Pengertian dan Rumus Elastisitas

Kali ini saya akan membahas pengertian Elastisitas, definisi Elastisitas, apa itu Elastisitas?, Elastisitas adalah..., rumus elastisitas.

Pengertian Elastisitas

Elastisitas ialah kemampuan dari benda padat untuk kembali ke bentuk semula segera setelah gaya luar yang bekerja padanya hilang atau pun dihilangkan. Deformasi atau perubahan bentuk pada benda padat elastis mengikuti aturan yang dikemukakan oleh Robert Hooke yang kemudian dikenal dengan Hukum HookeElastisitas sempurna hanya merupakan perkiraan dari yang sebenarnya dan beberapa bahan tetap murni elastis bahkan setelah deformasi yang sangat kecil. 

Dalam rekayasa, jumlah elastisitas dalam suatu material ditentukan juga oleh dua jenis parameter material. Jenis pertama parameter material disebut modulus yang mengukur jumlah gaya per satuan luas yang diperlukan untuk mencapai sejumlah deformasi tertentu. Satuan modulus adalah pascal (Pa) atau pon gaya per inci persegi (psi, juga lbf/in 2). Modulus yang lebih tinggi biasanya menunjukkan bahwa bahan tersebut sulit untuk mengalami deformasi. Tipe kedua parameter mengukur batas elastis. Batas dapat menjadi stres luar di mana materi tidak lagi elastis atau deformasi luar di mana elastisitas hilang.

Rumus-rumus Elastisitas

1. Tegangan

Tegangan adalah besarnya gaya yang bekerja pada permukaan benda persatuan luas. Tegangan dalam elastisitas dirumuskan:


α = Tegangan (N/m^2)
F = Gaya yang diberikan (N)
A = Luas penampang (m^2)



2.Regangan/Strain
Perbandingan antara pertambahan panjang benda (∆l) terhadap panjang mula-mula (l). Regangan dalam elastisitas adalah pertambahan panjang yang terjadi pada suatu benda karena pengaruh gaya luar per panjang mula-mula benda tersebut sebelum gaya luar bekerja padanya. Regangan dirumuskan:

e = Regangan
l = Pertambahan panjang/selisih panjang 
l = Panjang mula-mula


Rumus elastisitas Regangan


3. Modulus Elastis (Modulus Young)
Definisi dari modulus young adalah perbandingan antara tegangan dengan regangan. Di rumuskan :


Rumus elastisitas modulus young

E = Modulus Young (N/m^2)
α = Tegangan (N/m^2)
F = Gaya yang diberikan (N)
A = Luas penampang (m^2)e = Regangan
l = Pertambahan panjang/selisih panjang 
l = Panjang mula-mula








0 Response to "Pengertian dan Rumus Elastisitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel