Pengertian Getaran, Jenis Getaran, dan Ciri Ciri Getaran

Mungkin banyak yang tidak tahu tentang yang kita pelajari saat ini yaitu " Getaran " tetapi sebenarnya kalian telah melakukan hal ini sangat sering. Contohnya, pernahkah kamu melihat jam dinding yang memakai bandul? Jarum jam tersebut bergerak akibat adanya gerak bolak-balik bandul. Gerakan bandul itu disebut getaran.

Getaran ialah suatu gerak bolak-balik di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan di sini yang dimaksud adalah keadaan dimana suatu benda yang berada pada posisi diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran mempunyai amplitudo (jarak simpangan terjauh dengan titik tengah) yang sama.


 Hasil gambar untuk getaran
Satu kali getaran adalah ketika benda bergerak dari titik A-B-C-B-A atau dari titik B-C-B-A- B. Bandul tidak pernah melewati lebih dari titik A atau titik C karena titik tersebut merupakan simpangan terjauh. Simpangan terjauh itu disebut amplitudo. Di titik A atau titik C benda akan berhenti sesaat sebelum kembali bergerak. Contoh amplitudo adalah jarak BA atau jarak BC. Jarak dari titik setimbang pada suatu saat disebut simpangan.

Ada pula jenis jenis getaran 
  • Getaran bebas terjadi apabila sistem mekanis dimulai dengan gaya awal, lalu dibiarkan bergetar secara bebas. Contoh getaran bebas adalah memukul garpu tala dan membiarkannya bergetar, atau bandul yang ditarik dari keadaan setimbang lalu dilepaskan.
  • Getaran paksa terjadi apabila gaya bolak-balik atau gerakan diterapkan pada sistem mekanis. Contoh getaran ini adalah adalah getaran gedung pada saat gempa bumi.

Adapula ciri ciri getaran. Getaran merupakan jenis gerak yang mudah kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik gerak buatan manusia maupun alamiah. Semua getaran memiliki ciri-ciri tertentu. Apa ciri-ciri getaran itu?

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu kali getaran disebut periode getar yang dilambangkan dengan (T). Banyaknya getaran dalam satu sekon disebut frekuensi (f). Suatu getaran yang akan bergerak dengan frekuensi alamiah sendiri. Hubungan frekuensi dan periode secara matematis ditulis sebagai berikut:

Bonus Pantun :

Jalan jalan ke kota depok
Nemuin uang segepok
Ada apa dibalik tembok
Ada nenek lagi cebok

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel