Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gerak Pada Benda

Sebelumnya baca dulu ini. Pada artikel sebelumnya kamu telah mempelajari gerak pada makhluk hidup. Gerak pada hewan termasuk gerak berpindah tempat, sedangkan gerak pada tumbuhan termasuk gerak tidak berpindah tempat. Seperti pada apersepsi di depan, kecepatan lari cheetah dapat mencapai 120 km/jam. Tidak hanya pada makhluk hidup, benda di sekitar kita juga dapat bergerak. Contoh gerak pada benda misalnya mobil yang bergerak di jalan raya dengan kecepatan 80km/jam dan sepeda yang melaju dengan kecepatan 20km/jam.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gerak Pada BendaGaya yang menyebabkan kelereng jatuh ke tanah adalah gaya gravitasi bumi. Lingkungan dapat mempenaruhi gerak pada benda. Hal ini dibuktikan ketika lembaran kertas dan kelereng dijatuhkan bersamaan. Udara menghambat lembaran kerta. Akibatnya, lembaran kertas lebih lambat jatuske tanah daripada kelerengKetika kertas digulung menjadi berbentuk bola, hambatanudara menjadi lebih kecil sehingga kedua benda jatuh ke tanah dalam waktu yang hampir bersamaan.  Benda dikatakan bergerak apabila kedudukan berubah terhadap titik acuan. Titik acuan merupakan titik dilakukannya pengamatan terhadap gerak. Gerak bendabersifat relatif.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gerak Benda

Gerak suatu benda dipengaruhi oleh faktor-faktor bentuk benda, ukuran benda, dan permukaan benda.

a. Bentuk Benda
Bentuk benda bermacam-macam. Ada benda yang berbentuk lingkaran, kotak, dan segitiga. Bentuk suatu benda dapat memengaruhi gerakannya. Misalnya, roda sepeda mudah bergerak. Roda berbentuk lingkaran. Benda yang berbentuk lingkaran mudah bergerak. Demikian juga dengan bola. Bola berbentuk bulat sehingga mudah menggelinding. Jadi, benda yang berbentuk bulat atau lingkaran mudah bergerak daripada benda yang berbentuk kotak atau segitiga. 

b. Ukuran Benda
Benda ada yang berukuran besar atau kecil. Ukuran suatu benda dapat memengaruhi gerakannya. Bola sepak berukuran lebih besar daripada bola pingpong. Bola pingpong lebih kecil daripada bola sepak. Bola pingpong juga lebih ringan daripada bola sepak. Jadi, benda yang berukuran kecil dan ringan lebih mudah bergerak atau digerakkan daripada benda berukuran besar dan berat.

c. Permukaan Benda
Permukaan benda ada yang kasar dan yang halus. Jenis permukaan suatu benda dapat memengaruhi gerak benda tersebut. Benda yang permukaannya halus lebih mudah bergerak daripada benda yang permukaannya kasar. Karena benda yang permukaanya kasar gaya geseknya lebih besar daripada benda yang permukaannya lebih halus. Bentuk permukaan benda mempengaruhi gerakan benda. Semakin kasar permukaan benda, semakin sulit benda itu menggelinding, begitu pula sebaliknya. Gesekan yang besar antara benda dengan permukaan akan menyebabkan gerak benda lebih lambat. Contoh adalah sepeda di jalan yang beraspal lebih mudah bergerak dibanding dijalan yang berbatu.


Bonus Pantun :

Orang menganyam sambil duduk,
Kalau sudah bawa ke balai,
Melihat ayam memakai tanduk,
Datang musang meminta damai

0 Response to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gerak Pada Benda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel