Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia

Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai sejak fase zigot. Zigot sebagai hasil pembuahan segera membelah berulang ulang sehingga selnya bertambah banyak. Dalam proes pembelahan inidisertai perubahan perubahan bentuk, fungsi, struktur, dan susunan biokimia dalam sel melalui beberapa tahap yang akhirnya terbentuk embrio. Selanjutnya, embrio berkembang menjadi janin dan suatu saat janin ( fetus ) dilahirkan sebagai bayi.

Tubuh bayi yang baru lahir berukuran kecil. Seiring dengan bertambahnya usia, ukuran tubuh bayi bertambah besar. Keadaan ini menunjukan adanya pertumbuhan. Pertumbuhan pada manusia akan berhenti pada usia tertentu yaitu kurang lebih18 -23 tahun.

Seiring bertambahnya ukuran tubuh, bayi mulai dapat mengangkat kepala, tengkurap, merangkak, duduk, berdiri, kemudian berjalan. Keadaan ini menunjukan peristiwa perkembangan pada bayi. Kemampuan berpikir bayi juga berkembang. Perkembangan ini akan berlangung seumur hidup. Beberapa kemampuan pada perkembangan balita sesuai dengan usianya.

Perkembangan pada manusia diawali melalui proses pembuahan. Proses pembuahan yaitu pertemuan antara sel telur yang berasal dari perempuan (ibu) dengan sel sperma yang berasal dari pria (ayah).

 Inti sel sperma akan bergabung dengan inti sel telur dan terbentuk sebuah sel baru yang disebut zigot. Zigot ini akan senantiasa membelah diri menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, 16 sel, 32 sel, dan seterusnya. Zigot yang telah membelah menjadi banyak sel tadi akan berkembang menjadi embrio, kemudian menjadi janin dalam rahim ibu. Lamanya waktu janin tumbuh dan berkambang di dalam rahim ibu, dari mulai proses pembuahan hingga kelahiran adalah kurang lebih 9 bulan.

Ada juga artikel yang hampir sama :
Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan
Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

 Bonus Pantun : 

Anak ayam turun ke bumi,
Induk ayam naik kelangit,
Anak ayam nyari kelangit,
Induk ayam nyungsep ke bumi


0 Response to "Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel