Pengertian Gaya dalam Ilmu Fisika

Pengertian gaya dalam Ilmu Fisika adalah tarikan atau dorongan yang bekerja pada benda, yang akan mengakibatkan benda yang terkena mengalami perubahan posisi atau kedudukan (bergerak). Ada juga pengertian Gaya sebagai suatu tarikan atau dorongan yang dikerahkan sebuah benda terhadap benda lain. Contohnya pada kegiatan tarik tambang yang membuat pelakunya berpindah tempat. Lihatlah gambar disamping, gambar itu menunjukan gaya berupa dorongan.

Gaya yang berupa tarikan atau dorongan tersebut memiliki arah gaya. Dorongan mememiliki arah yang menjauhi orang yang mendorongnya, sedangkan tarikan memiliki arah yang mendekati orang yang menariknya. Ada dibagi menjadi 2 jenis yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh adalah gaya akibat sentuhan pada permukaan benda, Contohnya gaya gesek, gaya otot, gaya pegas, dan lain lain. Sedangkan Gaya tak sentuh adalah gaya yang terjadi jika tidak ada sentuhan pada suatu benda, Contohnya gaya gravitasi, gaya magnet, gaya listrik. dan lain lain. Perhatikan gambar dibawah ini, gambar ini menunjukkan salah satu jenis gaya tak sentuh, yaitu gaya magnet.



Ada juga yang dinamakan resultan gaya, apakah kalian tahu ?. Resultan gaya adalah gabungan dari beberapa gaya yang bekerja pada suatu benda. Gaya dapat menyebabkan suatu benda berubah posisi, berubah bentuk, berubah kecepatan, berubah panjang atau berubah volume, dan juga berubah arah.

Hal ini berkaitan dengan Hukum Newton. Hukum I Newton menyatakan bahwa suatu benda tetap dalam keadaan diam atau terus bergerak dengan kelajuan tetap, kecuali jika ada gaya luar yang bekerja pada benda tersebut. ΣF = 0. Sedangkan Hukum II Newton menyatakan bahwa percepatan yang dihasilkan gaya pada sebuah benda sebanding dengan resultan gaya dan juga berbanding terbalik dengan massa benda. A = ΣF / m. Ada juga Hukum III Newton menyatakan bahwa dari sebuah gaya yang bekerja pada benda terjadi gaya reaksi yang sama besar dan juga arahnya berlawanan. Faksi = –Freaksi.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa gaya memiliki 3 sifat, yaitu :
1. Gaya dapat mengubah bentuk benda.
2. Gaya dapat mengubah arah gerak benda.
3. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak atau berpindah tempat.

Bonus Pantun :

buah azem buah rambutan
belinye di pasar minggu
biarpun pantun
yang penting ayo



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel