Otot

Di Bab ini kita mempelajari tentang Rangka dan Otot
kita sudah mempelajari tentang rangka disini

A. Pengertian Otot
 Otot adalah sebuah jaringan yang ada di dalam tubuh hewan dan manusia yang berfungsi untuk alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot dibagi menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme atau pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

B. Macam Macam Otot
 Otot dibagi menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung :

a. Otot Lurik
Otot lurik atau juga disebut otot kerangka adalah otot yang melekat pada kerangka. Bagian tubuh kita yang memiliki daging merupakan otot lurik.Otot ini disebut otot lurik karena jika dilihat dari samping, serabut otot ini memperlihatkan suatu pola serat bergaris atau melintang. Irisan melintang otot ini memperlihatkan banyak bahkan sampai beribu-ribu serabut otot. Serabut-serabut itu tersusun dalam berkas yang sejajar, dan terikat sesamanya oleh jaringan penyambung yang dilalui oleh pembuluh darah dan saraf. Ukuran panjang otot ini 2,5cm dengan diameter 50 mikron. Kontraksi otot rangka kuat, cepat, dan disadari. Setiap serabut otot dibungkus oleh endomisium, kumpulan berkas-berkas serabut ini dibungkus oleh fasia propia/perimisium, sedangkan otot (daging) dibungkus oleh selaput fasia super fisalis/epimisium. Endomisium, perimisium, dan epimisium bergabung membentuk urat (tendon) yang melekatkan otot pada tulang.

b. Otot Jantung
Otot yang bekerja khusus untuk memompa darah pada jantung ini adalah jaringan otot yang mampu berkontraksi secara terus-menerus tanpa berhenti. Pergerakannya tidak dapat dipengaruhi sinyal saraf pusat. Otot jantung dipengaruhi oleh interaksi syaraf simpatetik atau parasimpatetik yang mempercepat atau memperlambat laju denyut jantung, namun tidak bisa mengontrolnya secara sadar.

c. Otot Polos
Sel otot polos memiliki bentuk memanjang dengan kedua ujungnya yang nukleus dan runcing yang  terletak di tengah sel otot. Serat miofibril pada otot polos bersifat homogen dan lebih kecil dari serabut otot lurik. Otot polos terdapat di dinding pembuluh darah,di dinding saluran pencernaan, di paru-paru, dan di ovarium. Otot ini bersifat lambat bereaksi dalam menerima rangsang, tetapi otot ini juga memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap kelelahan, dan bekerja di bawah pengaruh saraf tak sadar. Perhatikan gambar disamping




Bonus Pantun :

Masak ayam masak tumis..
Iris tipis sampai habis..
Selasa malam hujan gerimis..
Dompet tipis smakin kritis..

0 Response to "Otot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel