Model Atom Dalton


Secara umum model atom ada empat yaitu :

Model Atom Dalton
Model Atom Thomson
Model Atom Rutherford
Model Atom Bohr


Lima abad sebelum masehi, filsuf dari Yunani yang bernama Democritus menjelaskan bahwa semua materi (zat) tersusun atas partikel yang sangat kecil dan tidak dapat dibagi bagi lagi yang disebut dengan atomos (tidak dapat dibagi lagi).


Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Lavosier mennyatakan bahwa "Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi". Sedangkan Prouts menyatakan bahwa "Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap". Pada tahun 1803, John Dalton (1776-1884) mengemukakan postulat mengenai atom. Postulat itu dikemukakan berdasarkan pengukuran kauntitatif dari reaksi kimia.

Isi Postulat Dalton

1. Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi. Postulat ini untuk mempertegas pendapat Democritus yang menyatakan bahwa jika suatu materi terus dibagi, suatu saat akan sampai pada suatu partikel yang tidak dapat dibagi lagi. Partikel itu disebut atom

2. Atom atom unsur sejenis mempunyai sifat yang sama meliputi volume, bentuk, maupun massanya. Sebaliknya atom atom unsur tidak sejenis mempunyai sifat yang berbeda. Ponstulat ini merupakan gagasan baru Dalton. Menurut Dalton, atom merupakann bagian terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur itu.

3. Dalam reaksi kimia, terjadi penggabungan atau pemisahan atom. Selanjutnya, atom atom ditata ulang sehingga membentuk komposisi tertentu. Postulat ini didasari pada hukum kekekalan massa dari Lavoisier, yaitu massa sebelum dan sesudah reaksi adalah sama. Oleh karena itu, tidak ada atom yang menghilang atau tercipta dari suatu reaksi kimia. Perubahan yang terjadi hanyalah berupa pemisahan dan penggabungann antar atom.

4. Atom dapat bergabung dengan atom lain untuk membentuk suatu molekul dengan angka pembading bulat dan sederhana. Postulat ini merupakan konsep molekul, yaitu antaratom dapat bergabung embentuk suatu molekul. Atom yang bergabung dapat sejenis ataupun tidak sejenis. Penggabungan beberapa atom sejenis disebut molekul unsur. Sedangkan penggabungan atom tidak sejenis disebut senyawa.


Jika masih bingung atau belum mengerti cari disini :
Macam-macam Model Atom


0 Response to "Model Atom Dalton"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel