Penjelasan Jenis Adverb (Kata Keterangan) dan Contoh Kalimatnya

Penjelasan Jenis Adverb (Kata Keterangan) dan Contoh Kalimatnya
Hello guys, How are you today? I hope you are fine. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Adverbs atau bahasa indonesianya adalah kata keterangan. Adverb merupakan kata yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana dari sebuah aktifitas terjadi atau bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Singkatnya si adverb ini merupakan kata yang digunakan untuk menerangkan verb adjective, atau adverb lainnya. Contohnya seperti, slowly, carefully, often, never, high, shyly, loudly. Nah, jika kalian bertemu dengan kata yang belakangnya -ly maka sudah pasti itu adalah adverb. Silahkan baca dengan baik materi adverb ini karena ini merupakan materi grammar yang sangat penting untuk pembentukan kalimat.

Jenis - Jenis Adverb
Jenis Adverb ada 5, yaitu Adverb of Time, Adverb of Place, Adverb of Manner, Adverb of Frequency, dan Adverb of Degree Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

  1. Adverbs of Time (When)
    Adverb of Time yaitu kata keterangan yang dipakai untuk menyatakan kapan suatu aktivitas/peristiwa terjadi. Dengan kata lain adverb ini menunjukkan waktu terjadinya peristiwa. Contohnya seperti today, tomorrow, last night, next year, dan lain-lain.
    Contoh kalimat : 
    - I went to Seoul last year (aku pergi ke seoul tahun lalu)
    - Tomorrow I will have an English exam (besok aku akan ujian bahasa inggris)
  2. Adverb of Place (Where)
    Adverb of place adalah kata keterangan yang menjelaskan dimana tempat terjadinya suatu kejadian/peristiwa. Contohnya seperti in, at, on, beside, above, there, below, dan lain sebagainya.
    Contoh kalimat : 
    I am sitting beside my mother on the bus (aku duduk di sebelah ibuku ketika berada di bis)
    I put my books below my desk (aku menyimpan bukuku dibawah meja)
  3. Adverb of Manner (How)
    Adverb of Manner adalah sebuah kata keterangan yang menunjukkan bagaimana sebuah aktifitas dilakukan. Contohnya seperti angrily, badly, beautifully, honestly, suddenly, correctly, dan lain sebagainya.
    Contoh Kalimat : 
    She dances beautifully (dia menari dengan cantik)
    He screams angrily to his neighbor (dia berteriak dengan marah pada tetangganya)
  4. Adverbs of Frequency (How often)
    Adverbs of Frequency adalah jenis kata keterangan yang menjelaskan seberapa sering sebuah kegiatan dilakukan. Adverb of frequency biasanya menjelaskan suatu kebiasaan yang kita lakukan berulang-ulang. Contoh katanya adalah always, usually, normally, often, sometimes, seldom, never, dan lain lain.
    Contoh Kalimat: 
    - Daniel always passes his exams (daniel selalu lulus ujian)
    - He is always happy (dia selalu senang)
  5. Adverbs of Degree (How much)
    Adverb of degree adalah kata keterangan yang digunakan untuk menyatakan sebuah seberapa banyak tingkatan atau rangking dari suatu kejadian/peristiwa. Contoh katanya adalah quite, fairly, almost, completely, hardly, dan lain lain.
    Contoh kalimat:
    - She sings fairly well (dia menyanyi cukup baik)
    - The film is quite interesting (filmnya lumayan menarik)

Silahkan download daftar lengkap Adverbs pada link di bawah ini:


Baiklah cukup sekian materi  kali ini, semoga dapat membantu pembelajaran kalian semua. Jika kalian menyukai artikel ini silahkan share ke teman-teman kalian. Juga jangan lupa berikan komentar pada kolom komentar di bawah ini agar menjadi motivasi bagi kami untuk bisa menulis konten yang lebih baik lagi. Thanks for reading, See you on the next post!

0 Response to "Penjelasan Jenis Adverb (Kata Keterangan) dan Contoh Kalimatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel