Thursday, September 3, 2015

Ganggang Hijau Biru (Cyanophyta)

Ganggang Hijau Biru (Cyanophyta)

Ganggang hijau biru adalah organisme yang memiliki klorofil dan berfotosintesis serta mengeluarkan oksigen sebagai hasil fotosintesis. Organisme ini berperan dalam fiksasi nitrogen di atmosfer dan bahkan ada jenis tertentu yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan karena tinggi kandungan proteinnya. 

Ciri-ciri Ganggang Hijau Biru

1. Ganggang hijau biru ada yang bersel tunggal, bersel banyakk dan ada juga yang hidup berkoloni. Ganggang yan hidup berkoloni umumnya berupa filamen, yang tersusun dari deretan sel, trikom dan selubung.
2. Selain memiliki klorofil dari karotenoid, ganggang hijau biru juga memiliki pigmen fikobilin yang menyebabkan warnanya menjadi hijau biru.
3. Ganggang hijau biru yang berupa filamen memiliki struktur berupa sel yang menebal di dalam filamennya yang dinamakan heterosista. Fungsi utama heterosista adalah mengubah nitrogen di alam menjadi amonia melalui proses fiksasi nitrogen.

Perkembangbiakan ganggang hijau biru

Perkembangbiakan ganggang hijau biru terjadi secara aseksual melalui dua cara:
1) Pembelahan sel
Pembelahan sel dilakukan oleh ganggang hijau biru yang uniseluler.
2) Fragmentasi
Fragmentasi terjadi pada ganggang hijau biru yang berupa filamen. Filamen membentuk suatu struktur yang disebut hormogonium, yaitu struktur yang terdapat antara dua heterosista yang akan menjadi organisme baru jika bagian tersebut terpisah dari filamen asli.
Peranan ganggang hijau biru
1) Ganggang hijau biru dibutuhkan untuk mengfiksasi nitrogen yaitu proses pengubahan N2 menjadi amonis (NH3), sehingga dapat digunakan oleh tumbuhan sebagai bahan untuk mensintesis senyawa organik seperti asam amino.
2) Jenis ganggang hijau biru yang dapat mengubah N2 menjadi amonia antara lain nostoc, glococapsa, anabaena. Jenis anabaena seperti anabaena azolae bersimbiosis dengan anggota pteridofia yaitu azola pinnata yang mendapatkan keuntungan berupa amonia hasil fiksasi nitrogen, sehingga tumbuhan ini dapat dijadikan pupuk kompos untuk menyuburkan tanah.
3) Jenis ganggang hijau biru lainnya yang bermanfaat adalah spirulina yang dapat dijadikan makanan sebagai sumber protein.

Jenis ganggang hijau biru

1) Bersel satu, chroocaccus dan glococapsa.
2) Berupa koloni, Polucytis.
3) Berupa filamen, Oscillotoria, nostoc, anabaena, rivularia. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon