Hukum Newton

Pertama tama pastilah kita harus mengetahui apa pengetian yang akan kita pelajari, kadang kadang kita mempelajari sesuatu tetapi tidak tau apa yang akan kita pelajari. Tenang saja saya akan membahas secara jelas apa itu hukum newton dan apa kegunaannya.

A. Pengertian
Hasil gambar untuk hukum newton
Hukum gerak Newton adalah tiga hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Sir Isaac Newton (1643-1727) adalah seorang ahli fisika, matematika dan filsafat dari Inggris. Ia yang menemukan hukum gravitasi, hukum gerak, kalkulus, teleskop pantul, dan spektrum. beliau telah menerbitkan banyak buku, dan bukunya yang terkenal berjudul Principa dan Optika. Sekarang kita akan membahas tentang hukum newton 1, 2, dan 3.

B. Hukum Newton 1,2, dan 3

1. Hukum Newton 1
Hasil gambar untuk hukum newton Pada zaman dahulu, orang percaya bahwa alam ini bergerak dengan sendirinya. Tidak ada sesuatu pun yang menggerakkannya. Mereka menyebutnya dengan gerak alami. Hukum Newton ini berbunyi Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol,maka benda yang mula2 diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan. Contoh:
- Koin yang berada di atas kertas di meja akan tetap disana ketika kertas ditarik secara cepat.
- Penumpang akan serasa terdorong kedepan saat mobil yang bergerak cepat direm mendadak.

2. Hukum Newton 2
Hasil gambar untuk hukum newton
 Bunyi hukum ke-2 Newton adalah “Perceoatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan masa benda". Penerapan hukum 2 newton ini adalah Mobil yang melaju dijalan raya akan mendapatkan percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbading terbalik dengan massa mobil tersebut.

3. Hukum Newton 3
Hasil gambar untuk hukum newton
Hukum Ketiga gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris. Hukum Newton 3 ini kadang dinyatakan sebagai hukum aksi-reaksi, “untuk setiap aksi ada reaksi yang sama dan berlawanan arah”. Untuk menghindari kesalahpahaman, sangat penting untuk mengingat bahwa gaya “aksi” dan gaya “reaksi” bekerja pada benda yang berbeda. Contohnya: Mendorong mobil, gaya tarik menarik magnet. 


C. Kegunaan Hukum Newton dalam Kehidupan Sehari Hari



HUKUM 1 NEWTON: 
 1. Koin yang berada di atas kertas di meja akan tetap berada disana ketika kertas ditarik secara cepat. 
 2. Penumpang akan serasa terdorong kedepan saat mobil yang bergerak cepat direm mendadak.


HUKUM 2 NEWTON
:

1.Jika ditarik dengan gaya yang sama mobil-mobilan yang massanya lebih besar (ada beban) percepatannya lebih kecil 2. Gaya yang ditimbulkan ketika kita menarik gerobag yang penuh dengan padi,agar dipindahkan dari sawah kerumah.


HUKUM 3 NEWTON : 
 
1. Jika seseorang memakai sepatu roda dan mendorong dinding, maka dinding akan mendorong sebesar sama dengan gaya yang kamu keluarkan tetapi arahnya berlawanan, sehingga orang tersebut terdorong menjauhi dinding.
2. duduk di atas kursi berat badan tubuh mendorong kursi ke bawah sedangkan kursi menahan (mendorong) badan ke atas. 


Bonus Pantun :

Kelap-kelip lampu diskotik
Ada musik tambah asik
Gimana mau nilai apik
Makannya cuma keripik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel