Thursday, June 1, 2017

RPP Matematika kelas VIII model Jigsaw

Tags

RPP Matematika kelas VIII model Jigsaw

RPP Matematika kelas VIII model Jigsaw


Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah seperangkat skenario  yang di buat oleh guru yang berisi langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi tertentu.  Penyusunan RPP  mata pelajaran matematika harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, pemilihan model yang tepat yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan akan sangat membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. Pembelajaran jigsaw adalah salah satu model yang menekankan pembelajaran berbasis kelompok yang bersifat kooperatif. penyusunan RPP model jigsaw harus mengedepankan langkah langkah pokok model pembelajaran jigsaw. Bapak ibu ada yang sedang membuat PTK model Jigsaw berikut saya bagikan RPP matematika untuk kelas VIII SMP materi Bangun Ruang Sisi datar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Siklus 2

                 
                                             Nama Sekolah          :     SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi   : 5.    Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar               : 5.3. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas.
Indikator                     :        menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
Alokasi Waktu            : 5 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
-      Siklus  kedua
               Peserta didik dapat menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.      Materi Ajar
              
         Bangun ruang sisi datar  
         Menemukan dan menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.

C.     Metode Pembelajaran
         Metode : ceramah , tanya jawab
         Model : Pembelajarankooperatif model Jigsaw

D.     Langkah-langkah Kegiatan.

Ø   Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan :
1.   Guru meminta siswa berdoa dan mengucapkan salam
2.   guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3.   guru menyampaikan apersepsi materi
4.   memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi yang akan disajikan.
5.   Guru menjelaskan prosedur pembelajaran yang akan dilaksanakan


10 menit
2.
Kegiatan Inti  :
1.       Siswa dibagi 6 kelompok yang heterogen.
2.      Masing masing kelompok asal  diberi tugas berupa 4 permasalahan matematika, masing-masing anggota kelompok asal  mendapat satu materi, yaitu materi volume kubus,volume balok, volume prisma,  volume  limas.. Anggota kelompok yang mendapatkan materi volume kubus disebut ahli kubus, anggota kelompok yang mendapat materi volume balok disebut ahli balok, anggota kelompok yang mendapatkan materi volume prisma  disebut ahli prisma, anggota kelompok yang mendapatkan materi volume limas segi disebut ahli limas.
3.      Kemudian masing-masing ahli kubus berkumpul menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli kubus. Masing-masing ahli balok berkumpul menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli balok. Masing masing ahli prisma berkumpul menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli prisma, masing-masing ahli limas berkumpul menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli limas.
4.      masing masing kelompok ahli yang beranggotakan 6 siswa mendiskusikan materi masing masing.
5.      Masing-masing  siswa dari kelompok  ahli kembali  ke kelompok  asalnya untuk menjelaskan kepada teman di kelompok asalnya tentang materi yang didiskusikan ketika di kelompok ahli.
6.      Masing-masing  kelompok  mempresentasikan  hasil  kerja  dari kelompoknya, dan ditanggapi oleh kelompok yang lain.
7.      Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan.
8.      Penguatan dan kesimpulan secara bersama-sama.


  100 menit

3.
Penutup
1.      Siswa dibantu guru melakukan refleksi pembelajaran
2.      Siswa diberikan angket motivasi siswa untuk diisi
3.      Siswa  membuat  rangkuman  subbab  yang  telah  dipelajari,  dan  siswa diberikan pekerjaan rumah.

10 menit
    


   Pertemuan ke 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan :
a.       Guru member salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar.
b.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi ini.
c.       Guru meminta siswa untuk persiapan mengikuti evaluasi.


10 menit
2.
Kegiatan Inti  :
1.      Guru melakukan evaluasi proses terhadap kegiatan siswa tentang  menghitung luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
2.      Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.


60 menit

3.
Penutup
1.      Siswa dan guru melakukan refleksi tentang hasil evaluasi.
2.      Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hasil evaluasi apabila masih memperoleh nilai di bawah KKM akan diadakan remidi).

10 menit



E.      Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2.
-        Lembar Kerja Siswa
Alat :
-                Peraga bangun ruang


               F.      Penilaian Hasil Belajar .                      
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.

Tes tertulis
Daftar pertanyaan
Uraian

·   Iwan      membuat      penampungan      air berbentuk kubus dengan ukuran rusuk 0,5 m. tentukan Volume panampungan air Iwan !
·   Ukuran sebuah batu bata adalah 10 cm  12 cm  25 cm. Berapa banyak batu bata yang akan dibutuhkan untuk membuat sebuah dinding dengan tinggi 1,75 m, tebal 12 cm, dan panjang 60 m ? (abaikan ketebalan semen).
·   Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka tentukan volume limas
·   Ala prism berbentuk   bela ketupat dengan panjang diagonal 18 cm dan 24 cm. Bila tinggi prism 20 cm, tentukan volume prisma!


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Marko, S.Pd
NIP. 19630716 1984051 001

 Karangrayung  13 Februari 2017
Guru Mapel Matematika.



Eko Suseno, S.Pd
NIP 19850113 200902 1 003

   
RPP matematika untuk kelas VIII SMP materi Bangun Ruang Sisi datar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon