dari sebuah Infinitive. Setelah verb pertama di nyatakan (Subjek + Verb), maka verb kedua (To + Verb) mengikuti verb pertama.

Ingat! 

Infinitive adalah verb kedua yang mengikuti verb pertama.

Infinitive digunakan untuk menunjukan bahwa sebuah keadaan atau kegiatan (verb) merupakan penyebab dari keadaan atau kegiatan yang lain.



belajar grammar, definisi infinitive to be, bentuk-bentuk infinitive,

 



Bentuk-bentuk Infinitive

Infinitive memiliki beberapa bentuk yang harus teman-teman tahu. Berikut bentuk-bentuk infinitive beserta pembahasannya.

Verb + Infinitive

Belajar grammar, pengertian infinitive, contoh infinitive pada kalimat,

Infinitive bentuk ini merupakan infinitive bentuk dasar. Dimana Infinitive langsung mengikuti sebuah verb didalam kalimat. Contoh-contoh kalimat nya sebagai berikut.



I hope to see you soon
Aku harap untuk berjumpa dengan mu segera


Parman wanted to go to the market yesterday
Parman ingin pergi ke pasar kemarin.


Perhatikan kalimat pertama diatas. Infinitive "to see" langsung mengikuti verb "hope".

Kemudian pada kalimat kedua, infinitive "to go" juga langsung mengikuti verb "wanted". Wanted adalah kata kerja bentuk lampau (Verb 2). Hal ini menunjukan bahwa infinitive tidak terikat pada tenses apapun.





Verb + Not + Infinitive



Bambang said not to play fire


Bambang bilang tidak boleh bermain api


Kalimat ini menunjukan bagaimana infinitive digunakan pada kalimat negatif. Kalimat negative adalah kalimat yang mengandung penolakan atau ketidak-setujuan. Biasanya ada kata "not" pada kalimatnya.


Pada kalimat seperti ini, verb di ikuti oleh "not" terlebih dahulu, baru setelah itu di ikuti oleh infinitive. verb "said" di ikuti oleh "not" dan setelah itu di ikuti oleh infinitive "to play".



Verb + Pronoun + Infinitive (Kalimat Pasif - Passive Sentence)

kalimat passive, menggunakan infinitve pada kalimat pasif, passive sentence







I was told by my brother to bring an umbrella


Aku di beritahu oleh adik ku untuk membawa payung.


Perhatikan kalimat diatas, kalimat tersebut adalah kalimat pasif (passive sentence). Pada kalimat pasif, sebuah verb tidak langsung di ikuti oleh infinitive. Tapi di ikuti oleh pronoun (kata yang menunjukan benda atau orang) terlebih dahulu. Setelah itu baru di ikuti oleh infinitive.

 

Pada kalimat diatas verb "told" di ikuti oleh pronoun "my brother" terlebih dahulu. Setelah itu infinitive "to bring" mengikuti pronoun di depannya. Penjelasan mendalam tentang Pronoun dan Passive Sentence akan di jelaskan di postingan lain.


 

Verb + Pronoun + Infinitive (Kalimat Aktif - Active Sentence)

belaar menggunakan infinitive, pengertian infinitive, infinitive to verb pada kalimat aktif, active sentence



The teacher asks Marlin to speak louder


Guru meminta Marlin untuk berbicara lebih keras.


Kalimat diatas adalah kalimat aktif. Cara kerja infinitive pada kalimat ini juga sama dengan contoh sebelumnya. Verb "asks" di ikuti oleh pronoun "Marlin" terlebih dahulu. Setelah itu infinitve "to speak" mengikuti pronoun di depannya.



 

Perbedaan Infinitive dengan Verb

Walaupun terlihat sangat mirip, namun ada beberapa hal yang berbeda antara verb dengan infinitive. Berikut Perbedaannya.

Verb bisa berubah bentuk, Infinitive tidak bisa

Verb memiliki perubahan bentuk menjadi 3 macam perubahan, Verb 1, 2, dan 3 tergantung tenses yang digunakan. Ditambah lagi dengan perubahan Verb + ing  yang berada pada tenses continuous. Sedangkan Infinitive adalah sebuah bentuk frasa dimana sebuah kata kerja (verb) selalu didahului oleh "to" dan tidak memiliki perubahan apapun.

Infinitive Selalu Mengikuti Verb

Verb adalah kata kerja pertama pada kalimat. Verb menyatakan apa yang dilakukan oleh subjek. Sedangkan Infinitive adalah semacam turunan dari kata kerja pertama, dimana infinitive menjelaskan tentang apa yang dikerjakan setelah verb pertama dinyatakan. 


Baca Juga Tips dan Trik Menggunakan Regular dan Irregular Verb

 
Misalnya contoh kalimat tadi, "The teacher asks Marlin to speak louder". "Asks" yang merupakan verb pertama di ikuti oleh infinitive "to speak". Verb menjelaskan apa yang dilakukan oleh subjek "the teacher" sedangkan "to speak" menjelaskan apa yang diminta oleh subjek.




Infinitive Untuk Menyatakan Harapan

menggunakan infinitive untuk expectation, contoh kalimat infinitive, bentuk kalimat infinitive

 

Infinitive sering digunakan pada kalimat dimana subjek atau pembicara pertama menyatakan harapan nya pada sesuatu atau seseorang. Hal ini melibatkan verb-verb tertentu dan memiliki rule atau aturan sendiri yang agak berbeda dengan penggunaan infinitive lainnya. Berikut contoh-contoh kalimatnya.


I expect to finish this job early

Saya berharap untuk menyelesaikan pekerjaan ini cepat-cepat


I expect Dani to finish this job early

Saya berharap Dani untuk menyelesaikan pekerjaan ini cepat-cepat


Pada contoh kalimat diatas, pembicara pertama atau subjeknya "I" berharap pada diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan nya dengan cepat. sedangkan pada contoh kalimat kedua, subjek berharap pada Dani untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.


Perbedaan pada kedua kalimat diatas adalah pada penggunaan pronoun "Dani". Pada kalimat pertama, Subjek berharap pada dirinya sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Sedangkan pada kalimat kedua, pronoun digunakan untuk menyatakan harapan pada seseorang atau sesuatu untuk hal yang sama.

Saat menyatakan harapan, kunci nya terletak pada verb yang digunakan. Ada beberapa verb yang bisa digunakan tanpa pronoun. Ask, Expect, Would like, Want, dan Need adalah contoh verb yang bisa digunakan dengan atau tanpa pronoun.



Baca Juga 3 Bentuk Perubahan Verb Berdasarkan Tenses


Group Verb Dalam Penggunaan Infinitve Pada Kalimat

Verb yang digunakan dalam sebuah kalimat ber-infinitive sangat menentukan bentuk dari infinitive tersebut. Sebagai contoh, ada verb yang tidak memerlukan pronoun untuk terhubung pada infinitive, dan ada juga verb yang membutuhkan pronoun untuk terhubung pada infinitive. berikut contoh-contoh verb tersebut.

Verb + infinitive 

(Grup verb yang tidak membutuhkan pronoun)


Verb

Arti nya
Hope

Berharap
Plan

Berencana
Decide

Memutuskan
Intend

Bermaksud
Promise

Berjanji
Agree

Setuju
Offer

Menawarkan
Refuse

Menolak
Seem

Terlihat
Appear

Muncul
Pretend

Berpura-pura
Ask

Meminta
Expect

Berharap
Would like

Menginginkan
Want

Mau
Need

Membutuhkan

 

Verb + pronoun + infinitive 

(Grup verb yang memerlukan pronoun)


Verb

Artinya
tell

Memberitahu
advice

Menyarankan
encourage

Menganjurkan
remind

Mengingatkan
invite

Mengundang
permit

Mengizinkan
allow

Membolehkan
warn

Memperingatkan
require

Meminta
order

Menyuruh
force

Memaksa
ask

Bertanya
Expect

Berharap
Would like

Menginginkan
Want

Mau
Need

Membutuhkan

Seperti yang terlihat di atas, ada kata-kata yang termasuk ke dalam kedua kelompok tadi. Ini menunjukan bahwa penggunaan Infinitive pada akhirnya tergantung pada sang pembicara pertama (subjek) yang menggunakan infinitive tersebut.




Kesimpulan dari Pembahasan Infinitive

  • Ada 4 bentuk Infinitive yang di gunakan di dalam sebuah kalimat.
  • Ada 2 perbedaan umum diantara verb dan infinitive
  • Ada 2 kelompok verb yang berbeda dalam hal penggunaan pronoun.



Penutup dari Pembahasan Infinitive

Infinitive memang kadang membingungkan dengan penggunaan verb. Karena sama-sama berbentuk verb, orang awam akan kesulitan membedakan hal ini. Namun satu hal yang harus di ingat bahwa, infinitive tidak bisa ditaruh setelah subjek. Subjek akan selalu di ikuti oleh verb, dan verb akan selalu di ikuti oleh infinitive.

Dengan memiliki pemahaman seperti di atas, semoga teman-teman bisa menjadi lebih mampu memahami dan menggunakan infinitive dengan benar di dalam kalimat berbahasa Inggris.


Dan ingat, belajar sedikit tapi konsisten, lebih baik dari pada belajar banyak tapi tidak rutin.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon