Friday, March 17, 2017

Penjelasan Jenis Modal Auxiliaries dan Contoh Kalimatnya

Penjelasan Jenis Modal Auxiliaries dan Contoh Kalimatnya
Halo teman teman, bertemu lagi dengan kami di Jagoan Bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Modal Auxiliaries. Kata kata modal ini pasti sering kali kalian jumpai pada kalimat berbahasa inggris, contoh kata Modal Auxiliaries ini adalah can, could, shall, should, will, would, must, may, dan might. Modal auxiliaries ini bertugas sebagai kata kerja 'pembantu' yang membantu kata kerja utama sebagai 'majikannya'. Maka jika Modal auxiliaries ini dihilangkan dari kalimat, tidak akan mengubah arti kata, karena kata kerja utamanya masih ada disana. Berikut ini adalah jenis-jenis modal auxiliaries yang disertai dengan contoh kalimatnya.

Jenis - Jenis Modal Auxiliaries
  • Can and CouldCan/could dalam bahasa indonesia memiliki arti yang sama yaitu bisa atau boleh. Can/could digunakan ketika kita berbicara tentang kemampuan, meminta sesuatu, memohon izin, dan membuat sebuah pilihan.
    Contoh Kalimat:
    - I can sing better than you (aku bisa menyanyi lebih baik darimu)
    - Could you lend me some money? (Bisakah kamu meminjamkan aku uang?)- Can you please come here for a second? (Bisakah kamu datang kesini sebentar saja?)- If you feel confused about the task you can ask teacher or you can finish it with us. (Jika kamu bingung dengan tugasmu, kamu bisa bertanya pada guru atau kamu bisa mengerjakannya dengan kami)
  • ShallShall dalam bahasa indonesia berarti bolehkah/akankah/haruskah. Shall berfungsi untuk menawarkan sesuatu dan membuat kalimat saran
    Contoh kalimat:
    - Shall we watch this korean new film? (Akankah kita menonton film korea baru ini?)
    - Shall I bring you some flowers to get you more better? (Haruskah aku membawakanmu bunga agar kamu lebih baik?)
  • ShouldShould dalam bahasa indonesia berarti harus/boleh/bisa. Should berfungsi untuk menyarankan sesuatu, menyatakan keharusan (tapi lebih lemah dari 'must'), dan menyatakan yang seharusnya terjadi tapi tidak terjadi.
    Contoh kalimat:
    - I think you have to go home now, it's already late. (Aku rasa kau harus pulang sekarang, ini sudah larut)
    - You should do your homework now or then you will get sleepy (kamu harus mengerjakan pekerjaan rumahmu sekarang, atau nanti kau akan mengantuk.)- I should have bought the flowers in the yesterday, but the florist was closed. (Aku seharusnya sudah membeli bunga kemarin tapi toko bunganya tutup)
  • WillWill dalam bahasa indonesia berarti akan. Will berfungsi untuk menyatakan sebuah aktifitas yang terjadi di masa depan dan membuat sebuah permintaan yang sopan.
    Contoh kalimat:
    - I bet the rain will not stop today (aku menjamin hujan tidak akan berhenti hari ini)
    - Will you marry me? (Akankah kau menikah denganku?)
  • WouldWould dalam bahasa indonesia berarti akan. Would merupakan bentuk past dari will dan berfungsi untuk menunjukkan permintaan tolong yang lebih halus atau lebih sopan daripada 'will'.
    Contoh kalimat:
    - The bigbang concert would be held in September 2016, but it was cancelled (konser bigbang akan diselenggarakan pada tahun 2016, tapi itu sudah di batalkan)
    - Would you like a cup of coffee? (Maukah kamu segelas kopi?)
  • May dan MightMay dalam bahasa indonesia berarti mungkinkah/bolehkah dan might merupakan bentuk past dari may. May dan might berfungsi untuk menggambarkan sebuah aktifitas yang kemungkinan akan terjadi atau sekitar 50% sementara might kemungkinan terjadinya lebih kecil atau sekitar 30% saja. May dan might juga menyatakan sebuah persetujuan atau izin.
    Contoh kalimat:
    - I may cook instant noodles for dinner (aku mungkin memasak mie instan untuk makan malam)
    - I might go to school now, I think it's much better (aku kemungkinan akan pergi ke sekolah sekarang, rasanya aku sudah membaik)
  • MustMust dalam bahasa indonesia artinya adalah harus. Jadi must ini menunjukkan sebuah kewajiban untuk dilakukan seseorang. Fungsi dari must adalah menunjukkan sugesti, saran, dan ajakan yang kuat. Must juga berfungsi untuk menunjukkan sebuah kepastian.
    Contoh kalimat:
    - I must go home now, my mom is waiting (aku harus pulang sekarang, ibuku menunggu)
    - You must be poured all the coconut milk after the water has boiled (kamu harus memasukkan semua santan setelah airnya mendidih)
Demikian materi modal auxiliaries kali ini, semoga dapat membantu kalian semua dalam belajar. Jangan lupa untuk share dan berikan komentar kalian agar penulis dapat menulis konten yang lebih baik lagi. Jika kalian ingin mengunduh materi Modal Auxiliaries ini silahkan download pada link di bawah ini.


 Thank you for reading, and see you on the next post!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon