Saturday, May 20, 2017

TUTORIAL PEMBUATAN PROPOSAL PENELITIAN PTK BAB 1

Tags

RUMAH CERIA MATEMATIKA BERBAGI TUTORIAL PEMBUATAN PROPOSA; PENELITIAN PTK BAB 1
PROPOSAL PENELITIAN PTK BAB 1

Langkah awal dalam perencanaan pembuatan PTK  (Penelitian Tindakan Kelas) adalah pembuatan proposal PTK. Hal-hal yang harus dicantumkan dalam BAB 1 Pendahuluan proposal adalah sebagai berikut.
perhatikan Draft berikut
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A.       Judul
Peningkatan.... melalui....di Kelas...

Alternatif lain
Upaya Meningkatankan... melalui.... di Kelas
Optimalisasi Penggunaan... untuk Meningkatkan....

B. Latar Belakang

   Paragraf 1
 (kutipkan regulasi)
 
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi disebutkan bahwa pembelajaran ....
Alternatif lain
            Dalam ... disebutkan bahwa....
            Sebagaimana tertuang dalam... bahwa .....
            Pada.... dikatakan bahwa....
Contoh

     Paragraf 2 
   (tulis KD/SK yang
    menjadi fokus
    dan kemanfaatan 
    KD tersebut 
    dalam maple/
    kehidupan)
 
Menulis puisi adalah salah satu kompetensi dasar yang membekali siswa agar mencapai tujuan tersebut. Selain sebagai sarana untuk membantu siswa mengomunikasikan gagasan dan perasaansecara tertulis, menulis puisi juga berfungsi sebagai sarana meningkatkan keterampilan menulis sastra. Sebagai bentuk tulisan sastra tentunya puisi yang ditulis siswa diharapkan memenuhi nilai-nilai kesastraan. 
Contoh lain
Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai dalam mata pelajaran PKn adalah menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kompetensi dasar ini membekali siswa agar….

                         
            Namun  kenyataan  yang  diperoleh  dari hasil belajar  siswa  mata pelajaran ......... di SMP............. pada kelas ......... materi ............. hasilnya masih jauh dari harapan.  Ada .... siswa dari ...... siswa belum tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ......
            Berdasarkan kondisi tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar mapel...khusunya materi......... kurang optimal. Hal ini disebabkan siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran, masih merasa kesulitan menerima penjelasan dari guru, tidak berani bertanya, kurang bergairah mempelajari materi pelajaran, kurang termotivasi belajarnya, pembelajaran dikelas kurang efektif, merasakan bahwa pelajaran yang diikutinya kurang menyenangkan, selama di rumah kurang tekun belajarnya, merasa kurang adanya perhatian dari guru, kurang kerja sama antarsiswa dalam diskusi kelompoknya, kurang memiliki kepercayaan pada diri sendiri, kurang bersemangat dalam komunikasi ilmiah yang bebas dan terarah, kurang berkembang kreativitas belajarnya, dan kurang sekali membaca buku-buku yang berhubungan dengan mata pelajaran yang harus dipelajarinya.
          Kurang optimalnya hasil belajar ini juga disebabkan oleh kekurangtepan guru dalam menggunakan metode/model/teknik pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan cenderung bersifat memompakan informasi kepada siswa, belum bisa memotivasi atau merangsang siswa menjadi lebih antusias mengikuti pelajaran, mudah menerima penjelasan guru, berani bertanya, bergairah mempelajari materi pelajaran, pembelajaran yang diikuti efektif dan menyenangkan, tekun belajar di rumah, dan diperhatikan oleh guru. Juga terwujudnya kerja sama yang baik antarsiswa melalui diskusi atau kerja kelompok sehingga siswa memiliki kepercayaan pada diri sendiri, lebih bersemangat dalam komunikasi ilmiah yang bebas dan terarah.
          Berdasarkan data tersebut di atas tentunya perlu dilakukan untuk memperbaiki kondisi yang memprihatinkan tersebut. Jika tidak diatasi, tentu akan membawa berbagai dampak. Selain pembelajaran tidak tuntas, proses pembelajaannya juga tidak efektif dan dampak terbesarnya adalah tujuan pendidikan tidak tercapai.
            Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti akan menerapkan.................Metodel/model pembelajaran ini diharapkan mampu menggairahkan pembelajaran, memudahkan siswa menyerap informasi sehingga hasil belajarnya menjadi lebih baik.
         

B. Perumusan Masalah

   Paragraf 10 
   (rumuskan 
    permasalahan 
    dengan kalimat 
    pertanyaan yang 
   dapat terukur)
 
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah tersebut, permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut.
1.      Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam .... dengan ....?
2.      Seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dalam .... dengan ....?
3.      Bagaimana perubahan tingkah laku (minat) siswa dalam pembelajaran .... ?

 D. Tujuan Penelitian

   Paragraf 11
    (tulislah tujuan 
    sesuai dengan
     rumusan masalah)
 
Sesuai dengan latar belakang, identifikasi masalah dan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap hal-hal sebagai berikut.
1.      Mengetahui tingkat keefektifan penggunaan teknik/model pembelajaran .... dalam meningkatkan kemampuan ....
2.      Mengetahui besarnya peningkatan kemampuan siswa dalam .... dengan teknik/model ....
3.      Mengetahui perubahan tingkah laku (minat) siswa pada pembelajaran kompetensi .... dengan ....
  E. Manfaat Penelitian

   Paragraf 12 
   (tulislah pihak yang
    akan mendapatkan 
    manfaat)
 
            Penelitian ini dapat memberikan manfaat:
1.      Bagi Siswa, untuk meningkatkan kemampuan .... dan meningkatkan motivasi belajar.
2.      Bagi Guru, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rancangan pembelajaran, melaksanakan proses belajar mengajar yang lebih inovatif dan mengevaluasi proses pembelajaran agar memperoleh hasil yang diharapkan.
3.      Bagi penyelenggara pendidikan/praktisi pendidikan, temuan ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian.
4.      Bagi masyarakat, dapat menambah wawasan pengetahuan tentang perkembangan dunia pendidikan saat ini.

Untuk contoh riil nya bisa didownload di sini






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon