Thursday, August 24, 2017

Materi Soal dan Pembahasan Biologi Kelas X

Rangkuman Materi Soal dan Pembahasan Pelajaran Biologi kelas 10 SMA. Pada halaman ini disusun berdasarkan buku paket pelajaran Biologi untuk kelas 10 SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Biologi kelas 10 SMA secara lengkap. Rangkuman Materi Soal dan Pembahasan Pelajaran Biologi Kelas 10 SMA
 Kumpulan Soal dan Pembahasan



Rangkuman Materi Soal dan Pembahasan Pelajaran Biologi Kelas 10 SMA

Bab 1 Kerja Ilmiah
  1. Kerja ilmiah atau disebut juga penelitian yang menggunakan metode ilmiah berarti pula penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip; suatu penyelidikan yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu dan memperoleh kebenaran.
  2. Dalam kerja ilmiah atau  penelitian ilmiah terdapat unsur-unsur penting yang harus dilakukan oleh seorang peneliti, antara lain, merencanakan penelitian, melaksanakan penelitian, mengomunikasikan hasil penelitian, dan mampu bersikap ilmiah.
  3. Merencanakan penelitian  terdiri atas pekerjaan menetapkan bentuk penyelidikan, merumuskan tujuan, mengidentifikasi dan merumuskan masalah, studi kepustakaan, menyusun hipotesis, menetapkan variabel, dan pemilihan instrumen (alat) untuk memperoleh data.
  4. Dalam melaksanakan penelitian, harus diperhatikan beberapa faktor, yaitu taraf perlakuan, pengendalian faktor lain, pengulangan, dan pengukuran.
  5. Hasil penelitian dapat dikomunikasikan dalam bentuk jurnal, buku, majalah, atau seminar.
  6. Setiap peneliti harus bersikap ilmiah, yaitu mampu membedakan fakta dan opini, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan mengajukan argumentasi, mengembangkan keingintahuan; kepedulian terhadap lingkungan, berpendapat secara ilmiah dan kritis; berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggung jawab terhadap usulannya, bekerja sama, serta jujur terhadap fakta dan tekun.

Bab 2 Klasifikasi Makhluk Hidup

  1. Klasifikasi makhluk hidup adalah pengelompokan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki oleh tiap-tiap makhluk hidup.
  2. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk  memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beragam dan sangat banyak jumlahnya. Caranya adalah dengan penyederhanaan objek studi sehingga lebih mudah dalam mengetahui hubungan kekerabatan di antara makhluk hidup di dunia ini.
  3. Carolus Linnaeus mengelompokkan makhluk hidup menjadi dua kingdom, yaitu kingdom tumbuhan dan kingdom hewan. Tingkatan klasifikasi dari kelompok besar sampai kelompok kecil adalah kingdom atau dunia, filum atau divisio, kelas, ordo, suku, marga, dan spesies.
  4. Semakin banyak perbedaan ciri makhluk hidup, semakin jauh hubungan kekerabatannya dan semakin banyak persamaan ciri makhluk hidup, semakin dekat hubungan kekerabatannya.
  5. Kunci determinasi adalah daftar yang memuat sejumlah keterangan dari suatu makhluk hidup yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan kelompok makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.
  6. Kunci dikotomi merupakan kunci determinasi sederhana yang sering digunakan dalam klasifikasi makhluk hidup.  Dalam kunci dikotomi tersebut terdapat daftar yang tersusun secara berpasangan yang menunjukkan ciri yang berlawanan.
  7. Pemberian nama makhluk hidup diatur dengan tata aturan tertentu yang berlaku secara internasional. Pemberian nama ini diatur dengan Kode Internasional Tata Nama Hewan dan Tumbuhan dengan menggunakan sistem tata nama dua kata (binomial nomenklatur).

Bab 3 Virus

        Ciri-ciri yang dimiliki virus:
  • dalam tubuh virus terkandung salah satu asam nukleat, DNA atau RNA saja;
  • hanya diperlukan asam nukleat dalam proses reproduksinya;
  • virus tidak memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri di luar sel-sel hidup sehingga dikatakan bahwa virus bukanlah makhluk hidup yang mandiri, melainkan makhluk hidup yang memanfaatkan sel-sel hidup untuk memperbanyak diri;
  • multiplikasi terjadi pada sel-sel hospes;
  • dapat dikristalkan (sebagai benda tak hidup) dan dapat dicairkan kembali.
  • Virus dapat berbentuk seperti batang, oval, bulat, dan huruf T.
  • Ukuran virus sangat kecil sekitar 20 – 300 milimikron.
  • Virus berbeda dengan sel karena tidak memiliki membran sel, sitoplasma, organel sel, dan sistem metabolisme tubuh.
  • Cara hidup virus adalah sebagai parasit di dalam sel inang dengan cara menginfeksi sel tumbuhan, hewan, manusia, dan bakteri.
  • Virus tumbuh-tumbuhan, antara lain, virus kentang dan virus mosaik tembakau.
  • Virus bakteri, antara lain, bakteriofag.
  • Virus patogen untuk hewan, antara lain, virus rabies, virus sampar ayam, dan virus penyakit kuku ternak.
  • Virus yang menyerang manusia, antara lain, virus cacar air, influenza, mata belek, ebola, polio, hepatitis, demam berdarah, flu burung, HIV AIDS, dan kanker.
  • Replikasi virus terjadi di dalam sel inang, dapat melalui siklus litik atau siklus lisogenik.
  • Siklus litik melalui lima tahapan, yaitu tahap adsorpsi, injeksi, sistesis, perakitan, dan litik.
  • Siklus lisogenik melalui tujuh tahapan, yaitu tahap adsorpsi, injeksi, penggabungan, pembelahan, sistesis, perakitan, dan litik.
  • Peran virus bagi manusia ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan.
  • Virus yang menguntungkan dapat dimanfaatkan untuk membuat antibodi, melemahkan bakteri, dan memproduksi vaksin.
  • Virus yang merugikan dapat menyebabkan manusia, hewan, dan tumbuhan terserang penyakit.
  • Belum ditemukan obat untuk penyakit yang disebabkan oleh virus. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara tidak berinteraksi langsung dengan penderita dan pemberian vaksin dan imunisasi untuk memperoleh kekebalan.
Baca Juga :
Soal dan Pembahasan Fisika kelas X 
Soal dan Pembahasan Kimia kelas X 
Soal dan Pembahasan Matematika kelas X 

Soal dan Pembahasan Niologi Kelas X UTS Semester Genap 
1. Tumbuhan lumut hati (Marchantia polymorpha) jika dilihat dari metagenesisnya tergolong dalam fase
a. Gametofit
b. Sporofit
c. Parasit
d. Epifit
e. Saprofit
Jawaban: a. Gametofit
2.    Pasangan organisme berikut ini salah satu organisme memiliki jaringan pembuluh, sedangkan organisme yang lain tidak adalah …..
a.    Alga dan Fungi
b.    Lumut dan paku
c.    Cyanobacteria dan alga
d.    Gymnospermae dan Angiospermae
Jawaban: b. Lumut dan paku
3.    Berikut ini adalah ciri-ciri tumbuhan.
1)    Mempunyai sorus
2)    Gametofit lebih dominan
3)    Mempunyai protonema
4)    Mempunyai tulang daun sejajar
5)    Tingkat sporofit lebih dominan dalam hidupnya
6)    Mempunyai protalium
Ciri-ciri tumbuhan paku adalah nomor …..
a.    1), 2), dan 3)
b.     1), 5), dan 6)
c.    2), 3), dan 4)
d.    3), 4), dan 5)
e.    4), 5), dan 6)
Jawaban : a. 1),2), dan 3)
4.    Tomat dan tembakau di kelompokan dalam satu familiakarena kedua nya memiliki persamaan …..
a.    Bunga nya berbentuk seperti terompet
b.    Buah polongan
c.    Daun nya bertulang melengkung
d.    Daun nya berupa majemuk ganda
e.    Memiliki bunga berbentuk kupu-kupu
Jawaban : c. daun nya bertulang melengkung

5.    Perhatikan cirri-ciri tumbuhan berikut!
1)    Memiliki system perakaran tunggang.
2)    Batang berkayu.
3)    Organ reproduksi berbentuk kerucut.
4)    Tumbuhan berbentuk pohon atau semak.
5)    Biji tidak dibungkus oleh bakal buah.
Tumbuhan yang memiliki cirri-ciri di atas adalah …
a.    Tumbuhan berbiji terbuka
b.    Tumbuhan berbiji tertutup
c.    Tumbuhan berkeping satu
d.    berkeping dua
e.    Tumbuhan dikotil
Jawaban:a. tumbuhan berbiji terbuka
6.    Tumbuhan berikut termasuk kelompok Cormophyta .
  1. Kelapa (cocos nucifera)
  2. Nanas (Ananas sativerus)
  3. Pisang (Musa paradisica)
  4. Jahe (jingiber officinale)
  5. Rumput teki (Cyperus rotundus)
Persamaan ciri-ciri yang di miliki oleh kelima tumbuhan di atas adalah  …..
a.    Tulang daun nya sejajar atau melengkung
b.    Akar dan batang nya ber cambium
c.    Tulang daun nya menyirip atau menjari
d.     Daun-daun nya kaku
e.    Tidak mempunyai bunga
Jawaban: a. tulang daun nya sejajar atau melengkung.
7.    Endospermae adalah cadangan makanan bagi embrio dalam masa awal pertumbuhannya. Endospermae berasal dari hasil peleburan antara …..
a.    Sperma yang haploid dengan ovum yang haploid
b.    Inti sperma 1 haploid dengan inti kandungan lembaga sekunder
c.    Inti sperma 1 diploid dengan inti kandungan lembaga sekunder
d.    Inti sperma 2 haploid dengan inti kandungan lembaga sekunder
e.    Inti sperma 2 diploid dengan kandungan lembaga sekunder
Jawaban: d. inti sperma 2 haploid dengan inti kandungan kandungan lembaga sekunder.

8.    Hewan yang mengalami metagenesis dari polip ke medusa atau sebaliknya, yaitu …..
a.    Hydra dan Obelia
b.    Obelia dan Aurelia
c.    Leptoria dan Obelia
d.    Aurelia dan Tubifora
e.    Acrodora dan Leptoria
Jawaban : e. Acrodora dan Leptoria
9.    Seorang siswa menemukan hewan dengan bentuk tubuh pipih memanjang dan bergaris-garis membujur, habitat ditanah, panjang sekitar 6cm. kemungkinan hewan tersebut digolongkan kedalam …..
a.    Cacing tanah
b.    Nematoda
c.    Tubellaria
d.    Larva serangga
e.    Larva Crustacea
Jawaban: c. Tubellaria
10.    Faciola Hepatica adalah cacing dari kelompok Trematoda yang bersifat parasit pada hewan ternak. Telur yang fertil dari cacing tersebut akan membentuk larva bersilia yang disebut mirasidium. Mirasidium akan bergerak menuju …..
a.    Tubuh siput
b.    Tubuh domba
c.    Rumput sekitar
d.    Saluran empedu
e.    Saluran usus
Jawaban: a. Tubuh siput
11.    Anggota Annelida yang dilengkapi parapodia adalah …..
a.    Pheretima sp.
b.    Tubifex sp.
c.    Eunice viridis
d.    Neopilina sp.
e.    Hirudo medicinalis
Jawaban: c. Eunice viridis
12.    Serangga bersayap dua, tipe mulut penghisap, metamorposis sempurna, dan menjadi vektor demam berdarah, termasuk ordo …..
a.    Hemiptera
b.    Homoptera
c.    Neuropteran
d.    Siphonoptera
e.    Diptera
Jawaban: e. diptera

13.    Nautilus sp.merupakan salah satu pengecualian daaaari kelas Cephalopoda karena….
a.    memiliki daya regenerasi tinggi
b.    tidak mempunyai tentakel
c.    mempunyai kantong tinta
d.    mempunyai cangkang luar
e.    cangkang terdapat didalam tubuh
jawaban: d. mempunyai cangkang luar
14.    Tubuh Echinodermata ini tidak memiliki lengan dan bentuk bulat (oval). Oleh karna itu,hewan ini dikelompokkan dalam kelas…..
a.    Asteroid
b.    Echinoidea
c.    Holothuroidea
d.    Ophiuroidea
e.    Crinoidea
Jawaban: c. holothuroidea
15.    hewan vertebrata memiliki ciri khusus jiks dibandingkan hewan chordate lainnya, yang merupakan cirri dari hewan vertebrata adalah memiliki…
a.    chorda dorsalis mulai dari fase embrio hingga dewasa.
b.    Celah insang hanya pada fase larva
c.    Celah insang dari embrio  hingga dewasa
d.    Alat gerak berupa dua pasang kaki
e.    Tulang belakang mulai fase embrio hingga dewasa
Jawaban: e. tulang belakang mulai fase embrio hingga dewasa.

Artikel Terkait

1 comments so far

Bisa jadi referensi untuk berlatih soal matematika lebih banyak. terimakasih .


EmoticonEmoticon