Penjelasan Lengkap Part of Speech dengan Contoh Kalimatnya

Penjelasan Lengkap Part of Speech dengan Contoh Kalimatnya
Hello everyone, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang materi Part of Speech. Kalian yang selama ini mungkin hanya menggunakan bahasa inggris begitu saja dan tidak tahu bahwa sebuah kalimat dalam bahasa inggris itu terdapat bagian-bagiannya yang disebut dengan Part of Speech. Hal ini juga penting dipelajari bagi yang baru belajar bahasa inggris karena kita perlu memahami bagian-bagian kalimat yang membentuk kalimat tersebut secara utuh dan benar.

Jadi Apa itu Part of Speech?
Di dalam grammar, bagian-bagian yang membentuk sebuah kalimat dalam bahasa inggris disebut part of speech. Ada 8 bagian dalam Part of Speech yaitu noun, verb, adjective, adverb, pronoun, preposition, conjunction, dan Interjection.

Bagian-Bagian Part of Speech
  1. Noun adalah kata yang berfungsi untuk menamai suatu objek seperti orang, benda, binatang, tempat, dan hal lainnya. Contohnya seperti cat, doctor, school, Bandung, pencil, bed, sugar, hair, dan lain lain.
    Contoh kalimat:
    - I buy a new computer today (aku membeli komputer baru hari ini)
    - Your hair is so beautiful, do you go to saloon for treatment? (rambutmu cantik sekali, apakah kamu pergi ke salon untuk perawatan?)
  2. Verb (Kata Kerja)
    Verb adalah kata yang menunjukkan suatu tindakan dari seseorang atau subject. Contoh katanya adalah study, drink, eat, drive, make, read, write, swim, walk, run, jump, dan lain lain.
    Contoh kalimat:
    - I study everyday at school (aku belajar setiap hari di sekolah)
    - She is looking for her shoes (dia sedang mencari sepatunya)
  3. Adjective (Kata Sifat)
    Adjective adalah sebuah kata yang menjelaskan sifat dari noun atau pronoun. Contoh katanya adalah white, black, long, short, handsome, beautiful, smart, big, small, clever, smart, cute, dan lain sebagainya.
    Contoh kalimat:
    - Rani is so beautiful, especially when she is wearing red hat (Rani sangat cantik, khususnya pada saat dia memakai topi berwarna merah)
    - My cat has brown fur, It is so soft and shiny (kucingku berbulu coklat, itu sangat lembut dan berkilau)
  4. Adverb (Kata Keterangan)
    Adverb adalah kata yang menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), dan adverb yang lainnya. Contoh katanya adalah beautifully, quickly, honestly, fairly, always, usually, angrily, slowly, dan lain lain.
    Contoh kalimat:
    - She sings beautifully (dia menyanyi dengan cantik)
    - I always eat my foods slowly (aku selalu memakan makananku dengan pelan)
  5. Pronoun (Kata Ganti)
    Pronoun adalah kata ganti untuk benda (noun). Noun ini digunakan supaya kita tidak menyebutkan noun secara berulang ulang. Contoh katan pronoun adalah I, you, they, we, he, she, it, that, those, these, this, dan lain sebagainya.
    Contoh kalimat:
    - You will come to my house tonight, right? (kau akan datang ke rumahku malam ini, benar?)
    - He is really sleepy, so he slept in class (dia sangat mengantuk jadi dia tidur di kelas)
  6. Preposition (Kata Petunjuk)
    Preposition adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan letak sebuah benda atau posisi kita berada. Contoh kata preposition adalah in, on, at, below, above, in front of, beside, behind, near, around, dan lain lain.
    Contoh kalimat:
    - My house is beside the mosque (rumahku ada di sebelah mesjid)
    - There is mouse under the table (ada tikus di bawah meja)
  7. Conjunction adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan kata, frase, klausa, atau kalimat. Contoh kata sambung adalah, For, And, Nor, But, Or, Yet, dan So atau yang bisa disingkat menjadi FANBOYS agar kita lebih mudah mengingatnya.
    Contoh kalimat:
    - Do you like pink or blue? (kamu suka merah muda atau biru?)
    - Both of mother and her baby are treated in the hospital (kedua ibu dan bayinya sedang dirawat di rumah sakit)
  8. Interjection adalah sebuah ucapan pendek yang menggambarkan emosi atau perasaan seseorang. Misalnya, Oh!, Ouch!, Eww!, Yummy!, Ahaa!, Oops!, Hurray!, Yippee!, dan lain sebagainya.
    Contoh kalimat:
    - Wow! Your dress is so beautiful! (Wow, gaunmu sangat indah!)
    - Ouch! My knee is hurt, be careful. (Aw! lututku sedang sakit, hati hati)
Baiklah cukup sekian materi Part of Speech kali ini, untuk penjelasan lebih lanjut silahkan klik judul pada masing masing judul bagian Part of Speech diatas. Jika ini membantu pembelajaran kalian silahkan share ke teman-teman kamu agar yang lainnya juga mengetahui tentang Part of Speech. Juga jangan lupa untuk berikan komentar kepada kami agar kami dapat menulis konten yang lebih baik lagi. Thank you for reading and see you on the next post!

0 Response to "Penjelasan Lengkap Part of Speech dengan Contoh Kalimatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel