Pengertian dan Jenis Jenis Gelombang



Apakah kalian tau apa itu gelombang, pasti sebagian kalian ada yang mengetahuinya. Agar tidak lupa saya akan menjelaskan lagi apa itu gelombang.

A.  Pengertian Gelombang
Hasil gambar untuk GelombangGelombang adalah getaran yang merambat. Gelombang memiliki ciri, salah satunya adalah gelombang merambatkan energi. Gelombang terjadi karena adanya usikan yang merambat. Menurut konsep fisika, cerminan gelombang merupakan rambatan usikan, sedangkan mediumnya tetap. Jadi, gelombang merupakan rambatan pemindahan energi tanpa diikuti oleh pemindahan massa medium.


Sementara itu, pemindahan energi melalui gelombang elektromagnetik tanpa bisa kita sadari manfaatnya, kita  sudah biasa dinikmati dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, seseorang dapat menikmati alunan musik dari stasiun radio yang jauh letaknya karena adanya gelombang radio yang mengangkut energi bunyi musik itu.

B.  Gelombang Longitudinal
Hasil gambar untuk Gelombang longitudinal
Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarnya ( arah usikannya ). Artinya arah gerakan medium gelombang sama atau berlawanan arah dengan perambatan gelombang. Gelombang longitudinal mekanis juga disebut sebagai gelombang mampatan atau gelombang kompresi. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang bunyi yang merambat di udara dan gelombang-P seismik yang disebabkan oleh gempa dan ledakan.

C. Gelombang Tranversal
Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya. Sebuah gerakan gelombang, di mana partikel-partikel medium berosilasi di sekitar posisi rata-rata mereka di sudut kanan ke arah rambat gelombang, disebut gelombang transversal.
 Hasil gambar untuk gelombang transversal
Jika gelombang pada tali merambat dari kiri ke kanan maka gerakan tali ke atas dan ke bawah, tegak lurus dengan arah perambatan gelombang. Gelombang ini dapat merambat melalui benda padat dan cairan tetapi tidak melalui gas, karena gas tidak memiliki sifat elastis. Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali atau dawai.

Bonus Pantun :

Pergi ke Bandung naik Taksi
Naik taksi tak perlu bayar
Sampai Bandung turun taksi
Turun taksi baru bayar

0 Response to "Pengertian dan Jenis Jenis Gelombang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel