Friday, August 25, 2017

Materi Soal dan Pembahasan Sejarah Indonesia SMA Kelas 11

Materi Soal dan Pembahasan Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Kurikulum 2013 - Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini kami akan berbagi artikel mengenai Materi Mata pelajaran Sejarah Indonesia Untuk kelas XI Kurikulum 2013 untuk tahun pelajaran 2017 – 2018 semester genap, dimulai pada bulan Januari 2017 dan akan berakhir pada bulan Juni 2017. Nah berikut ini Pokok Pokok Materi Materi Kelas XI Sejarah Indonesia pada mapel sejarah Wajib.

Kumpulan soal Sejarah Indonesia dan Pembahasanya

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari uraian ini, diharapkan kamu dapat:
1. Melacak proses kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
2. Menganalisis keserakahan dan kekejaman kongsi dagang
3  Menganalisis kezaliman  penjajahan Belanda
4. Menyadari bahwa dominasi asing akan merampas kedaulatan dan
hak-hak kemanusiaan sebagai bangsa

ARTI PENTING

Mempelajari sejarah perkembangan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia akan memberikan penyadaran dan memberikan pelajaran dan sekaligus peringatan. Mengapa  kita  sampai  dijajah? mengapa penjajahan berlangsung sangat lama? apa ada yang salah dengan bangsa kita? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu akan memberikan pelajaran dan inspirasi bagaimana kita mengelola negara dan pemerintahan Indonesia dengan kedaulatan dan kemandirian yang utuh sebagai bangsa yang merdeka.


BAB 1 Antara Kolonialisme dan Imperialisme
  1. Latar belakang datangnya bangsa-bangsa Barat ke Indonesia: Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani (1453), adanya berbagai penemuan di bidang teknologi, semangat melanjutkan Perang Salib.
  2. Bangsa-bangsa Barat (Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris), mencari daerah baru untuk memburu rempah-rempah melalui penjelajahan samudra atau jalur laut.
  3. Dari konteks Indonesia, orang-orang Spanyol datang ke Indonesia melalui jalur timur, sedang Portugis melalui jalur barat, diikuti Belanda dan Inggris.
  4. Orang-orang Barat itu telah menemukan buruannya yakni Kepulauan Nusantara, penghasil rempah-rempah yang diibaratkan sebagai “mutiara dari timur”. Sungguh luar biasa kekayaan bumi Nusantara sebagai rahmat yang diberikan Tuhan Yang maha Pengasih. Oleh karena itu, harus disyukuri. Namun sayang waktu itu rakyat Indonesia belum bersatu padu sehingga mudah dipengaruhi dan dikuasai oleh orang-orang Barat.
  5. Yang dimaksud dunia Timur penghasil rempah-rempah itu ternyata Kepulauan Nusantara.
  6. Setelah menemukan daerah penghasil rempah-rempah, perdaganganpun meningkat. Untuk menghindari persaingan antarpedagang satu bangsa dibentuklah kongsi dagang. Misalnya Inggris membentuk EIC berpusat di India, Belanda mendirikanVOC di Indonesia.
  7. Pada awalnya VOC dipimpin oleh Dewan Tujuh Belas (de Heeren XVII) yang berkedudukan di Amsterdam, kemudian agar lebih efektif dan produktif diangkat jabatan gubernur jenderal yang berkedudukan di Hindia.
  8. VOC sebagai kongsi dagang yang ingin mencari untung sebanyak- banyaknya, kemudian semakin bernafsu untuk mengusai daerah- daerah di Nusantara dengan memerangi beberapa kerajaan yang ada.VOC akhirnya menjadi kongsi penjajah. Mulailah bercokol kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.
  9. Pada masa kejayaannya, wilayah kekuasaanVOC semakin luas.
  10. Ternyata hal ini menimbulkan masalah dalam hal manajemen pemerintahan. Pengawasan tidak dapat berjalan secara baik. Berbagai penyelewengan mulai terjadi. Pegawai atau pengurusVOC mulai hidup mewah dan berfoya-foya. Penyakit korupsi semakin merebak. Utang VOC meningkat, dan kas habis untuk membiayai perang. VOC berada pada posisi bangkrut.
  11. Tanggal 31 Desember 1799, VOC dibubarkan 
  12. Periode kekuasaan kolonialisme dan imperialisme dapat dipahami melalui dua fase: fase keserakahan atau kezaliman kongsi dagang dan fase dominasi pemerintahan kolonial Belanda.
  13. VOC yang bermula sebagai kongsi dagang untuk mencari keuntungan, kemudian berkembang menjadi kekuatan monopoli dan intervensi di bidang politik dan pemerintahan kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara.
  14. VOC akhirnya bubar karena problem manajemen, utang, dan korupsi.
  15. Pemerintahan Komisaris Jenderal yang mengawali dominasi pemerintahan kolonial Belanda mengambil kebijakan jalan tengah.
  16. Pelaksanaan Tanam Paksa di bawahVan den Bosch telah membawa penderitaan rakyat Indonesia yang berkepanjangan.
  17. Sistem usaha swasta Belanda telah berhasil mengeruk keuntungan dari bumi Indonesia, sementara rakyat tetap menderita.
  18. Seiring dengan datangnya bangsa Barat juga telah membawa pengaruh pada perkembangan agama Kristen Katolik dan Kristen Protestan di Indonesia

 

SOAL ESSAY SEJARAH INDONESIA KELAS XI


1. Pax Neerlandica adalah ....

2. Politik etis adalah ....

3. Faktor intern yang mendorong bertambah suburnya rasa dan paham kebangsaan Indonesia adalah ....

4. R.A. Kartini pelita dalam zaman kegelapan. Tuliskan satu kata yang tepat untuk sosok R.A. Kartini...

5.STOVIA adalah ....

6. Surat kabar "De Express" salah satu artikel yang terkenal berjudul ....

7. Hindia putra adalah ....

8. Salah satu artikel dari koran Insulinde yang menjadi pendorong munculnya kesadaran kebangsaan adalah ....

9. Reformasi islam memiliki makna ....

10. Dr. Wahidin Sudirohusodo adalah .... dalam organisasi Budi Utomo.


JAWABAN ESSAY 



1. Daerah-daerah kolonial yang masih terpisah disatukan dalam penerapan administrasi baru yang berpusat di Batavia
2. Suatu kebijakan yang dikeluarkan Ratu Wihelmina bagi masyarakat Hindia Belanda untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat
3. Faktor Intern yang mendorong bertambah suburnya rasa kebangsaan Indonesia :
  • Kenangan Kejayaan Masa lampau 
  • Munculnya Golongan Cendekiawan 
  • Bersatunya Negara-Negara Asia dan Afrika sejak zaman dahulu
  • Paham Nasionalis yang berkembang dalam bidang politik, sosial ekonomi dan kebudayaan.
4. Mulia Jiwanya
5. Sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di batavia pada zaman kolonial Hindia Belanda. Saat ini sekolah ini menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
6. "Als Ik Eens Nederlander was" karangan soewardi soejaningrat
7. Majalah seputar tentang hindia yang diterbitkan oleh kaum bumiputra yang ada di negeri Belanda (perhimpunan Indonesia)
8. Kisah kemenangan Jepang "negara kecil" yang menang mengalahkan Tiongkok "yang besar"
9. Gerakan untuk memperbaharui cara berpikir dengan cara hidup menurut ajaran murni 
10. Penggagas atau si prakarsa

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon