Monday, April 10, 2017

Penemuan-Penemuan Albert Einstein

Tags

Penemuan-Penemuan Albert Einstein

Penemuan-Penemuan Albert Einstein - Tak mengherankan Einstein menjadi bintang dunia 2005. Soalnya, tahun ini genap 100 tahun umur empat makalah yang dibuatnya dalam usia 26 tahun, yang disebut-sebut oleh komunitas fisika sebagai tahun keajaiban ( annus mirabilis) Einstein. Empat makalah itu dikirim Einstein ke jurnal fisika yang prestisius Annalen der Physik.


Salah satu makalahnya itu tetap didiskusikan oleh kalangan ilmuwan sampai kini, yakni On the Electrodynamics of Moving Bodies atau lebih akrab disebut Teori Relativitas Khusus. Makalah itu dikirim Einstein pada 30 Juni 1955 dan dipublikasikan oleh Annalen der Physik pada Septembernya. Melalui teori itu, Einstein mengatakan kepada dunia apa yang dipikirkan orang tentang bagaimana jagat raya bekerja selama itu sepenuhnya salah. 

Einstein menggantikan hukum-hukum yang diciptakan Isaac Newton dan Galileo Galilei dengan teorinya bahwa ruang dan waktu benar-benar berelasi. Secara sederhana, menurut Einstein, pertanyaan di mana tak hanya harus dijawab dengan dimensi ruang (space), tapi juga dimensi waktu (time). Jadi untuk tahu di mana kita, harus diketahui juga waktu kapan itu terjadi. Itulah sebabnya, menurut Einstein, ruang dan waktu tidak absolut melainkan relatif. Artinya, ruang dan waktu berbeda untuk tiap orang. 

Bagaimana seseorang mengalami kejadian dalam ruang dan waktu tergantung oleh dua hal: di mana orang tersebut mengamatinya dan seberapa cepat ia bergerak bila dibandingkan dengan kecepatan cahaya. Einstein tahu apa yang ia buat itu sangat penting. Dalam suratnya kepada Mileva Maric (kemudian menjadi istrinya) pada 1901, artikelnya itu ia janjikan bakal menjadi sebuah "capital paper". Ramalan Einstein sedikit meleset, artikel itu membuat dunia fisika bereaksi kuat. Namun, Teori Relativitas Khusus itu tak menghantar Einstein meraih Hadiah Nobel. Ia malah mendapatkan Hadiah Nobelnya pada 1921 untuk makalahnya yang lain dari empat masterpiece-nya itu, yakni tentang Efek Fotoelektrik (On a Heuristic Point of View Concerning the Production and Transformation of Light). 

Makalah itu diselesaikannya pada 17 Maret 1905 dan dikirim ke jurnal. Menurut pengamatan Einstein, ketika sinar disorotkan pada sepotong logam, terjadi arus-arus listrik kecil pada logam tersebut. Sinar itu memberikan energinya kepada elektron-elektron di dalam atom-atom dari logam dan memungkinkan elektron-elektron itu bergerak di sekitarnya menghasilkan arus listrik. Dalam penyelidikannya, Einstein menyimpulkan bahwa sinar tak hanya sebagai sebuah partikel dan juga tak hanya sebagai sebuah gelombang. Sinar dapat menjadi salah satunya, tergantung dari bagaimana ia diukur. Keberhasilan Einstein menjadi Nobelis merupakan jalan panjang. Ia telah dinominasikan hampir setiap tahun dalam periode 1910-1922, tapi panitia Hadiah Nobel terus berdebat untuk teori yang mana Einstein layak menerima Nobelnya. 

Einstein menerima medali dan uang sebesar 121.592 kronor (sekitar Rp 304 juta saat ini). Ia itu diserahkan Einstein semuanya kepada Mileva sebagai bagian dari kesepakatan perceraian. Tanggal 18 April pada 1955, Albert Einstein wafat, dalam tidurnya di rumah sakit di Princeton, New Jersey, Amerika. Ia meninggalkan satu pekerjaan yang tak terselesaikan. Sebuah cita-cita menggabungkan empat jenis interaksi: gravitasi, elektromagnetik, kuat, dan lemah menjadi sebuah teori terpadu yang disebut Teori Medan Terpadu. Namun, Einstein tetap menjadi inspirasi. Seperti juga tujuan dari menjadikan 2005 sebagai Tahun Einstein, yakni membuat orang muda antusias terhadap fisika.

Kebanyakan orang berpikir bahwa Albert Einstein mendapat Nobel terkenal itu bekerja pada teori relativitas. Tapi dia benar-benar mendapat penghargaan untuk penemuan hukum efek listrik foto.

Penemuan Einstein

Einstein mendapat Nobel untuk fisika pada tahun 1921. Efek foto listrik adalah sebuah fenomena di mana logam memancarkan elektron dari permukaan mereka ketika cahaya bersinar atas mereka. Einstein menjelaskan fenomena ini sebagai berikut :
  • Cahaya terdiri dari partikel kecil yang disebut foton. Mereka membawa energi sebanding dengan frekuensi cahaya.
  • Ketika cahaya bersinar pada logam, elektron menyerap energi dari foton dan mereka ditolak karena perbedaan energi. Hal ini menyebabkan aliran elektron.
Penemuan Einstein yang dipimpin untuk memahami bahwa cahaya berperilaku baik sebagai partikel dan gelombang.

Aplikasi
Penemuan efek foto listrik menyebabkan sel pembangunan surya, sekarang berguna sebagai alternatif sumber energi bagi kita. Demikian pula dioda foto adalah aplikasi lain, yang menemukan penggunaan yang luas dalam deteksi cahaya di bidang serat optik, telekomunikasi dan bidang lainnya.

Dunia tahun fisika
1905 mewakili tahun yang sangat penting dalam fisika dengan empat publikasi terobosan oleh Albert Einstein selama tahun itu.

Keempat publikasi adalah:
1) Tentang efek foto listrik
2) Gerak Brown
3) Teori relativitas khusus
4) Massa terkenal dan persamaan energi E = mc2

Publikasi ini terutama teori relativitas khusus benar-benar mengubah jalannya fisika selama tahun kemudian. Massa dan persamaan energi memimpin untuk pengembangan bom atom serta tenaga nuklir konstruktif. Menyoroti pentingnya tahun 1905 sebagai tonggak penting dalam Fisika, tahun 2005 adalah diakui sebagai tahun dunia fisika pada kesempatan peringatan 100 tahun publikasi Einstein.

Kemudian pada tahun
Dalam tahun kemudian, Einstein juga menambahkan “teori relativitas umum ‘publikasi lain dan bekerja pada bidang teori bersatu nya. Teori relativitas umum tidak diterima oleh banyak pada saat ia diterbitkan pada tahun 1915. Konsep dan perhitungan di balik teori ini cukup kompleks dan tidak dipahami oleh banyak orang. Dia menyarankan bahwa perhitungan nya dapat diverifikasi selama gerhana matahari. Setelah beberapa tahun, selama gerhana, pengamatan tercatat yang terbukti teorinya benar. Hal ini membuatnya bahkan lebih terkenal.

Persamaan energi massa Einstein digunakan untuk mengembangkan bom atom. Einstein tidak terlibat dalam pembuatan bom. Dia berbicara menentang perang dan terus menggunakan teknologi untuk perdamaian sampai kematiannya pada tahun 1955.

Sumber : https://slowbutsure2nd.wordpress.com dan http://sainseinstein.blogspot.co.id

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon