Tuesday, April 7, 2015

MATERI DAN SOAL LATIHAN SOSIOLOGI X SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN

A.    SOSIALISASI
  1. Pengertian sosialisasi
Pengertian menurut para ahli :
1.    Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
2.    Koentjaraningrat
Sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa berkembang, berhubungan, mengenal dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.
3.    David F. Aberle
Sosialisasi ialah pola-pola mengenal aksi sosial atau aspek-aspek tingkah laku yang menanamkan individu-individu ketrampilan-ketrampilan (termasuk ilmu pengetahuan), motif-motif dan sikap-sikap yang perlu untuk menampilkan peranan-peranan yang sekarang atau yang tengah diantisipasikan (dinantikan) dan yang terus berkelanjutan sepanjang kehidupan manusia normal, sejauh peranan-peranan baru masih harus terus dipelajari.
4.    Irvin L. Child
Sosialisasi merupakan segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini sebenarnya dan telah menjadi kebiasaannya serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.
5.    George Herbert Mead
Sosialisasi adalah proses seseorang belajar untuk mengetahui peranan yang harus dijalankannya serta peranan yang harus dijalankan orang lain.
Lebih lengkap download DISINI

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon