Tuesday, May 9, 2017

Penjelasan, Soal, dan Contoh Kalimat Simple Past Tense Kelas 8 SMP

Penjelasan, Soal, dan Contoh Kalimat Simple Past Tense Kelas 8 SMP
Penjelasan, Soal, dan Contoh Kalimat Simple Past Tense Kelas 8 SMP - Pernahkah kalian mendengar kalimat dalam bahasa inggris yang berakhiran -ed di belakangnya? Jika kalian pernah mendengar maupun membacanya berarti sedikitnya kalian sudah pernah mendengar mengenai simple past tense. Simple Past Tense adalah salah satu dari 16 tenses yang menunjukkan sebuah aktivitas yang sudah terjadi di masa lalu. lalu apa bedanya simple past tense dengan simple present tense? silahkan simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Definisi Simple Past Tense
Simple past tense adalah sebuah pola atau aturan kalimat yang menunjukkan sebuah aktifitas yang terjadi di masa lalu atau di waktu lampau. Jika sulit mengingatnya kita ingat saja bahwa kata 'past' itu sendiri adalah lampau atau lalu, berarti kejadian yang sedang diceritakan adalah kejadian yang telah terjadi. Lalu apa bedanya simple past tense dengan simple present tense? Jika simple past tense menerangkan kejadian di masa lalu, maka simple present tense menceritakan kejadian di masa kini. Nah, dengan begini kalian sudah tidak bingung lagi kan?

Rumus Simple Past Tense
Simple Past Tense menggunakan verb 2 sebagai kata kerjanya. Maka rumusnya adalah: S + Verb 2. Simple Past Tense ini sangatlah sederhana karena hanya ingin menjelaskan saja kejadian atau aktivitas yang terjadi di masa lalu. Untuk kalimat nominal Simple Past Tense, 'to be' harus diubah menjadi verb-2 yakni menjadi was / were. Simple Past Tense menggunakan keterangan waktu yang menunjukkan kejadian tersebut terjadi di masa lalu dengan adanya kata yesterday (kemarin), last week (minggu lalu), last night (kemarin malam), last friday (jumat lalu), a year ago (setahun yang lalu), dan lain lain. Berikut ini adalah rumus dari Simple Past Tense.
Note:
Jika kalian bertanya tanya kenapa pada bagian negative dan interogative, Verb-nya memakai Verb 1, bukan Verb 2? Itu karena Verb 2 nya sudah diwakili oleh kata DID, jadi Verb-nya kembali bentuk awal ke Verb 1.

Fungsi Simple Past Tense

  • Simple Past Tense berfungsi untuk menunjukkan aktifitas yang terjadi di masa lalu. Contoh: I ate the pudding on the fridge last night.
  • Simple Past Tense digunakan dalam conditional sentence type 2. Contoh : I would go with you to the date  if my mom wasn't sick.
  • Simple Past Tense digunakan ketika ada kejadian yang terjadi bersamaan di masa lalu. Contoh : I was listening to my sister when she played the violin
  • Simple Past Tense juga berfungsi untuk menunjukkan aktivitas di masa lalu setelah aktivitas yang lainnya selesai dilakukan atau kejadian yang bersifat kronologis. Contoh : She had finished her lunch before the bell rang
Contoh Kalimat Simple Past Tense
  • Tom arrived here five days ago (Tom sampai disini lima hari yang lalu)
  • Last november, I met my parents for the first time in my life (November lalu, aku bertemu dengan orang tuaku untuk pertama kalinya dalam hidupku)
  • I have a new pen, I bought it yesterday (aku punya pulpen baru, aku membelinya kemarin)
  • I failed to call you last night. The line was very busy (aku gagal meneleponmu semalam, jaringannya sibuk sekali)
  • My sister ate all the pudding on the fridge last night (Saudara perempuanku memakan semua puding yang ada di dalam kulkas malam tadi)
  • I didn't take the scholarship to go abroad because i have no money to stay there (Aku tidak mengambil beasiswa ke luar negeri karena aku tidak punya uang untuk diam disana)
  • I was so sleepy when i came to the office (Aku sangat mengantuk ketika aku datang ke kantor)
  • The weather was so good to play sand on the beach yesterday (Cuacanya sangat bagus untuk bermain pasir di pantai kemarin)
  • My boyfriend didn't see me when i was sick. (Pacarku tidak menjengukku ketika aku sakit)
  • I didn't hear my phone ringing, so i don't know there was a meeting. (Aku tidak mendengar ponselku berdering, jadi aku tidak tahu tadi ada pertemuan)
Silahkan download soal exercise Bahasa Inggris tentang simple past tense pada link di bawah ini untuk membantu latihan pembelajaran bahasa inggris kalian.


Baiklah, Cukup sekian penjelasan, soal, dan contoh kalimat simple past tense untuk kelas 8 kali ini. Silahkan share untuk memberi manfaat juga untuk orang lain. Jangan lupa berikan komentar kepada kami agar kami lebih semangat lagi menulis konten yang lebih baik. Thank you for reading and have a nice day!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon