Berbagai Jenis Musim dan Cuaca (Season and Weather) Dalam Bahasa Inggris

Berbagai Jenis Musim (Season) Dalam Bahasa Inggris
Hello guys, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas berbagai jenis musim atau dalam bahasa inggrisnya adalah Season. Di Indonesia, kita hanya mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan, karena kita adalah negara tropis yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Sementara di belahan bumi lain yang beriklim subtropis itu mempunyai 4 musim, yaitu musim semi (spring), musim panas (summer), musim gugur (fall), dan musim dingin (winter). Yuk kita langsung saja lihat penjelasannya berikut ini.

1. Dry Season (Musim Kemarau)
Berbagai Jenis Musim (Season) Dalam Bahasa Inggris
Musim kemarau adalah salah satu musim di daerah daerah tropis, seperti di daerah asia tenggara, asia selatan, australia, bagian timur laut, afrika, dan sebagian amerika selatan.

2. Rainy Season (Musim Hujan)
Berbagai Jenis Musim (Season) Dalam Bahasa Inggris
Musim hujan juga adalah salah satu musim yang dimiliki oleh wilayah tropis. musim hujan ini memiliki ciri meningkatnya intensitas curah hujan di suatu wilayah daripada biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. 

3. Spring (Musim Semi)
Berbagai Jenis Musim (Season) Dalam Bahasa Inggris
Musim semi adalah musim dimana musim salju telah berakhir. Cuaca menjadi hangat, tanaman dan bunga bunga bermekaran. Musim semi ini adalah musim yang paling nyaman sepanjang tahun. Musim ini ada di daerah daerah subtropis. Di belahan utara bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 21 maret hingga 21 juni. Sedangkan di belahan selatan bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 23 september hingga 21 desember.

4. Summer (Musim Panas)
Berbagai Jenis Musim (Season) Dalam Bahasa Inggris
Musim Panas adalah musim setelah musim semi. Cuaca di musim ini cukup panas sehingga rata-rata sekolah meliburkan murid-muridnya pada musim ini. Bukan tanpa alasan, itukarena di musim ini semua orang akan berlibur ke tempat yang ada airnya alias berenang, misalnya ke kolam renang atau ke pantai.  Musim panas bisa terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Dibelahan utara bumi, musim panas dimulai sekitar 21 juni hingga 23 september. Sementara di belahan bumi selatan, summer dimulai sekitar tanggal 21 desember hingga 21 maret.

5. Autumn/Fall (Musim Gugur)
Berbagai Jenis Musim (Season) Dalam Bahasa Inggris
Autumn atau fall adalah peralihan musim dari musim panas dan musim salju. Musim ini hanya ada di wilayah-wilayah subtropis. Di musim ini banyak tumbuhan yang meranggas, atau menggugurkan daunnya. Beberapa binatang juga mulai menyimpan makanan untuk persediaan musim dingin.bAutumn ini terjadi pada waktu yang berbeda di setiap belahan bumi. Untuk belahan bumi utara, autumn dimulai pada tanggal 1 september sampai 30 november. Sedangkan untuk belahan bumi selatan, autumn dimulai pada tanggal 1 maret lalu berakhir di 31 mei.

6. Winter (Musim Dingin/Salju)
Berbagai Jenis Musim (Season) Dalam Bahasa Inggris

Winter adalah salah satu musim yang dimiliki oleh kawasan subtropis dan sedang. Pada musim ini cuaca menjadi sangat dingin, semua orang harus memakan=i baju tebal agar teatp hangat. Yang menyenangkan dari musim ini adalah salju, terkadang saking dinginnya sebuah kolam, bahkan danau akan membeku dan dijadikan wahana ice skating. Winter terjadi pada tanggal 21 desember sampai 21 maret untuk belahan bumi utara, sedangkan di belahan bumi selatan, winter dimulai sekitar tanggal 21 juni hingga 23 september.

How is the Weather? (bagaimana cuacanya?)
  • It's a lovely day! (hari yang cantik!)
  • It's turned out nice again. (Itu kembali lagi bagus)
  • Terrible weather, isn't it? (cuaca yang buruk, kan?)
  • I hear it'll clear up later (aku dengar akan cerah nanti)
  • It's looking out nice today. (Cucacanya terlihat bagus hari ini)
  • It's fair weather. (Cuacanya cerah)
  • It is cloudy (Cuacanya berawan)
  • It is sunny (cuacanya panas)
  • It is hot (cuacanya panas)
  • It is cold. (cuacanya dingin)
  • It is windy (cuacanya berangin)
  • It is snowing (cuacanya bersalju)
  • It is foggy (cuacanya berkabut)
What season it is? (musim apa ini?)
  • It is a dry season (ini adalah musim kemarau)
  • It is a rainy season (ini adalah musim hujan)
  • It is summer (ini adalah musim panas)
  • It is autumn (ini adalah musim gugur)
  • It is spring (ini adalah musim semi)
  • It is winter (ini adalah musim salju)
Contoh Dialog yang membicarakan Season and Weather

Ann: Oh, it feels so cold this morning.
Mary: It sure is. Early this morning my car’s windshield was covered with frost. I had to spray it with water before I could head to school.
Ann: Who would have thought it could be this cold in early December, especially in California.
Mary: I know. The temperature was 35 degrees Fahrenheit when I woke up this morning. I was freezing as soon as I got out of bed. The cold weather just hit me by surprise.
Ann: I cannot remember when it was this cold in early December.
Mary: Brace yourself for the rain this afternoon. Cold and wet, Yuck!
Ann: It is going to rain this afternoon?
Mary: Not only this afternoon, but also the rest of the week.
Ann: Oh, it is going to be miserable. I have a full class schedule today and tomorrow. To walk from class to class, I will have to juggle my books and my umbrella trying not to get wet.
Mary: You carry too many books. Why don’t you leave some of them in your locker?
Ann: My locker is a long way from my English classes. This is the reason why I carry all my books with me. Is it going to rain hard or just drizzle?
Mary: The news said that it would start to drizzle around noon, and then it would rain really hard by three o’clock.
Ann: No hope for better weather this week?
Mary: There is a slim chance of sunshine by Saturday. However, it will be foggy, windy, and rainy before the sun comes out this weekend.
Ann: I am glad that it rains even though I do not like rainy weather. We have a very dry season so far this year.
Mary: Yes, I can hardly remember when it rained last time. Well, as long as there is no thunder or lightning, I can bear it.
Ann: We rarely have thunder or lightning in California.
Mary: We are very lucky that California has one of the best weather conditions in America. When it is hot, it is not humid; when it rains, there is no thunder or lightning, and the cold weather during the winter season is quite mild compared to the weather of the other states.

Terjemahan dialog diatas:

Ann: Oh, rasanya begitu dingin pagi ini.
Mary: Tentu saja. Dini hari tadi kaca mobil saya ditutupi dengan es. Aku harus semprot dengan air sebelum aku pergi ke sekolah.
Ann: Siapa sangka bisa jadi dingin seperti ini pada awal Desember, terutama di California.
Mary: Aku tahu. Suhu mencapai 35 derajat Fahrenheit ketika saya bangun pagi ini. Aku kedinginan  pada saat aku turun dari tempat tidur. Cuaca dingin membuat saya terkejut.
Ann: Saya tidak ingat kapan itu dingin ini pada awal Desember.
Mary: Persiapkan diri untuk hujan sore ini. Akan dingin dan basah, Yuck!
Ann: Sore ini akan hujan?
Mary: Tidak hanya sore ini, tetapi juga sampai sisa minggu ini.
Ann: Oh, itu akan buruk sekali. Saya memiliki jadwal kelas penuh hari ini dan besok. Untuk berjalan kaki dari kelas ke kelas, aku harus membungkus buku saya dan memakai payung agar tidak basah.
Mary: Anda membawa terlalu banyak buku. Mengapa Anda tidak meninggalkan beberapa dari mereka di loker Anda?
Ann: locker saya jauh dari kelas bahasa Inggris saya. Ini adalah alasan mengapa saya membawa semua buku saya dengan saya. Apakah akan hujan deras atau hanya gerimis?
Mary: berita mengatakan bahwa itu akan mulai gerimis sekitar tengah hari, dan kemudian hujan akan turun benar-benar deras pada pukul tiga.
Ann: Tidak ada harapan untuk cuaca yang lebih baik minggu ini?
Mary: Ada peluang tipis sinar matahari pada hari Sabtu. Namun, itu akan menjadi berkabut, berangin, dan hujan sebelum matahari keluar akhir pekan ini.
Ann: Saya senang hujan datang meskipun saya tidak suka cuaca hujan. Kami memiliki musim yang sangat kering sepanjang tahun ini.
Mary: Ya, saya hampir tidak ingat ketika hujan terakhir kali. Nah, selama tidak ada guntur atau petir, itu tidak apa apa.
Ann: Kita jarang memiliki guntur atau petir di California.
Mary: Kami sangat beruntung bahwa California memiliki salah satu kondisi cuaca yang terbaik di Amerika. Ketika panas, tidak lembab; saat hujan, tidak ada guntur atau petir, dan cuaca dingin selama musim dingin cukup ringan dibandingkan dengan cuaca dari negara-negara lain.

Silahkan download soal latihan mengenai season pada link di bawah ini yaa.


Baiklah guys itulah berbagai jenis musim dalam bahasa inggris. Semoga dapat membantu pembelajaran kalian, maupun Ibu/Bapak guru yang akan mengajarkan materi ini. Jika kalian merasa materi ini berguna untuk kalian silahkan share dan berikan komentar kepada kami agar kami dapat menulis konten yang lebih baik lagi. Thank you for reading and See you on the next post!

0 Response to "Berbagai Jenis Musim dan Cuaca (Season and Weather) Dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel