Sunday, September 6, 2015

Cara mengetahui jumlah pengunjung blog/website dengan Histats

Cara mengetahui jumlah pengunjung blog/website dengan Histats

Mengetahui jumlah pengunjung blog tentu sangat penting agar kita bisa tahu seberapa banyak orang yang melihat atau membaca postingan blog kita. Sebenarnya, ada banyak situs yang bisa menghitung jumlah pengunjung sebuah blog atau Website. Salah satunya adalah Histats. Dengan menggunakan Histats, kita bisa mengetahui jumlah pengunjung keseluruhan, jumlah pengunjung hari ini, jumlah pengunjung kemarin, negara pengunjung, dan lainnya. Selain, menggunakan Histats gratis sehingga sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkannya. Berikut saya jelaskan cara menggunakan Histats sampai memasang histats di Widget blog kita sehingga kita bisa mengetahui statistik pengunjung yang melihat blog/website yang kita miliki.
Langkah pertama adalah anda kunjungi http://histats.com maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Mengetahui jumlah pengunjung blog

Agar mudah dalam proses pendaftaran, anda pilih bahasa yang digunakan misalkan bahasa indonesia. Setelah itu, anda pilih Pendaftaran dipojok kanan bawah seperti gambar diatas. Tampilan berikutnya adalah sebagai berikut:

Mengetahui jumlah pengunjung blog

Lalu anda isi Data login (isi Pesan dengan alamat email anda), pasword, Time Zona, Name, Surname, centang tanda setuju dengan persyaratan menjadi anggota Histats, masukkan code Captcha, lalu klik Daftar. Kemudian, buka email anda untuk verikasi data, dan kembali ke Histats.com melalui link diberikan pada email. Anda masuk ke histats dengan menggunakan nama email dan pasword yang diisi pada formulir pendaftaran, klik masuk kemudian Add Website sehingga tampilan seperti gambar dibawah ini:

Mengetahui jumlah pengunjung blog

Anda isi url blog anda, bahasa, Time zona (gunakan waktu pm sesuai dengan jam waktu indonesia sehingga pada zona muncul Asia/jakarta). Kategori (pilih tipe Bussines & Industrial dan kategori Bussines Service). Setelah itu isi judul blog anda dan deskripsinya, centang tanda setuju dengan persyaratan yang diajukan kemudian masukkan Code Captcha, lalu pilih Lanjutkan sehingga tampilan seperti gambar dibawah ini:

Mengetahui jumlah pengunjung blog

Pilih Histats Counter (pilih yang 4 baris, kemudian pilih jenisnya tergantung selera anda), kemudian anda akan masuk seperti tampilan dibawah ini:

Mengetahui jumlah pengunjung blog

Pilih async, Copy kode tersebut. Sekarang anda masuk ke akun blog anda. Kemudian pilih Tata Letak Javascript dan pastekan kode tadi dan Simpan. Sekarang anda bisa lihat sendiri hasilnya. Berikut adalah contoh hasilnya yang saya ambil dari blog saya sendiri.

Mengetahui jumlah pengunjung blog

Tah, itu dia cara memanfaatkan histats untuk mengetahui jumlah pengunjung. Anda bisa melihat sendiri pada contoh diatas. Kita tahu jumlah pengunjung hari ini, jumlah total pengunjung, page today dan yang sedang online. Selamat mencoba.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon