Mekanisme Transpor Pada Membran

Mekanisme Transpor Pada Membran

Mekanisme Transpor Pada Membran - Kali ini saya akan membagikan sebuah materi singkat tentang materi biologi dengan sub topiknya adalah mengenai Transportasi pada membran sel dapat dibedakan menjadi :

1.Transpor Pasif.

Transpor pasif adalah perpindahan molekul atau ion tanpa menggunakan energi sel. Macam-macam transpor aktif yaitu:
  1. Difusi adalah perpindahan zat (padat,cair,gas) dari larutan berkadar tinggi ke larutan berkadar rendah melalui pori hingga dicapai larutan yang berkadar sama (isotonis). Contoh proses digusi yaitu: proses pengawetan makanan (pembuatan ikan asin,pembuatan telur asin, pembuatan manisan), penyebaran partikel minyak wangi.
  2. Osmosis adalah perpindahan air atau zat pelarut dari larutan yang berkadar  rendah ke larutan berkadar tinggi melalui membran semipermeabel. Contoh: pada proses pengambilan  COdan O2 dari udara, pengambilan garam mineral dan air oleh tumbuhan dari dalam tanah.
  3. Difusi terfasilitasi,adalah perpindahan zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah dengan bantuan Nitrogen/Protein tanpa bantuan energi ATP. Contohnya pada waktu proses pengangkutan glukosa dari lumen usus ke dalam pembuluh darah usus halus.Glukosa tidak dapat berdifusi tanpa adanya protein.
 

2.Transpor Aktif.

Transpor aktif adalah perpindahan molekul atau ion dengan menggunakan energi dari sel itu melaui membran plasma,dan perpindahan tersebut dapat terjadi meskipun menentang  konsentrasi gradien. Sumber energi berupa ATP. Macam-macam transpor aktif yaitu:
  1. Pompa Natrium-Kalium,sel mengeluarkan energi untuk mengangkut kedua macam ion tersebut
  2. Endositosis,adalah peristiwa memasukan zat pada atau tetes cair ke dalam sel melalui membran
  3. Eksositosis,adalah peristiwa mengeluarkan zat padat atau tetes cair dari dalam sel melalui membran

0 Response to "Mekanisme Transpor Pada Membran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel