Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan


Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan

Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan - Sebelum kita mengetahui tentang Fase Pada Perkembangan Zigot pada hewan mari kita simak pengertian kata-kata dari Blastulasi, Gastrulasi dan Organogenesis. Supaya nantinya lebih mudah dalam memahami materi lanjutan.
 
 

Pengertian Blastulasi, Gastrulasi dan Organogenesis.

Blastulasi
Proses pembentukan blastula disebut blastulasi dimana kelompok sel-sel anak hasil pembelahan berbentuk benda yang relatif bulat ditengahnya terdapat rongga yang kosong disebut suloblastula (coeloblastula) sedangkan yang berongga massif disebut steroblastula. Suloblastula terdapat pada Amphioxus dan kodok, steroblastula terdapat pada ikan dan amphibi yang tidak berkaki (gymmophonia).

Gastrulasi
Gastrulasi adalah proses pembentukan 3 daun kecambah yakni ectoderm, mesoderm dan entoderm. Gastrulasi ini erat hubungannya dengan pembentukan system syaraf (neurolasi) sehingga merupakan periode kritis. Pada proses ini terjadi perpindahan daerah ectoderm, mesoderm, entoderm dan notokorda menuju tempat definitif

Organogenesis
Organogenesis, yakni proses pembentukan alat-alat tubuh makhluk yang sedang berkembang. System organ-organ tubuh berasal dari 3 buah daun kecambah, yakni ectoderm, entoderm dan mesoderm. Dari ectoderm akan terbentuk organ-organ susunan (system) syaraf dan epidermis kulit. Dari entoderm akan terbentuk saluran pencernaan beserta kelenjar-kelenjar pencernaan dan alat pernapasan. Sedangkan dari mesoderm akan muncul rangka, otot, alat-alat peredaran darah, alat ekskresi, alat-alat reproduksi dan korium kulit.

Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan 

Seperti pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, hewan tentu saja juga mengalaminya, pertumbuhan pada hewan merupakan hasil proses pembelahan mitosis sel-sel tubuh, sehingga menyebabkan sel membesar dan menjadi panjang.
Sedangkan perkembangan pada hewan adalah diferensiasi sel yang mengalami pembelahan menuju individu dewasa. Pada pertumbuhan hewan sering disebut juga perkembangan, yaitu perkembangan dari zigot sampai dewasa. Pertumbuhan dimulai dengan peleburan ovum (sel telur) dengan spermatozoa (sel sperma), dan dihasilkan zigot. Zigot akan bermitosis terus-menerus
Tahap-tahap perkembangan zigot pada hewan adalah sebagai berikut:

1. Stadium Morula


Pada perkembangan awal, zigot membelah menjadi 2, kemudian 4, 8, dan seterusnya membentuk suatu wujud seperti buah murbei yang disebut morula.

Morula mengandung banyak sel hasil mitosis yang kemudian berkumpul menjadi satu kesatuan.

2. Stadium Blastula


Setelah dari morula menjadi blastula. Dalam tahap ini masih berlangsung proses pembelahan sel sehingga kemudian terbentuk suatu rongga pada bagian tengah yang disebut blastosol.

3. Stadium Gastrula


Dari blastula menjadi gastrula. Pada tahap ini terjadi pembentukan lubang lekukan (blastopor) yang mempunyai dua lapisan. Kemudian, sel-sel bagian permukaan lapisan ektoderm akan mengalami pelekukan ke dalam (invaginasi). Sel-sel tersebut akan mengisi ruang antara ektoderm dan endoderm yang kemudian membentuk lapisan mesoderm.

4. Organogenesis atau Pembentukan Organ


Di tahap ini akan terjadi diferensiasi yaitu perkembangan sel-sel membentuk struktur dan fungsi khusus dari:

  1. Ektoderm menjadi kulit, sistem saraf, hidung (alat-alat indra), anus, kelenjar-kelenjar kulit, dan mulut.
  2. Mesoderm menjadi tulang, otot, ginjal, jantung, pembuluh darah, dan alat kelamin
  3. Endoderm menjadi kelenjar-kelenjar yang mempunyai hubungan dengan alat pencernaan, paru-paru, dan alatalat pencernaan.
 
Setelah organogenesis selesai, selanjutnya penyempurnaan embrio menjadi fetus yang telah siap dilahirkan (hewan tingkat tinggi).  
Sumber : http://www.gardapengetahuan.xyz

Demikianlah penjelasan singkat tentang Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan semoga bermanfaat.

0 Response to " Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel