Pengertian dan Bentuk Bentuk Energi dan Usaha

Tahukah kamu bahwa tanpa energi yang diciptakan Tuhan tidak akan ada kehidupan. Energi terdapat di mana-mana juga dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Energilah yang melatar belakangi setiap kejadian. Bentuk-bentuk energi contohnya energi panas, energi listrik, energi kimia, dan energi nuklir. Apakah kalian tahu apa energi itu. Pelajari lebih lanjut dibawah ini :

Pengertian Energi
Energi juga sering disebut tenaga. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Setiap saat manusia memerlukan energi yang sangat besar untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari, baik untuk kegiatan rohani maupun kegiatan jasmani. Manusia memanfaatkan energi yang bersumber dari otot mereka untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti berjalan dan berlari.  Manusia memerlukan berjuta-juta kalori setiap harinya untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, disarankan setiap pagi sebelum berangkat sekolah, kamu harus sarapan terlebih dahulu. Agar tubuhmu mempunyai cukup energi untuk melakukan aktivitas di sekolah. Lihatlah gambar disamping, berlari juga memerlukan energi.
Bentuk Bentuk Energi
a) Energi Mekanik
 Energi mekanik adalah energi benda yang bergerak atau mempunyai kemampuan untuk bergerak, memiliki energi mekanik. Air terjun yang berada di puncak tebing mempunyai energi mekanik yang cukup besar, sama juga dengan angin. Contoh energi mekanik adalah roller coaster. Perhatikan gambar disamping.


b) Energi Bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh getaran partikel-partikel udara disekitar sebuah sumber bunyi. Contohnya : Ketika
pengeras suara secara nyata menggerakkan udara didepannya, radio atau televisi beroperasi. Caranya dengan menyebabkan partikel-partikel udara itu bergetar. Energi dari getaran partikel-partikel udara ini sampai ditelinga, sehingga kamu dapat mendengar.

c) Energi kalor
Energi kalor adalah energi yang dihasilkan oleh gerak internal partikel-partikel dalam suatu zat. Contohnya : apabila kedua tanganmu digosok-gosokkan selam beberapa detik maka tanganmu akan terasa panas. Biasanya energi kalor dihasilkan dari gesekan. Energi kalor membuat perubahan wujud dan perubahan suhu.

d)
Energi Nuklir
Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi inti dari bahan radioaktif. Ada dua jenis energi nuklir yaitu energi nuklir fisi dan fusi. Energi nuklir fisi terjadi pada reaktor atom PLTN. Ketika suatu inti berat misalnya uranium membelah (fisi), energi nuklir cukup besar dibebaskan dalam bentuk energi kalor dan energi cahaya. Energi nuklir juga dibebaskan ketika inti-inti ringan (misalnya hidrogen) bertumbukan pada kelajuan tinggi dan bergabung (fusi). Energi matahari dihasilkan dari suatu reaksi niklir fusi dimana inti-inti hidrogen bergabung membentuk inti helium.

e) Energi Listrik
Energi Listrik adalah energi yang dihasilkan oleh muatan listrik yang bergerak melalui kabel.

f)
Energi Cahaya
Energi Cahaya adalah energi yang dihasilkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik.


  1. ENERGI KINETIK (Ek)
    Energi mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda berkaitan dengan gerak. Energi mekanik terdiri dari energi potensial dan energi kinetik. Ek trans = 1/2 m v2m = massa
    v = kecepatan
    I = momen inersia
    w = kecepatan sudut

  2. ENERGI POTENSIAL (Ep)
    Energi potensial adalah energi yang disebabkan oleh posisi benda. Ep = m × g × h
    h = tinggi benda terhadap tanah

  3. ENERGI MEKANIK (EM)EM = Ek + Ep
    Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena kelajuannya. Ek = ½ × m × v2


    Bonus Pantun :

    sungguh besar si pohon sagu
    namun tak ada yg brkayu
    jangan lah adik bimbang dan ragu
    karena cintaku hanya untuk mu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel