Friday, September 22, 2017

4 Cara Menggunakan Impersonal Pronoun Dalam Kalimat

Tags

Pengertian dan Fungsi Personal Pronoun

Impersonal Pronoun merupakan salah satu jenis pronoun yang ada dalam grammar bahasa Inggris. Pronoun ini merupakan kebalikan dari Personal Pronoun. Bila Personal pronoun menjelaskan noun dengan spesifik, maka impersonal pronoun tidak menjelaskan secara rinci siapa atau apa yang di gantikan oleh pronoun.

contoh kalimat impersonal pronoun, fungsi impersonal pronoun, pengertian impersonal pronoun, belajar grammar dengan cepat,


Dengan kata lain, Impersonal pronoun muncul dalam sebuah kalimat untuk menjadi kata ganti dari noun (orang, benda, tempat, atau hewan) dan mampu membuat kalimat tetap masuk akal dan benar secara grammar. Sebuah kalimat yang memiliki pronoun jenis ini tidak memerlukan informasi yang jelas atau spesifik tentang siapa atau hal apa yang di gantikan oleh pronoun tersebut.

Ada 4 cara menggunakan sebuah Impersonal pronoun di dalam sebuah kalimat. Kita bisa menggunakan One, You, dan They sebagai Impersonal pronoun. Bagaimana sih rule atau cara kerjanya? berikut pembahasannya.


Menggunakan Pronoun "One"

contoh kalimat impersonal pronoun, fungsi impersonal pronoun, pengertian impersonal pronoun, belajar grammar dengan cepat,

 

One biasaya digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang sedang menjadi subjek dari sebuah kalimat. One tidak digunakan sebagai pronoun untuk tempat maupun benda. Saat menggunakan One sebagai pronoun, kita tidak harus menyebutkan siapa yang sedang kita bicarakan di dalam sebuah kalimat. Berikut contohnya.



One should stay healthy in this room.

Setiap orang harus tetap sehat di ruangan ini.


Pada contoh kalimat di atas, one merupakan personal pronoun yang tidak secara jelas menyebutkan siapa yang menjadi subjek pembicaraan.



Walaupun one berarti satu, tapi bila di artikan ke dalam bahasa Indonesia, One disini berarti setiap orang yang berada di ruangan tersebut.

Karena personal pronoun merupakan pronoun yang tidak menyebutkan secara jelas siapa yang menjadi inti dari kalimat, pronoun jenis ini mengartikan "one" sebagai "setiap orang".


Menggunakan Pronoun "You"

contoh kalimat impersonal pronoun, fungsi impersonal pronoun, pengertian impersonal pronoun, belajar grammar dengan cepat,

 

Peraturan atau rule saat menggunakan "you" untuk impersonal pronoun sama persis seperti saat menggunakan "one". Hanya saya dalam penggunaan sehari-hari dalam sebuah percakapan, "you" lebih sering digunakan ketimbang "one". Ini dikarenakan "one" lebih formal di bandingkan "you". 

Pada bentuk tulisan seperti di dalam novel, koran, atau bentuk lainnya, "one" lebih sering digunakan karena lebih formal dan tulisan akan terkesan lebih profesional. Berikut contohnya.



You must stay dry.

Kalian harus tetap kering.

Pada kalimat diatas, you ditujukan pada setiap orang yang berada pada situasi kehujanan.



Pada kalimat diatas, meskipun "you" itu berarti kamu, "you" pada kalimat ini diartikan sebagai kalian.

Karena merupakan Impersonal Pronoun, "you" ini ditujukan pada setiap orang agar tidak kehujanan dan tidak secara jelas menyebutkan siapa yang harus tetap kering.



Menggunakan Pronoun "They"

contoh kalimat impersonal pronoun, fungsi impersonal pronoun, pengertian impersonal pronoun, belajar grammar dengan cepat,

 

"They" pada impersonal pronoun, digunakan biasanya pada percakapan informal, atau percakapan sehari-hari. "They" pada pronoun jenis ini bisa diartikan sebagai "beberapa orang" atau "seseorang". Berikut contoh kalimatnya.



A: Did Obed get his book?
B: No. They won’t give it easily.

A: Apa dia mendapatkan bukunya?
B: Tidak. Mereka tidak akan memberikannya dengan mudah.

Pada kalimat diatas, "They" ditujukan pada orang-orang yang mengambil buku dari Obed. Pada percakapan ini siapa yang mengambil buku Obed tidak jelas di katakan.





Menggunakan Dobel Pronoun / Pronoun Ganda

contoh kalimat impersonal pronoun, fungsi impersonal pronoun, pengertian impersonal pronoun, belajar grammar dengan cepat,

 

Pada penggunaan double pronoun, terdapat dua buah pronoun yang berada dalam satu kalimat. Pronoun pertama berfungsi sebagai subjek dan merupakan Impersonal Pronoun. 

Sedangkan pronoun kedua merupakan possessive pronoun yang menunjukan kepemilikan, dan terhubung dengan impersonal pronoun yang telah di sebutkan pada awal kalimat.

Double pronoun ini lebih tepat bila di gunakan pada sebuah percakapan formal, walaupun bisa juga digunakan pada percakapan informal. Berikut contoh kalimatnya.


One should always be one’s helper.

Seseorang harus selalu menjadi penolong orang lain.


One should always be his guardian.

Seseorang harus selalu menjadi penjaga nya.


Pada kalimat pertama diatas, terdapat 2 buah Pronoun; yaitu “one” dan “one’s”. Pada kalimat ini pronoun pertama dapat diartikan sebagai seseorang atau setiap orang, kemudian pronoun kedua dapat diartikan menjadi kepunyaan seseorang.

Pada kalimat kedua, pronoun pertama diartikan sebagai seseorang atau setiap orang. Dan pronoun kedua menunjukan pronoun untuk jenis kelamin laki-laki. Jadi pronoun pertama “One” merupakan penjaga dari “his” yang merupakan pronoun kedua.





Kesimpulan Dari Pembahasan Impersonal Pronoun

  • Impersonal Pronoun merupakan kebalikan dari Personal Pronoun. 
  • Bila Personal pronoun tidak menjelaskan noun dengan spesifik.
  • Ada 4 cara menggunakan Impersonal pronoun di dalam sebuah kalimat.
  • One, You, They, dan Double Pronoun merupakan keempat cara penggunaan Impersonal Pronoun. 
  • Pada penggunaan double pronoun, terdapat dua buah pronoun yang berada dalam satu kalimat. 
  • Pronoun pertama berfungsi sebagai subjek dan merupakan Impersonal Pronoun. Sedangkan pronoun kedua merupakan possessive pronoun yang menunjukan kepemilikan

 

Penutup Pembahasan Impersonal Pronoun

Yang perlu di ingat bahwa setiap kata yang digunakan sebagai pronoun pada suatu jenis pronoun, bisa saja merupakan pronoun pada jenis pronoun yang lain. Oleh karena itu, jangan terlalu terpaku pada satu kata pronoun.  Jadilah lebih fleksibel.
Untuk lebih tahu banyak soal jenis-jenis pronoun bisa dibaca di sini.

Nah semoga pembahasan pronoun kali ini mudah dimengerti oleh teman-teman ya. Ingat, kunci dari belajar sebuah bahasa baru adalah dengan terus menerus mengasahnya. Dan yang paling penting adalah jangan pernah takut salah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon