Saturday, March 18, 2017

Penjelasan Jenis Preposition (Kata Petunjuk) dan Contoh Kalimatnya

Penjelasan Jenis Preposition (Kata Petunjuk) dan Contoh Kalimatnya
Hello everyone, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang Preposition. Preposition adalah salah satu bagian dari part of speech yang berfungsi untuk menunjukkan letak dari sebuah hal. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia preposition berarti kata depan, namun menurut saya artian itu mungkin akan menimbulkan kebingungan, maka mari kita sebut saja preposition itu sebagai kata petunju, karena fungsinya yang disebutkan tadi. Beberapa contoh dari Preposition adalah at, in, on, above. dan lain sebagainya. Ada 3 jenis preposition yaitu, Preposition of Time, Preposition of Place and Position, dan Preposition of Movement. Silahkan lihat contoh gambar di bawah ini untuk sedikit brainstorming mengenai preposition.
Penjelasan Jenis Preposition (Kata Petunjuk) dan Contoh Kalimatnya


Jenis Jenis Preposition

  1. Preposition of Time
    Preposition of time adalah kata petunjuk yang mengarahkan pada waktu. Contoh kata preposition of time adalah after (sesudah), at (jam), by (pada/sebelum), during (selama), for (selama), from (dimulai pada), in (selama), on (pada), over (selama), past (melebihi), since (sejak),  till (sampai), dan until (sampai).
    Contoh kalimat: 
    - The exhibition start from 10 a.m until 7.pm (pameran dimulai dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam)
    - Persib Bandung was established since 1933 (Persib bandung didirikan sejak tahun 1933)
    - School starts at 7 a.m (sekolah dimulai jam 7 pagi)

  2. Preposition of Place of Position
    Preposition of place and position adalah kata preposition yang digunakan untuk menunjukkan tempat dan posisi. Contoh katanya adalah above (suatu benda diatas benda yang lain), along (sepanjang), among (diantara), around (di sekitar), at (di), behind (di belakang), below (dibawah), between (diantara), in (di dalam), in front of (di depan), on (di), outside (diluar, inside (didalam), under (dibawah), dan lain lain.
    Contoh kalimat:
    - Please put your homework on the table (tolong simpan pekerjaan rumahmu di atas meja)
    - My house is in front of mosque (rumahku ada di depan mesjid)
    - Where are you? I'm already in the cinema (kau ada dimana? aku sudah ada di bioskop)

  3. Preposition of Movement
    Preposition of movement adalah preposition yang menunjukkan sebuah pergerakan. Contoh kata dari preposition of movement adalah around (mengelilingi), past/by (melewati), down (menuruni), to (ke), towards (menuju), dan lain sebagainya.
    Contoh kalimat:
    - I am going to school every morning (aku pergi ke sekolah setiap pagi)
    - The police station is down there (kantor polisi berada di bawah)
    - I'm jogging around the house every afternoon. (aku berolahraga lari di sekitar rumahku setiap sore)
Well cukup sekian materi kali ini tentang preposition. Silahkan download Preposition lengkap pada link dibawah ini, karena yang di atas hanya merupakan contoh saja.

Semoga penjelasan preposition ini dapat membantu pembelajaran kalian semua. Jangan lupa untuk share dan berikan komentar pada kolom komentar dibawah ini agar penulis dapat menulis konten yang lebih baik lagi. Thank you for reading, and see you on the next post!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon