Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dan Contohnya

Pertumbuhan adalah peristiwa perubahan biologis pada makhluk hidup berupa perubahan yang bersifat kuantitatif seperti pertambahan ukuan, panjang/tinggi, volume, dan pertambahan massa. Pertumbuhan bersifat tidak revesibel (iriversible) atau dapat kembali ke asal.

Ada juga pengertian lainnya.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup


Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran tubuh yang meliputi tinggi, berat, dan volume tubuh yang bersifat ireversibel(tak dapat kembali ke bentuk semula).
Sebagai contoh : pertambahan tinggi tanaman, pertambahan berat sapi, tubuh anak-anak bertambah besar ketika menginjak remaja dan lain sebagainya. Pertumbuhan bersifat kualitatif/punya nilai yang dapat diukur dalam angka.Selama hidupnya makhluk hidup selain mengalami pertumbuhan juga mengalami perkembangan.

Perkembangan merupakan proses biologis makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan, dapat berupa perubahan bentuk, susunan dan fungsi organ-organ tubuh menuju kedewasaan/kesempurnaan. Sebagai contoh : perubahan biji menjadi kecambah, perubahan telur menjadi anak ayam, pohon mangga berbunga. Dalam perubahan tersebut perbedaan ukurannya tidak terlalu besar/mencolok namun terjadi perubahan besar yang tidak dapat diukur berupa perubahan bentuk.

Contoh perkembangan yang jelas dapat dilihat dari siklus hidup kupu-kupu. Kupu-kupu mengalami metamorfosis (proses perubahan bentuk selama pertumbuhan mahluk hidup hingga mencapai bentuk dewasa)

Selain mengalami pertumbuhan, makhluk hidup juga mengalami perkembangan. Perkembangan adalah perubahan struktur dan fungsi yang bersifat spesifik menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna. Dalam proses perkembangan, fungsi organ tubuh semakin kompleks dan sempurna serta terjadi perkembangan sikap mental.

Beberpa contoh proes perkembangan sebagai berikut :

  1. Contoh perkembangan pada manusia adalah kemampuan bayi untuk tengkurap, merangkak, kemudian berdiri.
  2. Contoh perkembangan pada hewan adalah kemampuan anak burung semula belum dapat terbang, beberapa hari kemudian sudah mampu terbang.
  3. Contoh perkembangan pada tumbuhan adalah mulai muncul bunga sebagai alat perkembangbiakan.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dan Contohnya

Pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup berlangsung secara beriringan. Namun, pada beberapa kasus ada juga pertumbuhan yang tidak diikuti perkembangan, contoh pada anak anak cacat mental. Tubuh mereka mengalami penambahan tinggi dan berat badan, tetapi mentalnya tidak berkembang sehingga berperilaku seperti anak kecil meskipun usiannya sudah dewasa. sebaliknya, pada orang cebol atau pendak tidak mengalami pertumbuhan tetapi mengalami perkembangan.

Ada juga artikel yang hampir sama :
Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan
Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Apakah kalian sudah tahu tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup ? Mudah mudahan pelajaran ini menambah ilmu buat kita. 

Bonus Pantun : 

Elok berjalan kota tua,
Kiri kanan berbatang sepat,
Elok berbini orang tua,
Perut kenyang ajaran dapat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel