Tuesday, March 14, 2017

Materi, Penggunaan, dan Fungsi Kata Have, Has dan Had

Materi, Penggunaan, dan Fungsi Kata Have dan Has dan Had
Hello guys, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penggunaan kata have, has, dan had. Kalian yang pernah mempelajari bahasa inggris pasti pernah mendengar kata have, has, dan had dalam membuat sebuah kalimat. Jadi apa ya have, has, dan had itu? dan bagaimana ya cara menggunakannya. Mari kita langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Penggunaan Have, Has, dan Had
Penggunaan have dan has terletak pada pelakunya/subjeknya. Have digunakan oleh subjek I, You, They, dan We. Sementara has digunakan untuk subjek He, She, It, dan orang ketiga tunggal lainnya. Kemudian apa itu had? Had adalah bentuk kata kerja kedua dan ketiga dari have/has. Maka didapatlah kata kerja have/has (verb 1) - had (verb 2) - had (verb 3). Namun jika have/has ini didahului oleh modal atau kata kerja bentuk lampau maka have/has harus kembali ke bentuk awal/ infinitive yaitu have. Contohnya: He would have dinner when you came. Nah bentuk have disini tidak terpengaruh dengan subjek He,karena sebelum have sudah ada modal would, maka has harus kembali ke bentuk infinitive yaitu have.

Fungsi dan Arti dari Have/has, dan Had
  • Kepemilikan
    Have dan Has disini artinya memiliki/mempunyai sesuatu. Contohnya kalian dapat menggunakannya untuk mengatakan bahwa kalian memiliki sebuah benda, mempunyai sebuah acara, dan untuk mengungkapkan adanya hubungan dengan seseorang.
    - I have a car (aku punya mobil)
    - We have a meeting (kami memiliki pertemuan)
    - She has two children (dia memiliki dua anak)
    - He has questions (dia memiliki pertanyaan)
  • Sudah atau Telah
    Have dan Has disini bisa juga memiliki arti sudah melakukan sebuah aktifitas. Bisa digunakan dalam kalimat Present Perfect TensePast Perfect TenseFuture Perfect TensePast Future Perfect Tense, dan semua Tenses yang memiliki kata perfect didalamnya.
    Contoh Kalimat:
    - My daughter cries because she has fallen from her bicycle. (Anak perempuanku menangis karena dia sudah jatuh dari sepedanya)
    - I had cooked the food for you before I go to work. (Aku sudah memasak makanan sebelum aku pergi kerja)
    We will have been married on this end of the year (Kami akan sudah menikah di akhir tahun ini)
    My mother would have eaten the poisoned food if I hadn't told her. (Ibuku akan telah memakan makanan yang beracun, jika aku tidak memberitahunya)
  • Memerintah atau Menyuruh
    Have atau Has bisa dipakai untuk kalimat perintah.
    Contoh :
    - I have my Laptop Repaired (aku menyuruh orang lain untuk memperbaiki laptopku)
    - My dad has me to buy coffee (ayahku menyuruhku untuk membelikan kopi)
  • Harus
    Have atau Has bisa mempunyai makna harus, maka artinya sama dengan Must. Namun setelah Have harus ditambahkan kata 'to'
    Contoh Kalimat:
    - I have to leave now (aku harus pergi sekarang)
    - You have to eat this medicine now (kamu harus makan obat ini sekarang)
  • Menjalani atau Melakukan
    Have dan has bisa digunakan untuk menunjukan bahwa kita harus/sedang menjalani atau melakukan sesuatu, contohnya seperti akan sarapan (breakfast)
    - We have a dinner (Kami menjalani makan malam)
    - You have a breakfast now (Kamu memiliki sarapan sekarang)
  • Nasihat / Anjuran
    Untuk kata Had bisa digunakan sebagai anjuran JIKA di gabungkan dengan kata better, maka akan menjadi 'had better'
    Contoh Kalimat:
    - You had better take the medicine. (kau sebaiknya makan obat)
    - You had better buy that bag, unless the discount will be over (kamu sebaiknya membeli tas itu, atau diskonnya akan berakhir)
Cukup sekian penjelasan mengenai penggunaan kata have, has, dan had. Jika kamu malas untuk mencatat materi ini silahkan download pada link berikut ini:


Semoga dapat membantu pembelajaran kalian semua. Jangan lupa share dan komentar pada kolom komentar di bawah ini, Karena masukan dari kalian semua akan membantu kami untuk menulis konten yang lebih baik lagi. Thanks for reading, and have a good day!

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon